cover
Contact Name
Kuncoro Asih Nugroho
Contact Email
pend_fisika@uny.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
pend_fisika@uny.ac.id
Editorial Address
Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Yogyakarta Jl. Colombo Yogyakarta No.1, Karang Malang, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Fisika
ISSN : -     EISSN : 30259215     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
Jurnal Pendidikan Fisika merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Fisika, Departemen Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal ini menerbitkan karya ilmiah atau artikel dari hasil penelitian bidang pendidikan fisika. Prosedur penerbitan dalam jurnal ini melalui peer-review dan menerapkan etika penerbitan ilmiah sebagaimana ditetapkan oleh Committee on Publication Ethics (COPE). Ruang lingkup artikel dalam jurnal ini adalah pendidikan.
Articles 169 Documents
PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN PESERTA DIDIK ASPEK AFEKTIF DAN PSIKOMOTORIK PADA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DALAM MATA PELAJARAN FISIKA SMA DEVELOPMENT OF STUDENT INSTRUMENT ASSESSMENT IN AFFECCTIVE AND PSYCHOMOTORIC ASPECT AT THE MODEL OF COOPERATIVE LEARNING STAD TYPE WITHIN PHYSICS IN HIGH SCHOOL LIA SEPTIANA; Juli Astono, M.Si
Jurnal Pendidikan Fisika Vol 5, No 3 (2016): Jurnal Pendidikan Fisika
Publisher : Universitas negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Intisari- Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui kelayakan instrumen penilaian aspek afektif dan psikomotorik peserta didik dalam pembelajaran fisika pada model pembelajaran kooperatif tipe STAD (2) mengetahui hasil penilaian aspek afektif peserta didik dengan menggunakan instrumen yang dikembangkan (3) mengetahui hasil penilaian aspek psikomotorik peserta didik dengan menggunakan instrumen yang dikembangkan.Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (RD) dengan model 4-D menurut Thiagarajan. Tahap define merupakan tahap awal untuk mendefinisikan permasalahan. Tahap design dilakukan dengan mengembangkan rancangan produk instrumen penelitian dan perangkat pembelajaran. Tahap develope dilakukan melalui dua langkah. Langkah pertama berupa validasi ahli dan praktisi serta serta uji coba terbatas terhadap perangkat pembelajaran dan produk yang berupa RPP, silabus, LKPD, lembar penilaian aspek afektif dan psikomotorik, serta soal pretest dan kuis individual. Langkah kedua berupa uji coba operasional produk dan perangkat pembelaajatan di SMA N 1 Wates, Kulon Progo dengan subjek kelas X MIA 2 dan X MIA 3. Tahap disseminate dilakukan untuk penyebaran instrumen penelitian di SMA N 1 Wates dan pada e-journal jurusan Pendidikan Fisika FMIPA UNY.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Instrumen penilaian aspek afektif dan psikomotorik layak digunakan dalam pembelajaran fisika dengan kategori sangat baik dilihat dari analisis validitas CVI dengan nilai sebesar 1, sedangkan berdasarkan validasi uji empirik sebesar 0.8125 pada aspek afektif dan 0.75 pada aspek psikomotorik, serta reliabilitas menurut ICC pada aspek afektif sebesar 0.962 dan aspek psikomotorik sebesar 0.919 dan menurut percentage of agreement pada uji empirik untuk aspek afektif sebesar 0.81 serta aspek psikomotorik 0.88 yang dikategorikan istimewa. (2) Untuk penilaian aspek afektif peserta didik di kelas X MIA 2 terdapat 24 peserta didik dikategorikan sangat baik, 8 peserta didik dikategorikan baik dan X MIA 3 terdapat 24 peserta didik dikategorikan sangat baik dan 6 peserta didik dikategorikan baik (3) Untuk penilaian aspek psikomotorik peserta didik di kelas X MIA 2 dan X MIA 3 SMA N 1 Wates, Kulon Progo secara berturut-turut adalah 28 dan 31 peserta didik dikategorikan sangat baik, serta 4 dan 1 peserta didik dikategorikan baik.Kata-Kata Kunci: Instrumen Penilaian, Aspek Afektif dan Psikomotorik, STADAbstract- This research aims to: (1) find out the feasibility of affective and psychomotoric assessment instrument of the students within phyiscs learning in cooperative learning of STAD (2) find out the students’ affective assessment result using the developed instrument (3) find out the students’ psychomotoric assesment result using the developed instrument.This research is based on development research (RD) using 4-D model according to Thiagarajan. Define step is the first step to describe the problems. Design step is done by developing research instrument plan. Develope step is executed to deliver RPP, syllabus, LKPD, affective