LaGeografiA
Vol 22, No 1 (2023): Oktober

Meningkatkan Kreativitas Belajar Geografi dengan Model Pembelajaran Project Based Learning Siswa Kelas X di SMA Negeri 1 X Koto Tanah Datar

Viona Prisilia (Universitas PGRI Sumatera Barat, Indonesia)
Ade Irma Suryani (Universitas PGRI Sumatera Barat, Indonesia)
Nila Afryansih (Universitas PGRI Sumatera Barat, Indonesia)



Article Info

Publish Date
12 Oct 2023

Abstract

This study is based on the background of many students, who are less active in finding their own information from other sources, then students tend to just sit, listen, and record what is conveyed by the teacher and students who actively express opinions are limited to a few children. The research population consisted of 5 classes with a total of 173 students, and sampling using random sampling techniques. Data analysis techniques used descriptive analysis and analysis requirements test. This research was conducted at SMA 1 X Koto Tanah Datar. The results showed the learning creativity of geography students, the percentage value of the Experimental class with the learning model (PBL) 89% very high category and for the Control class (Conventional) with a percentage of 71% medium category and based on the analysis of the Independent Samples Test the large t_hitung is 2.426 and the value of t_hitung with db 68 at a significant level of 5% is 2.032 The value of t_hitung> t_table, or the p value is smaller than 0.05 (p=0.015 <0.05).  So, Ha means it is accepted that there is an effect of the Project Based Learning learning model on increasing the learning creativity of Geography class X students at SMA Negeri 1 X Koto Tanah Datar. AbstrakPenelitian ini dilatar belakangi pada banyak siswa yang kurang aktif untuk mencari informasi sendiri dari sumber lain, kemudian siswa cenderung hanya duduk, mendengarkan, dan mencatat apa yang disampaikan oleh guru dan siswa yang aktif mengemukakan pendapat terbatas pada beberapa anak saja.Jenis penelitian dalam penelitian ini kuantitatif. Populasi penelitian yang terdiri atas 5 kelas dengan jumlah 173 siswa, dan pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Teknik analisa data digunakan analisi deskrtiptif dan uji persyaratan analisis. Penelitian ini dilakukan di SMA 1 X Koto Tanah Datar. Hasil penelitian menunjukkan kreativitas belajar siswa geografi, nilai persentase kelas Eksperimen dengan model pembelajaran (PBL) 89% kategori sangat tinggi dan untuk kelas Kontrol (Konvensional) dengan persentase 71% kategori sedang dan berdasarkan uanalisis Uji Independent Samples Test besar t_hitung adalah sebesar 2.426 dan nilai t_hitung  dengan db 68 pada taraf signifikan 5 % sebesar 2.032 Nilai t_hitung>t_tabel, atau nilai p lebih kecil dari 0,05 (p=0,015<0,05).  Jadi, Ha artinya diterima terdapat pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap peningkatan kreativitas belajar siswa Geografi kelas X di SMA Negeri 1 X Koto Tanah Datar. 

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Lageografia

Publisher

Subject

Humanities Education Physics Social Sciences Other

Description

LaGeografia adalah open journal system yang menggunakan sistem peer-review pada jurnal yang di submit yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Geografi, Universitas Negeri Makassar. LaGeografia adalah jurnal Open-Access dan diterbitkan tiga kali setahun setiap bulan Oktober, ...