Pesatnya pertumbuhan industri fashion memberikan keuntungan untuk Indonesia. Industri tersebut berkontribusi terhadap ekonomi Indonesia, yang dilakukan oleh salah satunya Navara Footwear. Navara Footwear merupakan salah satu merek lokal yang telah berdiri sejak tahun 2016 dan memproduksi produk alas kaki. Dalam mempromosikan produknya, Navara Footwear menggunakan media sosial Instagram. Data pendapatan Navara Footwear yang mengalami rendahnya target pendapatan menjadi inisiasi penelitian. Namun, persentase pengetahuan target pasar terhadap Navara Footwear rendah. Dalam melakukan penelitian, metode benchmarking digunakan untuk mengetahui praktik terbaik dalam melakukan aktivitas pemasaran online melalui media sosial Instagram. Benchmarking dilakukan dengan menggunakan alat evaluasi Analytical Hierarchy Process (AHP) yang memiliki tujuan untuk penentuan tingkat prioritas kriteria setiap fitur media sosial Instagram dan 17 sub kriteria sebagai penilaian kualitas terhadap fitur tersebut. Best practice dari mitra benchmark didapatkan dari hasil observasi penelitian dengan parameter yang ditentukan berdasarkan studi literatur terdahulu. Hasil dari penelitian ini berupa usulan perbaikan media sosial Instagram sebagai media komunikasi pemasaran online yang dipertimbangkan dengan kemampuan pihak Navara Footwear.
Copyrights © 2022