Educare : Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran
Vol. 1 No. 1 (2021): Februari

Pelaksanaan Model Discovery Learning Dalam Peningkatan Partisipasi Belajar Pembelajaran PPKn

Suhimo Suhimo (Universitas Buana Perjuangan Karawang)
Yudi Firmansyah (Universitas Buana Perjuangan Karawang)
Erwin Susanto (Universitas Buana Perjuangan Karawang)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan model discovery learning dalam peningkatan partisipasi pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan siswa kelas X SMAN 1 Lemahabang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriftif. Subjek dalam penelitian ini ialah guru PPKn, siswa Kelas X, wakasek kurikulum, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri dari observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ketika pada pelaksanaan model discovery learning guru sesuai dengan perencanaan yang telah di buat sebelumnya dan siswa telibat aktif ketika pembelajaran berlangsung. Rekomendasi penelitian ini, bagi sekolah selaku pemangku kebijakan diharapkan untuk mendukung guru ketika menerapkan model discovery learning untuk mendapatkan hasil belajar yang maksimal. Bagi guru diharapkan ketika pelaksanaan model discovery learning harus sesuai perencanaan dan langkah-langkah penerapan model discovery learning. Bagi siswa diharapkan menjadi lebih aktif pada saat pembelajaran berlangsung.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

educare

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Educare: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran merupakan jurnal penelitian yang bertujuan untuk menerbitkan dan mempromosikan berbagai penelitian bidang pendidikan dan pembelajaran. Jurnal ini menerima berbagai hasil penelitian termasuk dari penelitian lapangan dan penelitian dari hasil ...