Saba : Journal of Tourism Research
Vol 1, No 1 (2023)

ANALISIS CUSTOMER RETENTION PADA INDUSTRI PERHOTELAN DALAM RUANG LINGKUP GLOBAL (SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW)

Arvega Syah Walda P. (Universitas Pendidikan Indonesia)
Vanessa Gaffar (Universitas Pendidikan Indonesia)
Gitasiswhara Gitasiswhara (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
27 Jun 2023

Abstract

Customer retention sangat penting untuk kelangsungan hidup hotel. Dalam industri perhotelan, customer retention merupakan salah satu kunci kesuksesan jangka panjang karena memberikan manfaat yang besar seperti keuntungan, pengurangan biaya pemasaran, dan meningkatkan word of mouth. Customer retention didefinisikan sebagai cara perusahaan mempertahankan pelanggannya dan merubah pelanggan baru menjadi pelanggan tetap dan menjaga hubungan baik dengan mereka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui konteks penelitian industri perhotelan yang banyak diteliti terkait customer retention dan faktor yang mempengaruhi customer retention di industri perhotelan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan metode systematic literature review melalui identifikasi 16 artikel. Data yang digunakan dalam penelitian ini peneliti mencari dari lima database (Science Direct, Sage, Scopus, Taylor and Francis, dan Springer). Penelitian ini mengungkapkan konteks penelitian di industri perhotelan yang dikaitkan dengan customer retention dan faktor-faktor yang mempengaruhi customer retention di industri perhotelan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

sabajournal

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

“Saba” is a word taken from the Sundanese language that means the act of travelling around. This word aligns with this journal’s focus on travel and tourism. Saba: Journal Tourism Research, is dedicated to disseminating scholarly publications on tourism. This journal was formerly known as ...