and psychomotoric assessment sheet, and pretest questions and individual quiz that has been validated and revised based on opinions and suggestions by the validators and pratitioners, finite test realization. After executing finite test realization, the product was examined in SMA N 1 Wates, Kulon Progo with the classes of X MIA 2 and X MIA 3 as participants. Disseminate step is executed to spread the research instrument within small scale in SMA N 1 Wates and toward e-journal of Physics Education FMIPA UNY.The result of this research shows: (1) affective and psychomotoric assessment instrument is suitable for physics learning and gaining very good grade seen from validity analysis CV1 based on the expert gaining grade 1. According to the empiric test validity, it gains 0.8125 for the affective aspect and 0.75 for the psychomotoric aspect, also the reliability according to ICC in affective aspect at the rate of 0.962 and psychomotoric aspect at the rate of 0.919 and according to the percentage of agreement at the empiric test for affective aspect, it gains 0.81. In addition, psychomotoric aspect gains 0.88 in which all of them are categorized as special. (2) Affective assessments of the students in X MIA 2 class are 24 students are categorized very good, 8 students are good. Meanwhile, X MIA 3 class contains 24 students are very good and 6 students are good (3) Psychomotoric assessments of the students in both X MIA 2 and X MIA 3 class in SMA N 1 Wates, Kulon Progo are 28 and 31 students are categorized very good and 4 and 1 students are good.Keywords: assessment instrument, affective and psychomotoric aspect, STAD
Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbantuan Video Percobaan dengan Pendekatan Prosedural untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Peserta Didik SMA Rahmadany Leonita; Pujianto Pujianto
Jurnal Pendidikan Fisika Vol 8, No 3 (2021): Jurnal Pendidikan Fisika
Publisher : Universitas negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak- Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menghasilkan media pembelajaran berbantuan video percobaan yang layak digunakan dalam meningkatkan capaian hasil belajar fisika ditinjau dari kemampuan berpikir kritis dan kreatif peserta didik pada materi usaha dan energi, 2) mengetahui kemampuan berpikir kritis dan kreatif peserta didik sebagai prediktor yang baik bagi capaian hasil belajar, dan 3) mengetahui hubungan antara berpikir kritis dan kreatif peserta didik dengan capaian hasil belajar pada topik usaha dan energi menggunakan media pembelajaran berbantuan video percobaan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (RD) dengan model 4D. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) media pembelajaran berbantuan video percobaan layak digunakan dalam meningkatkan capaian hasil belajar fisika ditinjau dari kemampuan berpikir kritis dan kreatif peserta didik dengan kategori baik, 2) kemampuan berpikir kritis dan kreatif peserta didik merupakan prediktor yang baik bagi capaian hasil belajar, dan 3) variabel kemampuan berpikir kritis dan kreatif memiliki hubungan dengan hasil belajar ranah kognitif peserta didik.Kata Kunci: video percobaan, berpikir kritis dan kreatif, usaha dan energi
PENGEMBANGAN PERFORMANCE TASK ASSESSMENT SUB DESIGN AN EXPERIMENT UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN FISIKA DITINJAU DARI KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK DEVELOPMENT OF PERFORMANCE TASK ASSESSMENT SUB DESIGN AN EXPERIMENT TO INCREASE EFFECTIVENESS IN PHYSICS LEARNING PROCESS IN TERMS OF THE STUDENT’S SCIENCE PROCESS SKILLS Rahma Ghalda Alandia; Suharyanto Suharyanto
Jurnal Pendidikan Fisika Vol 6, No 2 (2017): Jurnal Pendidikan Fisika
Publisher : Universitas negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

PENGEMBANGAN INSTRUMEN NON TES BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH UNTUK PEMETAAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMA PADAKOMPETENSI PSIKOMOTORIK THE DEVELOPMENT OF NON TEST INSTRUMENTS BASED ON SCIENTIFIC APPROACH FOR THE MAPPING OF PHYSICS LEARNINGRESULT TOWARD HIGH SCHOOL STUDENTS IN PSYCHOMOTORIC COMPETENCY sustikawati sustikawati; mundilarto mundilarto
Jurnal Pendidikan Fisika Vol 6, No 7 (2017): Jurnal Pendidikan Fisika
