cover
Contact Name
Ludovikus Bomans Wadu
Contact Email
actualinsight21@gmail.com
Phone
+6281233597270
Journal Mail Official
journalpijar@gmail.com
Editorial Address
Jalan Abdurahman Saleeh Blok GJ2 Kedungkandang Kota Malang Jawa Timur, Malang, Provinsi Jawa Timur, 65148
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Pijar : Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan dan Pembelajaran
Published by Actual Insight
ISSN : 2776527X     EISSN : 27751619     DOI : https://doi.org/10.56393/pijar.v2i4.1265
Core Subject : Education,
Pijar : Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan dan Pembelajaran merupakan jurnal penelitian yang bertujuan menyediakan diskursus ilmiah tentang bidang pendidikan dan pembelajaran serta media untuk mempromosikan hasil-hasil penelitian lapangan dan kajian literatur dari para peneliti, guru, dosen, akademis profesional, dan mahasiswa. Jurnal ini menerbitkan artikel asli tentang isu dan tren terbaru yang terjadi secara internasional dalam kurikulum pendidikan, pengajaran, pembelajaran, kebijakan, dan persiapan guru dengan tujuan untuk memajukan pengetahuan tentang teori dan praktik pendidikan.
Articles 30 Documents
Pengembangan LKS Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Materi Organ Gerak Hewan Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Agustina Fitriyani Mut; Setyo Eko Atmojo
Pijar : Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 1 No. 1 (2021): Maret
Publisher : Actual Insight : Lembaga Penelitian Pengembangan, Penerbitan dan Publikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56393/pijar.v1i1.95

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan produk LKS dan kelayakan produk LKS dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V SD N Mejing 2 Gamping pada materi organ gerak hewan. Metode penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan. Subjek penelitian adalah siswa kelas V di SD N Mejing 2 Gamping sebanyak 8 siswa. Objek penelitian ini adalah meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi organ gerak hewan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk LKS berbasis pendekatan saintifik pada materi organ gerak hewan dengan 5 tahapan yaitu, mengamati, menanya, menalar, mencoba, dan mengkomunikasikan. Validasi LKS oleh ahli materi menunjukkan bahwa kualitas LKS sangat baik dengan rerata sebesar 3,84 dan validasi oleh ahli menunjukkan bahwa kualitas LKS sangat baik dengan rerata 3,38. Dan pada uji coba terbatas terdapat peningkatan nilai diatas kkm dari hasil postest. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa LKS berbasis pendekatan saintifik yang dikembangkan dapat membantu siswa dalam meningkatkan prestasi belajar pada materi organ gerak hewan.
Penanaman Karakter Cinta Tanah Air bagi Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Seni Tari di SMA Roswita Uko Meli
Pijar : Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 1 No. 1 (2021): Maret
Publisher : Actual Insight : Lembaga Penelitian Pengembangan, Penerbitan dan Publikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56393/pijar.v1i1.96

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui bagaimana penanaman karakter cinta tanah air siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler seni tari dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat penanaman karakter cinta tanah air siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler seni tari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi serta triangulasi untuk memperoleh keabsahan data. Dari hasil penelitian tentang penanaman karakter cinta tanah air siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler seni tari di SMA sudah berjalan dengan baik. Penanaman karkter cinta tanah air siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler seni tari dapat dilakukan dengan mengajarkan tari tradisional nusantara yang ada di di Indonesia. Dengan mengajarkan tarian tradisional dapat mendekatkan anak supaya cinta dengan budaya tradisional daerahnya dari pada lebih tertarik dengan kebudayaan luar atau kebudayaan asing. Kegiatan ekstrakurikuler seni tari dapat membentuk karakter cinta tanah air dalam diri siswa seperti; religious, disiplin, rasa ingin tahu dan lain-lain.
Penerapan Model Cooperative Learning Dalam Pembelajaran PPKn Untuk Meningkatkan Nasionalisme Siswa Dayu Alam Wicaksono; Nurbani Yusuf; Rohmad Widodo
Pijar : Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 1 No. 1 (2021): Maret
Publisher : Actual Insight : Lembaga Penelitian Pengembangan, Penerbitan dan Publikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56393/pijar.v1i1.97

