Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan media pembelajaran berupa PowerPoint terintegrasi PhET yang layak untuk meningkatkan kemampuan representasi grafik dan representasi matematis peserta didik; (2) mengetahui peningkatan kemampuan representasi grafik peserta dan kemampuan representasi matematis peserta didik setelah melalui proses pembelajaran menggunakan PowerPoint terintegrasi PhET (3) mendeskripsikan keefektifan pembelajaran memaanfaatkan media powerpoint terintegrasi PhET dalam meningkatkan kemampuan representasi grafik dan representasi matematis peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitan dan pengembangan (RD) dengan model 4D. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) produk media pembelajaran PowerPoint terintegrasi PhET layak digunakan dalam pembelajaran fisika dengan kategori sangat baik. 2) implementasi media dalam pembelajaran mampu meningkatkan kemampuan representasi grafik peserta didik dengan standard gain 0,65 yang termasuk dalam kategori sedang, sedangkan peningkatan kemampuan representasi matematis peserta didik dengan standard gain 0,78 yang termasuk dalam kategori tinggi, 3) terdapat perbedaan peningkatan kemampuan representasi grafik dan representasi matematis peserta didik antara kelas eksperimen dan kelas kontrol yang dibuktikan dengan hasil uji manova, dimana nilai sig. yang diperoleh lebih kecil dari 0,05 (0,0000,05), dan nilai ES nya 0,52 pada kemampuan representasi matematis dalam kategori sedang, lalu 1,12 pada kemampuan representasi grafik dalam kategori tinggi sehingga media yang dikembangkan efektif digunakan pada materi pokok gerak harmonis sederhana.
Copyrights © 2022