Publisher : Universitas negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen non tes berbasis scientific approach untuk pemetaan hasil belajar fisika siswa SMA pada kompetensi psikomotorik yang layak dan efektif. Desain penelitian yang digunakan adalah Research and Development dengan model pengembangan 4-D models. Subjek penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 6 Yogyakarta kelas XI IPA 1, XI IPA 2, XI IPA 3, dan XI IPA 4. Instrumen non tes yang dihasilkan pada penelitian ini adalah lembar pengamatan, penilaian diri, dan penilaian teman sebaya. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa instrumen non tes untuk penilaian kompetensi psikomotorik beserta perangkat pembelajaran yang mendukung dalam penelitian layak digunakan.Hasil validitas instrumen non tes dengan rumus Aiken, diperoleh angka 0,885-1 dan memenuhi kriteria valid untuk semua item. Hasil reliabilitas instrumen non tes berdasarkan koefisienCohen Kappa masuk dalam kategori baik karena memperoleh untuk lembar pengamatan dan untuk penilaian diri dan penilaian teman sebaya.Berdasarkan hasil uji coba lapangan, instrumen non tes yang dikembangkan mempermudah guru dalam melakukan penilaian kompetensi psikomotorik.Kata kunci :instrumen non tes, scientific approach, pemetan hasil belajar, kompetensi psikomotorik.ABSTRACTThe goal of this research is to produce the non-test instrument based on scientific approach to map the studying result of physics subject of high school students specified in psychomotor competence which proper and effective. Research design used in this research is Research and Development of 4-D model. The subject of this research is the students of SMA Negeri 6 Yogyakarta in grade XI IPA 1, XI IPA 2, XI IPA 3, and XI IPA 4. Non-test instruments resulted in this research are observation sheet, self-assessment, and peer assesment. The result of this research concludes that the non test instrument for the assessment of psychomotoric competence and the supporting instructional media in the research are decent to be used.The validity result with Aiken formulaobtains numbers in range 0.885-1 and it can be categorized as valid for all items. The reliability result based on the coefficient of Cohen Kappa is in good category because obtain for the observation sheet and for the self assessment and peer assessment.Based on the results of field trials, the developednon-test instruments make teacher’s processin conducting psychomotoric competence assessment easier.Keywords: non test instrument, scientific approach, mapping the study result, psychomotoric competence
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS PERMAINAN ZATHURA UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA N 1 KRETEK Rizky Arfah Anggreiny , Bambang Ruwanto
Jurnal Pendidikan Fisika Vol 7, No 6 (2018): Jurusan Pendidikan Fisika
Publisher : Universitas negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis permainan Zathura untuk meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik SMA kelas XI, 2) Mengetahui peningkatan minat belajar fisika peserta didik melalui implementasi media pembelajaran fisika berbasis permainan Zathura kepada peserta didik dan 3) Mengetahui peningkatan minat belajar fisika peserta didik melalui implementasi media pembelajaran fisika berbasis permainan Zathura kepada peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (RD) dengan model 4-D (Four D Models) yang terdiri atas tahap define, design, develop, dan disseminate. Pada tahap define dilakukan analisis awal, analisis peserta didik, analisis tugas, analisis konsep, dan spesifikasi tujuan pembelajaran. Pada tahap design dilakukan pemilihan materi dan desain awal. Pada tahap develop dilakukan validasi oleh dosen fisika dan guru fisika SMA, dilanjutkan uji awal dan uji coba lapangan. Pada tahap disseminate dilakukan penyebaran media permainan Zathura di SMA N 1 Kretek. Instrumen pengumpulan data berupa lembar validasi penilaian, lembar angket minat, lembar angket respon peserta didik serta lembar pretest dan posttest. Teknik analisis data yang digunakan berupa kualitatif dan kuantitatif. Teknik analisis data secara kualitatif digunakan untuk menganalisis saran dari validasi, sedangkan teknik analisis data secara kuantitatif digunakan untuk menganalisis penilaian validasi, respon peserta didik, peningkatan minat dan peningkatan hasil belajar. Hasil penelitian ini adalah : (1) Produk yang dikembangkan berdasarkan hasil penilaian validator termasuk dalam kategori sangat layak. Media pembelajaran fisika berbasis permainan Zathura mendapatkan nilai CVI sebesar 0,848 yang termasuk kategori sangat layak dengan validitas sebesar 0,733 yang termasuk kategori sedang, (2) Peningkatan minat belajar peserta didik berada dalam kategori