Jurnal Pendidikan Fisika
Vol 9, No 2 (2022): Jurnal Pendidikan Fisika

PENGEMBANGAN MEDIA POWERPOINT TERINTEGRASI PHET UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI GRAFIK DAN REPRESENTASI MATEMATIS PESERTA DIDIK

Handika Setya Darma (Yogyakarta State University)
Suparwoto Suparwoto (Yogyakarta State University)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan media pembelajaran berupa PowerPoint terintegrasi PhET yang layak untuk meningkatkan kemampuan representasi grafik dan representasi matematis peserta didik; (2) mengetahui peningkatan kemampuan representasi grafik peserta dan kemampuan representasi matematis peserta didik setelah melalui proses pembelajaran menggunakan PowerPoint terintegrasi PhET  (3) mendeskripsikan keefektifan pembelajaran memaanfaatkan media powerpoint terintegrasi PhET dalam meningkatkan kemampuan representasi grafik dan representasi matematis peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitan dan pengembangan (RD) dengan model 4D. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) produk media pembelajaran PowerPoint terintegrasi PhET layak digunakan dalam pembelajaran fisika dengan kategori sangat baik. 2) implementasi media dalam pembelajaran  mampu meningkatkan kemampuan representasi grafik peserta didik dengan standard gain 0,65 yang termasuk dalam kategori sedang, sedangkan peningkatan kemampuan representasi matematis peserta didik dengan standard gain 0,78 yang termasuk dalam kategori tinggi, 3) terdapat perbedaan peningkatan kemampuan representasi grafik dan representasi matematis peserta didik antara kelas eksperimen dan kelas kontrol yang dibuktikan dengan hasil uji manova, dimana nilai sig. yang diperoleh lebih kecil dari 0,05 (0,0000,05), dan nilai  ES nya 0,52 pada kemampuan representasi matematis dalam kategori sedang, lalu 1,12 pada kemampuan representasi grafik dalam kategori tinggi sehingga media yang dikembangkan efektif digunakan pada materi pokok gerak harmonis sederhana.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

pfisika

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Jurnal Pendidikan Fisika merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Fisika, Departemen Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal ini menerbitkan karya ilmiah atau artikel dari hasil penelitian bidang pendidikan fisika. ...