Sistem-Among : Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar
Vol. 3 No. 1 (2023): April

Faktor-Faktor Penyebab Terjadinya Kesulitan Membaca Permulaan di Kelas I Sekolah Dasar Negeri Wangiwisata

Agustina, Elsa (Unknown)
Rachmania, Setyaningsih (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2023

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca permulaan siswa kelas I di Sekolah Dasar Negeri Wangiwisata. Diperlukan suatu analisis yang fokus pada hal tersebut, agar mampu terungkap penyebab dari terjadinya kesulitan membaca pada siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data berupa hasil observasi dan wawancara yang dilakukan kepada guru dan orangtua siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan membaca permulaan siswa kelas I adalah rendah, ditemukan 20 dari 24 siswa yang masih kesulitan atau terhambat untuk membaca permulaan dengan baik. Faktor-faktor yang mempengaruhi hal tersebut yaitu kondisi fisik siswa, psikologis siswa, dan intelektual siswa yang berbeda-beda juga dipengaruhi oleh lingkungan siswa berada. Solusi yang dapat dijadikan untuk memecahkan permasalahan tersebut yaitu dengan lebih mengutamakan siswa yang mengalami kesulitan membaca (lambat) dan wujudkan kerjasama dengan orangtua siswa dalam pemberian motivasi dan bimbingan belajar saat siswa berada di rumah masing-masing.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

sistem-among

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Sistem-Among: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar adalah Jurnal yang mempublikasikan hasil penelitian tentang pendidikan dasar dengan berbagai topik kajian seperti sains, sosial, matematika, kewarganegaraan, bahasa, seni, budaya, agama, keolahragaan, teknologi, lingkungan, belajar dan pembelajaran, ...