sedang dengan nilai gain ternormalisasi sebesar 0,5. (3) peningkatan hasil belajar peserta didik berada dalam kategori sedang dengan nilai gain ternormalisasi sebesar 0,49. Kata Kunci: Zathura, minat, hasil belajar. Abstract This study aims to: 1) Know the feasibility of Zathura game-based learning media to increase the interest and learning outcomes of class XI high school students, 2) Knowing the increase in students interest in learning physics through the implementation of physics learning media based on Zathura games to students and 3) Knowing increasing students interest in learning physics through the implementation of physics learning media based on Zathura games to students. This research is a development research (R D) with a 4-D (Four D Models) model consisting of define, design, develop, and disseminate stages. In the define stage, there is an initial analysis, analysis of students, task analysis, concept analysis, and specification of learning objectives. In the design stage, the selection of material and initial design is carried out. In the develop phase, validation was carried out by physics lecturers and high school physics teachers, followed by initial tests and field trials. At the disseminate stage, the distribution of Zathura game media in Kretek 1 High School. Data collection instruments in the form of assessment validation sheets, interest questionnaire sheets, student questionnaire response sheets and pretest and posttest sheets. Data analysis techniques used are qualitative and quantitative. Qualitative data analysis techniques are used to analyze suggestions from validation, while data analysis techniques are quantitatively used to analyze validation assessments, student responses, increased interest and increased learning outcomes. The results of this study are: (1) Products developed based on the results of the validator's assessment are in the very feasible category. Zathura game-based physics learning media obtained a CVI value of 0.848 which included a very feasible category with a validity of 0.733 which included the medium category, (2) Increased learning interest in students was in the medium category with normalized gain value of 0.5. (3) the improvement of student learning outcomes is in the medium category with normalized gain value of 0.49. Keywords: Zathura, interest, learning outcomes
PENGEMBANGAN MEDIA WORKSHEET BERBASIS PERMAINAN PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR FISIKA PADA MATERI FLUIDA STATIS DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK DEVELOPMENT OF PUZZLE GAME BASED WORKSHEET TO INCREASE THE MOTIVATION AND RESULT IN PHYSIC LEARNING ON THE SUBJECT MATTER OF STATIC FLUID WITH SCIENTIFIC APPROACH IIS HANDAYANI IIS HANDAYANI; Yusman Wiyatmo Yusman Wiyatmo
Jurnal Pendidikan Fisika Vol 5, No 5 (2016): Jurnal Pendidikan Fisika
Publisher : Universitas negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Intisari- Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan produk berupa media Worksheet Berbasis Permainan Puzzle yang layak untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar fisika pada materi Fluida Statis; (2) mengetahui peningkatan motivasi belajar peserta didik setelah menggunakan media Worksheet Berbasis Permainan Puzzle; dan (3) mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik pada ranah kognitif setelah menggunakan media Worksheet Berbasis Permainan Puzzle.Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (RD) dengan model 4-D menurut Thiagarajan dan Semmel. Tahap define merupakan tahap awal untuk mendefinisikan permasalahan. Tahap design dilakukan dengan mengembangkan rancangan awal (draft) media Worksheet Berbasis Permainan Puzzle dan instrumen penelitian. Tahap develop dihasilkan media Worksheet Berbasis Permainan Puzzle yang layak serta dapat digunakan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik dalam ranah kognitif. Kelayakan media Worksheet Berbasis Permainan Puzzle dilihat dari skor validitas CVI hasil validasi oleh validator, tingkat persetujuan asesor (PA) dan nilai ICC. Peningkatan motivasi belajar dilihat dari nilai standard Gain pada angket respon peserta didik, sedangkan peningkatan hasil belajar dilihat berdasarkan nilai standard Gain pada lembar pretest dan posttest. Tahap disseminate dilakukan untuk menyebarluaskan produk berupa media Worksheet Berbasis Permainan Puzzle yang dilakukan di SMA Negeri 1 Jetis, SMA Negeri 1 Prambanan, dan SMA Negeri 1 Tempel.