JENDELA PENGETAHUAN
Vol 15 No 1 (2022): JENDELA PENGETAHUAN

Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring pada Program Studi Pendidikan Sejarah

Hamid Dokolamo (Program Studi Pendidikan Sejarah Jurusan IPS FKIP Unpatti Ambon)
B D.S Hetharion (Program Studi Pendidikan Sejarah Jurusan IPS FKIP Unpatti Ambon)
Matheos Amin Rehena (Program Studi Pendidikan Sejarah Jurusan IPS FKIP Unpatti Ambon)



Article Info

Publish Date
06 Apr 2022

Abstract

Persepsi Mahasiswa Sejarah Terhadap Pembelajaran Daring Pada Program Studi Pendidikan Sejarah. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana persepsi dari mahasiswa program studi pendidikan sejarah terhadap pembelajaran daring yang berlangsung di Program Studi Pendidikan Sejarah. Bentuk penelitian ini adalah kualitatif deskritif.Pendekatan ini digunakan untuk mengungkapkan secara mendalam mengenai pelaksanaan pembelajaran daring.Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, studi dokumentasi. Hasil dari penelitian ini yaitu pada pelaksanaan pembelajaran 95% mahasiswa berpendapat positif artinya tidak ada kendala yang di dapatkan, sedangkan dalam persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran ada tiga point yang diukur 1. Efektifitas 90% mahasiswa berpersepsi positif dimana mahasiswa merasa kemampuan menggunakan teknologi meningkat dalam pembelajaran daring. Komunikasi 60% mahasiswa berpersepsi negatif mahasiswa merasa komunikasi dalam pembelajaran daring tidak berjalan dengan baik. Sedangkan 66% mahasiswa berpersepsi positif terhadap Feedback yaitu hubungan timbal balik antara mahasiswa dengan dosen berjalan dengan baik.Kendala kendala yang ditemui mahasiswa dalam pembelajaran daring yaitu koneksi internet, biaya yang mahal, banyak tugas yang didapat, lingkungan belajar yang tidak kondusif dan pembelajaran yang kurang efektif.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jp

Publisher

Subject

Other

Description

JENDELA PENGETAHUAN was first published in April 2007 (Print ISSN 2979-7842) and is published by the Alumni of the Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Pattimura in collaboration with LP2M-Maluku. JENDELA PENGETAHUAN serves as a medium of scientific information and communication ...