Jurnal Buana
Vol 2 No 4 (2018)

Analisis Strategi Metakognitif Self-Explanation dalam Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Siswa Pada Materi Dinamika dan Masalah Kependudukan Pelajaran Geografi Peminatan Kelas XI MIPA SMAN 2 Padang.

sovian lubis (pendidikangeografi)
Surtani . (Jurusan Geografi UNP)
Nofrion . (Jurusan Geografi UNP)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2018

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan argumentasi siswa dalam pembelajaran geografi peminatan pada materi dinamika dan permasalahan kependudukan di SMAN 2 Padang. Penelitian ini tergolong penelitian deskriptif dengan pendekatan eksperimen dengan sampel penelitian yaitu siswa kelas XI MIPA 3 (36 orang) sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas XI MIPA 4 (36 orang) sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Kemampuan argumentasi siswa yang diajarkan melalui pembelajaran dengan strategi metakognitif self-explanation lebih tinggi daripada siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional dengan rata-rata 82,92. 2) Tingkat pencapaian indikatornya yaitu menentukan strategi 81,25%, memberikan alasan 80,5%, dan menyimpulkan 86,12%. 3) Pencapaian indikator tertinggi yaitu kemampuan menyimpulkan 86,12%. Kata kunci : Strategi Metakognitif Self-Explanation, Kemampuan Argumentasi Siswa. ABSTRACT This research aims to improving student’s argumentation skill in learning of geography of interest on the topic of dynamics and problem of demography in SMAN 2 Padang. This research is classified as descriptive research with the experiment approach with research sample that is student of class XI MIPA 3 (36 person) as experiment approach with research sample that is student of class XI MIPA 4 (36 person) as control class. The results showed: 1) Student’s argumentation skill taught through learning with metacognitive self-explanation strategy is higher than students taught with conventional learning with mean of 82,92. 2) Level of achievement of the indicator that is determining the strategy 81,25%, giving the reason 80,5%, and concluded 86,12%. 3) Achievement of the highest indicator is the ability to conclude 86,12%. Keywords : Strategy of Metacognitive Self-Explanation, Student’s Argumentation Skill.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

student

Publisher

Subject

Humanities Earth & Planetary Sciences Education Social Sciences

Description

The journal welcomes contributions in such areas of current analysis in: Geography Education Geography ...