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) media Worksheet Berbasis Permainan Puzzle layak digunakan dalam pembelajaran fisika ditinjau berdasarkan hasil analisis validitas menggunakan CVI memperoleh nilai 0,956 (sangat baik), tingkat persetujuan asesor (PA) lebih dari 75%, dan nilai ICC untuk Worksheet 1, 2, 3, dan 4 Berbasis Permainan Puzzle berturut-turut adalah sebesar 0,987 (istimewa), 0,981 (istimewa), 0,984 (istimewa), dan 0,983 (istimewa); (2) peningkatan motivasi belajar sebesar 0,83 dengan klasifikasi tinggi; dan (3) peningkatan hasil belajar sebesar 0,73 dengan klasifikasi tinggi.Kata-kata Kunci: worksheet, puzzle, motivasi belajar, hasil belajarAbstract-This research was aimed to: (1) produce a feasible Puzzle Game Based Worksheet on the subject matter of static fluid; (2) know the increase in study motivation after using Puzzle Game Based Worksheet; (3) know the increase in study result after using Puzzle Game Based WorksheetThe method of this research was Research and Development with 4-D model (Define, Design, Develop, and Disseminate) by Thiagarajan and Semmel. Define stage is an initial stage to define the problem. Design stage was done by developing the draft of Puzzle Game Based Worksheet and research instrument. The develop stage was aimed to produce feasible Puzzle Game Based Worksheet and to know the increase of study motivation and study result. Feasibility of Puzzle Game Based Worksheet was taken from CVI validity score from validator, ICC, and PA reliability score. The increase of study motivation was taken from standard gain of student response and study result was taken from standard gain of student’s pretest-posttest score. Disseminate stage was done by publishing the student worksheet of Puzzle Game Based Worksheet at SMA Negeri 1 Jetis, SMA Negeri 1 Prambanan, and SMA Negeri 1 Tempel.The result of this research shows that: (1) Puzzle Game Based Worksheet is feasible based on CVI score of validation which is 0.956 (very good), Percentage of Agreement with the average score of PA is 75%, and ICC score Puzzle Game Based Worksheet 1, 2, 3, and 4 is 0.987 (excellent), 0.981 (excellent), 0.984 (excellent), and 0.983 (excellent); (2) the increase in study motivation is 0.83 (high); and (3) the increase in study result is 0.73 (high).Keywords: worksheet, puzzle, study motivation, study result
PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PICTORIAL RIDDLE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS KELAS X PADA POKOK BAHASAN USAHA DAN ENERGI DEVELOPMENT OF STUDENT WORK SHEETS BASED ON PICTORIAL RIDDLE TO INCREASE CRITICAL THINKING SKILLS FOR SENIOR HIGH SCHOOL STUDENTS ON WORK AND ENERGY SUBJECT LECTURE Atika Ayu Pramesti; Sukardiyono Sukardiyono
Jurnal Pendidikan Fisika Vol 6, No 4 (2017): Jurnal Pendidikan Fisika
Publisher : Universitas negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

  Penelitian ini bertujuan untuk:(1) menghasilkan LKPD berbasis Pictorial Riddle untuk meningkatkan berpikir kritis perserta didik SMA dan (2) mengetahui besar peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik SMA yang menggunakan LKPD berbasis Pictorial Riddle pada sub materi Usaha dan Energi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (RD) dengan model 4-D menurut Thiagarajan yang memiliki 4 tahap yaitu: define, design, develop, dan disseminate. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) LKPD berbasis Pictorial Riddle layak digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan nilai CVI sebesar 0,806667 (sangat baik) dan reliabilitas penilaian hasil LKPD dengan nilai PA sebesar 94% (reliabel). Serta nilai respon peserta didik terhadap LKPD sebesar 4,15 (baik) dan (2) besar peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik ditunjukkan dengan oleh nilai standard gain gsebesar 0,59 (sedang). Kata kunci: LKPD, Pictorial Riddle, kemampuan berpikir kritis, Usaha dan Energi   ABSTRACT This researchis aimed to: (1) produced LKPD based on Pictorial Riddle to increase critical thinking skills for Senior High School students and (2) knew about the increasing of critical thinking ability for students which are using LKPD based on Pictorial Riddle on Work and Energy subject lecture.This research is developing research with 4-D modelreferring Thiagarajan that has 4 phases which is define, design, develop, and disseminate. Results show that (1) LKPD based on Pictorial Riddle has been produced. It has suitable to increasing of critical thinking ability with excellent category with CVI’s score 0,80667 and the percentage of agreement of LKPD was 94% which is reliable, and student response with score 4,51 (good) and (2) the increasing of critical thinking ability was indicated by standard value g which is 0,59 (average). Keywords: LKPD, Pictorial Riddle, critical thinking ability, Work and Energy
