Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 6 No. 4 (2023): Volume 6 No 4 Tahun 2023

PENGARUH METODE ESTAFET WRITING (MENULIS BERANTAI) TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS PROSEDUR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 PEMATANG SIANTAR

Krisna T.F. Sitanggang (Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar)
Ronald Hasibuan (Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar)
Marlina Agkris Tambunan (Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar)
Jumaria Sirait (Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar)



Article Info

Publish Date
29 Oct 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode estafet writing terhadap keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 2 Pematang Siantar. Metode estafet writing diharapkan mempermudah siswa memahami materi dan mampu menulis teks prosedur. Penelitian ini merupakan kuantitatif eksperimen. Dengan desain one group pre-test dan post-test. Peneliti menggunakan teknik cluster random sampling dalam menentukan sampel sehingga siswa kelas VII-2, VII-3 dan VII-4 menjadi sampel dalam penelitian ini. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Pematang Siantar. Teknik pengumpalan data penelitian ini menggunakan tes menulis teks prosedur. Data kegiatan menulis teks prosedur siswa dalam penelitian diperoleh melalui pre-test dan post-test. Berdasarkan hasil analisis data, dapat diketahui bahwa nilai rata-rata siswa sebelum menggunakan metode estafet writing (pre-test) dikategorikan kurang dengan nilai 39,80 dan nilai rata-rata sesudah menggunakan metode estafet writing (post-test) dikategorikan sangat baik dengan nilai 81,61 maka hasil nilai rata-rata pre-test dan post-test dapat diketahui adanya perbedaan nilai rata-rata sebelum (pre-test) dan sesudah menggunakan metode estafet writing terhadap keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 2 Pematang Siantar. Berdasarkan hasil analisis data pre-test dan post-test maka diperoleh thitung = 23,15, selanjutnya membandingkan thitung dengan ttabel dengan derajat kebebasan N-1= 93 dengan jumlah N=94 dan taraf signifikan ? = 0,05 didapat ttabel = 1,661. Jadi, thitung (23,15) > ttabel (1,661) yang artinya terdapat perbedaan nilai rata-rata pada sebelum menggunakan metode estafet writing dan sesudah menggunakan metode estafet writing. Dengan demikian Ho ditolak. Dengan penolakan Ho maka Ha diterima, artinya terdapat perbedaan yang signifikan pada keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 2 Pematang Siantar dengan menggunakan metode estafet writing.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...