Abstract

Tujuan penelitian ini: pertama untuk mengetahui penerapan model coorperative learning dalam pembelajaran PPKn untuk membangkitkan rasa nasionalisme di MTs Muhamadiyah 1 Malang. Tujuan kedua, untuk mengetahui kendala dalam penerapan model coorperative learning dalam pembelajaran PPKn. Tujuan ketiga adalah untuk membangkitkan rasa nasionalisme di MTs Muhamadiyah 1 Malang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Hasil penelitian menemukan bahwa penerapan pembelajaran PPKn dilakukan dengan membentuk kelompok, guru juga membebaskan murid untuk membentuk kelompok sendiri. Pada pembelajaran PPKn dengan kelompok, guru di MTS Muhammadiyah 1 Malang membahas materi sesuai dengan pembelajaran PPKn. Guru juga membicarakan masalah sosial yang terjadi di masyarakat. Kendala dalam penerapan model cooperative learning dalam pembelajaran PPKn untuk membangkitkan rasa nasionalisme di MTs Muhamadiyah 1 Malang, di mana para siswa kurang tertarik pada materi pembelajaran, sehingga banyak siswa yang tidak mau bekerjasama dalam kelompok, siswa memilih teman dalam satu kelompoknya. Kedua, solusi yang diterapkan dengan strategi dengan bertujuan untuk memotivasi siswa.
Peningkatan Kemampuan Keaksaraan Dengan Teknik Jurnal Pada Anak Kelompok B Di TK Nuzulul Ulum Fais Masruroh; Siti Muntomimah; Mochammad Ramli Akbar
Pijar : Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 1 No. 1 (2021): Maret
Publisher : Actual Insight : Lembaga Penelitian Pengembangan, Penerbitan dan Publikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56393/pijar.v1i1.98

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan kemampuan keaksaraan anak dengan teknik menjurnal di TK Nuzulul Ulum Glendangan Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang. Metode penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang ditemukan oleh Kurt Lewin. Hasil peningkatan kemampuan keaksaraan dengan teknik menjurnal TK Nuzulul Ulum Glendangan Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang pada tahap 1 kegiatan 1 diperoleh rata-rata 52,2% dan pada siklus 1 pertemuan ke 2 diperoleh rata rata 69,9%. Sedangkan pada siklus 2 pertemuan ke 1 rata-rata yang diperoleh sebesar 75% dan meningkat menjadi 80,1 % pada siklus 2 pertemuan 2. Hal tersebut menunjukan adanya peningkatan dan ketuntasan dengan meunjukkan hasil lebih dari 75%. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa kegiatan dengan teknik menjurnal dapat meningkatkan kemampuan keaksaraan anak usia 5-6 tahun di TK Nuzulul Ulum Glendangan Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang. Pendidik diharapkan mampu memberikan pembelajaran kreatif dengan teknik menjurnal. Pendidik perlu menstimulasi dan menyampaikan dukungan pada pada murid agar kemampuan keaksaraannya terus meningkat.
Dampak Keterlibatan Siswa-Siswi Dalam Membentuk Jiwa Kepemimpinan Asan Azhari; Tarpan Suparman; Aris Riswandi Sanusi
Pijar : Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 1 No. 1 (2021): Maret
Publisher : Actual Insight : Lembaga Penelitian Pengembangan, Penerbitan dan Publikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56393/pijar.v1i1.99

