Educational Studies: Conference Series
Vol 2 No 1 (2022)

PENGARUH E-LEARNING BERBASIS EDMODO TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA

Wahyu Wahyu (Universitas Mulawarman)
Sudarman Sudarman (Universitas Mulawarman)
Vitria Puri Rahayu (Universitas Mulawarman)



Article Info

Publish Date
21 Jul 2022

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara dengan guru mata pelajaran ekonomi kelas X di SMA Negeri 1 Muara Muntai di dapatkan data bahwa 54,1% dari total 13 siswa yang mendapatkan nilai di bawah KKM dan 45,9% dari total 9 siswa yang mendapatkan nilai diatas KKM. Di mana KKM untuk mata pelajaran ekonomi adalah 75. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh e-learning berbasis edmodo terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada kelas X IPS SMA Negeri 1 Muaramuntai. Peneltian mennngunakan kuasi eksperimen dengan desain penelitian menggunakan nonequivalent control group design.instrumen pengumpulan data menggunakan tes dan kusioner. Data dianalisis dengan uji t-test dengan teknik independen sampel t-test dan uji lanjutan dengan uji MANOVA. Hasilnya adalah terdapat pengaruh e-learning berbasis edmodo terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada kelas X IPS SMA Negeri 1 Muaramuntai. hasil uji (MANOVA), menunjukkan nilai Sig adalah 0,004 < 0,05. Sehingga dapat kita simpulakan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan e-learning berbasis edmodo, yang mampu meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada kelas X IPS SMA Negeri 1 Muara Muntai.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

escs

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Other

Description

Educational Sciences: Conference Series is a multidisciplinary peer-reviewed journal that contains articles in the field of education that are the result of research from various authors presented in various seminars in the Faculty of Teacher Training and Education, Mulawarman University. It is ...