Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kompetensi guru profesional guru di Sekolah Menengah Kejuruan bagi prestasi siswa. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan studi kepustakaan. Dalam pencarian teori, peneliti akan mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya dari kepustakaan yang berhubungan. Sumber-sumber kepustakaan diperoleh dari buku, jurnal, majalah, hasil-hasil penelitian, dan sumber lainnya yang sesuai. Analisis penelitian ini melakukan pembacaan pada teks, lalu memberi tafsiran pada obyek penelitian. Hasil penelitian menemukan pertama, secara keseluruhan, guru profesional SMK dinilai dengan kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi sosial, atau kompetensi kepribadian memiliki kualifikasi baik. Kedua, prestasi belajar siswa ditinjau dari keterampilan kognitif, afektif, dan psikomotorik pada SMK bisa dipengaruhi oleh kompetensi guru dengan memanfaatkan media pembelajaran. Hal tersebut menunjukkan bahwa jika profesionalisme guru ditingkatkan, maka ada kemungkinan prestasi siswa akan lebih baik. Rekomendasi penelitian bahwa guru berusaha memahami bagaimana memotivasi secara positif dan benar serta mengarahkan motivasi agar diterima dengan baik oleh siswa sehingga meningkatkan prestasi belajar.
Copyrights © 2021