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak dari organisasi pramuka dalam membentuk jiwa kepemimpinan peserta didik di SMK Taruna Karya 76. Metode penelitian adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi partisipan, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada dampak yang dirasakan oleh sekolah dengan adanya pendidikan kepramukaan. Kepramukaan membawa manfaat yang sangat signifikan diantaranya mempercepat pembentukan karakter peserta didik, menanamkan jiwa kepempimpinan dan untuk peserta didik membentuk karakter dan watak peserta didik, manjadikan peserta didik mandiri, disiplin, peduli terhadap lingkungan dan bertanggangjawab. Peserta didik yang bergabung dalam pendidikan kepramukaan merasa berada dalam keadaan yang dilatih untuk bisa menanamkan dan membentuk jiwa kepemimpinan. Peserta didik tidak hanya itu hasil dengan adanya pendidikan kepramukaan di SMK Taruna Karya ini membawa nama baik sekolah dalam semangat kompetisi antar sekolah.
Pengaruh Problem Based Learning Berbasis Game Kahoot Terhadap Kemandirian Peserta Didik Dalam Belajar Dewi Wulandari; Suparno Suparno
Pijar : Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 3 No. 2 (2023): September
Publisher : Actual Insight : Lembaga Penelitian Pengembangan, Penerbitan dan Publikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56393/pijar.v3i2.148

Abstract

Penelitian ini dibuat bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh problem based learning berbasis game kahoot terhadap kemandirian peserta didik dalam belajar. Dengan menggunakan desain eksperimen one group pretest posttest, penelitian dilakukan di kelas VII dengan jumlah peserta didik 23 siswa. Adapun teknik pengambilan sampel yaitu Sampling Purposive digunakan dalam menentukan sampel tertentu dengan pertimbangan dalam pemilihan subjeknya. Pertimbangan pemilihan subjek dimulai dengan adanya observasi, wawancara, eksperimen, kuisioner dan dokumentasi. Sedangkan untuk pengolahan data-data yang diperoleh dari lapangan meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas dan uji hipotesis (t). Hasil dari pengujian tersebut diketahui bahwa nilai dari uji (t) Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti terdapat pengaruh sebelum (pretest) dan sesudah (posttest) yang yang mana H0 ditolak dan Ha diterima. Jadi artinya berdasarkan hasil pengitungan bahwa terdapat pengaruh Problem Based Learning Berbasis Game Kahoot Terhadap Kemandirian Peserta Didik Dalam Belajar.
Peran Guru Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Membentuk Karakter Literasi Melalui Budaya Membaca Siswa Pius Pani Pino Karisma; Suciati Suciati; Didik Iswahyudi
Pijar : Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 1 No. 2 (2021): September
Publisher : Actual Insight : Lembaga Penelitian Pengembangan, Penerbitan dan Publikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56393/pijar.v1i2.163

Abstract

Pendidikan arahan memandang proses pembangunan pribadi yang meliputi seperti membentuk jasmani, hati, dan akal pikiran. Salah satu kegiatan untuk menunjang segala aktivitas pendidikan melalui peran dari guru.Tujuan penelitian untuk mengetahui peran guru pendidikan kewarganegaraan dalam membentuk karakter literasi melalui budaya membaca siswa. Sistem yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Untuk proses penelitian  dengan cara pengumpulan data yaitu dengan menggunakan teknik penelitian seperti: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil  Penelitian menunjukan bahwa adanya karakter literasi yang dilakukan oleh guru untuk peserta didik.Karakter literasi tersebut dapat di kembangkan melalui,peran guru sebagai seorang pengajar,disiplin yang diterapkan oleh guru melalui tugas membaca 15 menit awal pelajaran, kebiasaan yang dimana dilakukan dengan secara terus menerus pada saat jam pelajaran, pembelajaran menerapkan kegiatan membaca serta  resum kepada peserta didik, dan tanggung jawab yakni pada saat guru mengajar. Dengan demikian dapat membantu guru untuk meningkatkan karakter literasi bagi  peserta didik.  
Pengaruh Kompetensi Guru Profesional Terhadap Prestasi Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Ida Ayu Putu Oka
Pijar : Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 1 No. 2 (2021): September
Publisher : Actual Insight : Lembaga Penelitian Pengembangan, Penerbitan dan Publikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56393/pijar.v1i2.417

