Paidea : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia
Vol. 3 No. 2 (2023): Agustus

Penerapan Metode Jarimatika untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Kemampuan Perkalian Siswa Selolah Dasar

Darsono Darsono (Universitas Muhammadiyah Cirebon)
Asih Wahyuningsih (Universitas Muhammadiyah Cirebon)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa, Dan hasil belajar dalam penerapan metode jarimatika untuk meningkatkan hasil belajar pada kemampuan perkalian siswa kelas IV di Sekolah Dasar Negeri Karangsari Indramayu. Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas, teknik pengumpulan data yaitu Instrumen Tes dan Instrumen Non tes. Instrumen tes dilakukan untuk mengukur kemampuan peserta siswa dalam Perkalian yang berupa tes lisan. Instrumen Non Tes yang digunakan adalah Observasi Guru dan Siswa serta Dokumentasi. Hasil temuan pertama aktivitas Guru dalam mengelola pembelajaran melalui metode jarimatika pada siklus I yaitu 64,70% berada pada kategori cukup, siklus II dengan nilai 91,18% berada pada kategori baik sekali. Hal ini dikarenakan aktivitas guru dalam melaksanakan pembelajaran telah berhasil, Hasil temuan kedua aktivitas siswa selama proses pembelajaran dalam aspek disiplin, keterampilan, dan pengetahuan mengalami perubahan sehingga pembelajaran berhasil, Hasil temuan ketiga hasil belajar siswa pada siklus I menunjukkan sebanyak 8 siswa sudah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal dengan persentase nilai 62,5%, dan pada siklus II meningkat menjadi 7 siswa dengan persentase nilai 87,5%. Dari ketiga hasil temuan dapat disimpulkan dari setiap siklus I hingga Siklus II mengalami perubahan yang bisa dikatakan dalam kategori sangat baik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

paidea

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Paidea: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia merupakan jurnal penelitian yang menerbitkan beragam artikel dalam bidang pendidikan dan pembelajaran. Jurnal ini memberikan peluang untuk melakukan diseminasi kepada berbagai kalangan yang lebih luas untuk berbagi informasi hasil penelitian ...