Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan model discovery learning dalam peningkatan partisipasi pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan siswa kelas X SMAN 1 Lemahabang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriftif. Subjek dalam penelitian ini ialah guru PPKn, siswa Kelas X, wakasek kurikulum, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri dari observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ketika pada pelaksanaan model discovery learning guru sesuai dengan perencanaan yang telah di buat sebelumnya dan siswa telibat aktif ketika pembelajaran berlangsung. Rekomendasi penelitian ini, bagi sekolah selaku pemangku kebijakan diharapkan untuk mendukung guru ketika menerapkan model discovery learning untuk mendapatkan hasil belajar yang maksimal. Bagi guru diharapkan ketika pelaksanaan model discovery learning harus sesuai perencanaan dan langkah-langkah penerapan model discovery learning. Bagi siswa diharapkan menjadi lebih aktif pada saat pembelajaran berlangsung.
Copyrights © 2021