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kompetensi guru profesional guru di Sekolah Menengah Kejuruan bagi prestasi siswa. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan studi kepustakaan. Dalam pencarian teori, peneliti akan mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya dari kepustakaan yang berhubungan. Sumber-sumber kepustakaan diperoleh dari buku, jurnal, majalah, hasil-hasil penelitian, dan sumber lainnya yang sesuai. Analisis penelitian ini melakukan pembacaan pada teks, lalu memberi tafsiran pada obyek penelitian. Hasil penelitian menemukan pertama, secara keseluruhan, guru profesional SMK dinilai dengan kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi sosial, atau kompetensi kepribadian memiliki kualifikasi baik. Kedua, prestasi belajar siswa ditinjau dari keterampilan kognitif, afektif, dan psikomotorik pada SMK bisa dipengaruhi oleh kompetensi guru dengan memanfaatkan media pembelajaran. Hal tersebut menunjukkan bahwa jika profesionalisme guru ditingkatkan, maka ada kemungkinan prestasi siswa akan lebih baik. Rekomendasi penelitian bahwa guru berusaha memahami bagaimana memotivasi secara positif dan benar serta mengarahkan motivasi agar diterima dengan baik oleh siswa sehingga meningkatkan prestasi belajar.
Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Layanan Pendidikan Berbasis Prinsip Total Quality Management Herman Emanuel Nggano; Achmad Supriyanto
Pijar : Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 2 No. 2 (2022): September
Publisher : Actual Insight : Lembaga Penelitian Pengembangan, Penerbitan dan Publikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56393/pijar.v2i2.606

Abstract

Peningkatan mutu layanan pendidikan dapat dilakukan dengan berbagai strategi, salah satunya melalui pendekatan TQM. Pendekatan ini melibatkan semua komponen dalam sebuah lembaga atau satuan pendidikan dengan menerapkan prinsip-prinsip utama TQM seperti kepuasan pelanggan, respek terhadap setiap orang, manajemen berbasis data dan perbaikan berkesinambungan. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan tentang penerapan TQM dalam peningkatan mutu layanan pendidikan. Penelitian ini menggunakan studi literatur. Peneliti mencari sumber-sumber primer seperti artikel dari berbagai jurnal online untuk mendukung topik yang dikaji. Hasil kajian menunjukkan bahwa penerapan prinsip-prinsip TQM memberikan dampak yang signifikan terhadap peningkatan mutu layanan pendidikan.
Internalisasi Karakter Peduli Sosial di Lingkungan Sekolah Siti Sara Kasongat; Lisye Salamor; Titus Gaite
Pijar : Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 3 No. 1 (2023): Maret
Publisher : Actual Insight : Lembaga Penelitian Pengembangan, Penerbitan dan Publikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56393/pijar.v2i1.902

Abstract

Internalisasi pendidikan karakter peduli sosial merupakan salah satu nilai yang dikembangkan dalam program penguatan pendidikan karakter di Indonesia. Hal ini mengingat bahwa manusia merupakan mahluk sosial yang saling membutuhkan bantuan antara satu dengan yang lainnya maka dari itu proses internalisasi karakter peduli sosial menjadi hal penting untuk diperhatikan. Sekolah memiliki pengaruh besar bagi terbentuknya karakter siswa selain peran orang tua. Sekolah juga perlu menciptakan suasana kondusif untuk proses internalisasi karakter kepada siswanya. Maka, guru merupakan agen utama dalam proses internalisasi karakter kepada siswa di situlah proses internalisasi karakter diperlukan guru yang berkompeten dan berkepribadian baik agar dapat menjadi teladan bagi siswa-siswanya. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan tehnik pengumpulan data yaitu wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa dapat (1) mengetahui bagaimana upaya pengutan karakter peduli sosial dalam pengembangan diri di SMA Negeri 3 Ambon; (2) integrasi karakter peduli sosial ada dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) di SMA Negeri 3 Ambon.

Page 1 of 3 | Total Record : 30