Educational Studies: Conference Series
Vol 2 No 1 (2022)

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII DI MTS MUSLIMIN INDONESIA CENTER (MIC) SAMARINDA

Nana Apriliani (Universitas Mulawarman)
Reza Reza (Universitas Mulawarman)
Vitria Puri Rahayu (Universitas Mulawarman)



Article Info

Publish Date
21 Jul 2022

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS siswa, dari 20 siswa hanya 8 (40%) yang mencapai KKM yang ditentukan. Penelitian bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS. Melalui penerapan model pembelajaran TSTS. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, penelitian ini dilaksanakan di MTs Muslimin Indonesia Center (MIC) Samarinda Kecamatan Samarinda ulu. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII dengan jumlah 20 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus dengan empat tahapan, yaitu perencanaan, implementasi, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian menyatakan bahwa setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS dapat meningkatkan hasil belajar IPS. Hal ini dibuktikan oleh : (a) aktivitas guru pada siklus I sebesar 79%, pada siklus II sebesar 93,66%. aktivitas siswa pada siklus I memperoleh 74,6%, pada siklus II sebesar 80,3%. (b) hasil belajar siswa pada prasiklus sebesar 47%, pada siklus I sebesar 80%, dan pada siklus II sebesar 90%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

escs

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Other

Description

Educational Sciences: Conference Series is a multidisciplinary peer-reviewed journal that contains articles in the field of education that are the result of research from various authors presented in various seminars in the Faculty of Teacher Training and Education, Mulawarman University. It is ...