Penelitian ini bertujuan buat mengetahui penyebab kerusakan atau kurangnya ketersediaan Head truck pada pelabuhan Indonesia menggunakan metode Total Productive Maintenance (TPM). Jumlah Head truck pada Pelabuhan Indonesia sebesar 140 Head truck. Dengan menggunakan metode yakni mengambil dan mengumpulkan data dalam penulisan ini adalah Sistem Literatur. Data dikumpulkan menurut data utama pembugaran truk menurut bulan agustus hingga oktober, lalu data tersebut diolah memakai performance maintenance dan analisis memakai fishbone diagram dan langkah-langkah pemugaran menggunakan pelaksanaan memakai TPM. Pada akhir penulisan ini, bisa digaris bawahi jika penulis sedang menjelaskan sebab dan dampak menurut kegagalan alat/mesin tunggangan timbal. Untuk menerima mesin yang bisa menjaga kehandalannya, diharapkan desain yang benar. Total Productive Maintenance (TPM) adalah rancangan yang benar buat mencapai permasalahan ini. Bahan yang dipakai adalah data waktu operasional, kerusakan, waktu menunggu / alat berhenti dan keseringan kerusakan pada 3 bulan agustus - oktober 2020 menggunakan memperhitungkan nilai Mean Time Beetwen Failure (MTBF) yang didapatkan Head truck menggunakan memakai data rekam Head truck Volvo D9B 380 dan Volvo D11A 370.Kata kunci: Maintenance, Volvo, Head truck, Total Productive Maintenance (TPM), Mean Time Beetwen Failure (MTBF), Availability
Copyrights © 2023