Sistem-Among : Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar
Vol. 2 No. 2 (2022): Oktober

Peran Sekolah Dalam Menanamkan Nilai Karakter Kerja Keras Melalui Pembelajaran Daring

Marten Maru Kaka (Universitas PGRI Kanjuruhan Malang)
Yulianti Yulianti (Universitas PGRI Kanjuruhan Malang)



Article Info

Publish Date
26 Oct 2022

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan pentingnya tentang peran sekolah dalam menanamkan nilai karakter kerja keras melalui pembelajaran dalam jaringan di sekolah dasar negeri (SDN) Karangbesuki 2 Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan penelitian ini yaitu Observasi, wawancara serta dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan triangulasi data yaitu reduksi data, display dan verifikasi data. Temuan penelitian terkait peran sekolah dalam menanamkan nilai karakter kerja keras adalah siswa dapat bekerja keras. Para siswa sangat berpartisipasi dalam menyelesaikan tugas berupa tugas keterampilan, bacaan maupun literasi melalui WhatsApp, Google Meet serta Google Classroom dan itu semua akan terkumpul dengan tepat waktu yang ditentukan oleh guru, akan tetapi tidak terlepas dari bimbingan orang tua. Adapun tantangan yang dihadapi sekolah adalah masih ada siswa yang tidak memiliki handphone HP Android serta jaringan internet yang kurang stabil, maka dari sini guru dan orang tua siswa dapat bekerja sama agar kesulitan tersebut dapat teratasi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

sistem-among

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Sistem-Among: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar adalah Jurnal yang mempublikasikan hasil penelitian tentang pendidikan dasar dengan berbagai topik kajian seperti sains, sosial, matematika, kewarganegaraan, bahasa, seni, budaya, agama, keolahragaan, teknologi, lingkungan, belajar dan pembelajaran, ...