PENGEMBANGAN MEDIA POWERPOINT TERINTEGRASI PHET UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI GRAFIK DAN REPRESENTASI MATEMATIS PESERTA DIDIK Handika Setya Darma; Suparwoto Suparwoto
Jurnal Pendidikan Fisika Vol 9, No 2 (2022): Jurnal Pendidikan Fisika
Publisher : Universitas negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan media pembelajaran berupa PowerPoint terintegrasi PhET yang layak untuk meningkatkan kemampuan representasi grafik dan representasi matematis peserta didik; (2) mengetahui peningkatan kemampuan representasi grafik peserta dan kemampuan representasi matematis peserta didik setelah melalui proses pembelajaran menggunakan PowerPoint terintegrasi PhET  (3) mendeskripsikan keefektifan pembelajaran memaanfaatkan media powerpoint terintegrasi PhET dalam meningkatkan kemampuan representasi grafik dan representasi matematis peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitan dan pengembangan (RD) dengan model 4D. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) produk media pembelajaran PowerPoint terintegrasi PhET layak digunakan dalam pembelajaran fisika dengan kategori sangat baik. 2) implementasi media dalam pembelajaran  mampu meningkatkan kemampuan representasi grafik peserta didik dengan standard gain 0,65 yang termasuk dalam kategori sedang, sedangkan peningkatan kemampuan representasi matematis peserta didik dengan standard gain 0,78 yang termasuk dalam kategori tinggi, 3) terdapat perbedaan peningkatan kemampuan representasi grafik dan representasi matematis peserta didik antara kelas eksperimen dan kelas kontrol yang dibuktikan dengan hasil uji manova, dimana nilai sig. yang diperoleh lebih kecil dari 0,05 (0,0000,05), dan nilai  ES nya 0,52 pada kemampuan representasi matematis dalam kategori sedang, lalu 1,12 pada kemampuan representasi grafik dalam kategori tinggi sehingga media yang dikembangkan efektif digunakan pada materi pokok gerak harmonis sederhana.
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS GUIDED DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMAMPUAN KERJA SAMA PESERTA DIDIK Dyah Putri Hutami , Yusman Wiyatmo
Jurnal Pendidikan Fisika Vol 7, No 1 (2018): Jurusan Pendidikan Fisika
Publisher : Universitas negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan perangkat pembelajaran fisika berbasis guided discovery learning yang layak digunakan dalam pembelajaran dan (2) mengetahui peningkatan pemahaman konsep dan kemampuan kerja sama peserta didik yang menggunakan perangkat pembelajaran berbasis guided discovery learning. Penelitian ini menggunakan metode R D dengan model 4D yang terdiri dari tahap (1) define (analisis kebutuhan pembelajaran), (2) design (perancangan produk), (3) develop (penilain produk, uji coba produk, dan revisi produk), dan (4) dessiminate (penyebarluasan produk akhir). Produk yang dikembangkan berupa RPP, LKPD, tes pemahaman konsep, dan lembar observasi kemampuan kerja sama. Uji coba produk dilakukan pada peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 1 Srandakan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) perangkat pembelajaran yang dihasilkan layak digunakan dalam pembelajaran fisika dengan kategori sangat baik, (2) peningkatan pemahaman konsep peserta didik setelah menggunakan perangkat pembelajaran berbasis guided discovery learning adalah sedang (〈g〉=0,6), serta peningkatan kemampuan kerja sama adalah tinggi (〈g〉=0,9). Kata kunci: perangkat pembelajaran fisika, guided discovery learning, pemahaman konsep, kemampuan kerja sama Abstract This research aimed to: (1) producephysics learning material based on guided discovery learning which is reasonable for learning process and (2) determine the improvement of student’s concept understanding and determine student’s cooperation skill who studied usingphysicslearning material based on guided discovery learning. This research uses R D methodes with 4D models that consist of (1) define (learning need analysis), (2) design (designing the product), (3) develop (product appraisal, product field testing, and product revising), dan (4) dessiminate (dessiminating the final product). Product field testing was done on SMA Negeri 1 Srandakan with XI IPA students as the research subject. The result of this research show that: (1) the physics learning material is reasonable in very good category, (2) the improvement of student’s concept understandingin medium category (〈g〉=0,6), and the improvement of student’s cooperation skill in high category (〈g〉=0,9). Keywords: physics learning material, guided discovery learning,concept understanding, cooperation skill
PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS SIBI PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG SEBAGAI MEDIA BELAJAR MANDIRI UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PADA PESERTA DIDIK TUNARUNGU DEVOLEPMENT OF PHYSICS LEARNING VIDEO BASED ON SIBI ON SUBJECT MATTER OF VIBRATIONS AND WAVES AS SELF LEARNING MEDIA TO INCREASE THE LEARNING PHYSICS INTEREST FOR DEAF STUDENTS asri setyaningrum asri setyaningrum; yusman wiyatmo yusman wiyatmo
Jurnal Pendidikan Fisika Vol 5, No 1 (2016): Jurnal Pendidikan Fisika
Publisher : Universitas negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Intisari- Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan produk video pembelajaran fisika berbasis SIBI pada materi getaran dan gelombang yang layak sebagai media belajar mandiri, dan (2) mengetahui peningkatkan minat belajar fisika peserta didik tunarungu terhadap video pembelajaran materi getaran dan gelombang berbasis SIBI.Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (RD) dengan model 4-D menurut Thiagarajan dan Semmel (1974:5). Tahap define merupakan tahap awal untuk mendefinisikan permasalahan. Tahap design dilakukan dengan mengembangkan rancangan awal video pembelajaran fisika berbasis SIBI dan instrumen penelitian. Tahap develope dilakukan untuk menghasilkan video pembelajaran fisika berbasis SIBI yang layak serta untuk mengetahui peningkatan minat belajar peserta didik tunarungu. Kelayakan video pembelajaran dilihat dari skor validitas CVI hasil validasi oleh validator, skor CVI hasil respon peserta didik serta skor reliabilitas PA. Peningkatan minat belajar pada peserta didik tunarungu dilihat dari hasil pengisian angket minat belajar sebelum dan setelah penayangan video. Tahap disseminate dilakukan untuk penyebaran video pembelajaran fisika berbasis SIBI dalam skala yang luas.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) video pembelajaran fisika berbasis SIBI layak digunakan untuk pembelajarn fisika pada peserta didik tunarungu dan memperoleh kategori sangat baik dilihat dari analisis validitas CVI yang memperoleh nilai sebesar 0,96 (sangat baik) dan hasil respons peserta didik yang memperoleh CVI 0,6 (sangat baik), serta reliabel menurut PA rata-rata nilai PA 95,6%, (2) peningkatan minat belajar peserta didik sebelum dan setelah penayangan video pembelajaran fisika berbasis SIBI memiliki nilai standard gain 0,001 dengan kategori rendah.Kata-Kata Kunci: Video Pembelajaran, Getaran dan Gelombang, SIBI, TunarunguAbstract- This research is aimed to: (1) produce a feasible physics video learning based on SIBI on subject matter of vibration and wave as self-learning media, and (2) know the enhancement in learning physics interest in deaf student with physics learning video based on SIBI on subject matter vibration and wave. The method of this research is Research and Development with 4-D model (Define, Design, Develop, and Disseminate) by Thiagarajan and Semmel (1974: 5). Define stage is an initial stage to define the problem. Design stage is done by developing a preliminary design of physics video learning based on SIBI and research instruments. Develop stage is aimed to produce the feasible physics video learning based on SIBI and to know the increased in learning physics interest. Feasibility of physics video learning was taken from CVI validity score from validator, CVI score from student’s response and PA reliability. The enhancement in learning physics interest was taken from students questionnaires before and after presenting the video. Disseminate stage is done by publishing the physics learning video in a higher scale.The results of this research shows that: (1) Physics learning video based on SIBI is feasible based on CVI score of validation 0,96 (very good), CVI score of students response 0,6 (very good), and reliable based on percentage of agreement with the average score of PA was 95,6%, (2) The enhancement in physics learning interest before and after presenting the physics learning video had standard gain value 0.001 (low).Keywords: Learning Video, Vibration and Wave, SIBI, Deaf

Page 1 of 17 | Total Record : 169