Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh keadaan ekonomi keluarga terhadap keberhasilan akademik siswa kelas V SD Negeri 098166 Perumnas Batu VI. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, yaitu penelitian deskriptif kuantitatif. Seluruh populasi yang berjumlah 25 siswa kelas V dilibatkan dalam penelitian dengan menggunakan teknik total sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang telah divalidasi, yang kemudian dilakukan uji reliabilitas, normalitas, dan linearitas. Hipotesis diuji dengan menggunakan regresi linier sederhana dan koefisien determinasi (R2). Temuannya menunjukkan adanya hubungan positif antara kondisi ekonomi keluarga dengan prestasi belajar siswa, dibuktikan dengan hasil uji regresi yang signifikan (sig<0,05) dan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,279. Hal ini menunjukkan bahwa keadaan ekonomi keluarga menyumbang 27,9% dari varian kinerja akademik siswa, sedangkan 72,1% sisanya dipengaruhi oleh faktor eksternal yang tidak dieksplorasi dalam penelitian ini.
Copyrights © 2023