Jurnal Pendidikan Fisika
Vol 8, No 2 (2021): Jurnal Pendidikan Fisika

PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS MACROMEDIA FLASH 8 UNTUK PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA

M Irham Hafiza (Universitas Negeri Yogyakarta)
Yusman Wiyatmo (Universitas Negeri Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2021

Abstract

Abstrak- Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui cara mengembangkan multimedia pembelajaran berbasis Macromedia Flash 8 yang layak, (2) Menghasilkan multimedia pembelajaran berbasis Macromedia Flash 8 yang layak, dan (3) Mengetahui hubungan antara komponen variabel dalam respon pembelajaran dalam implementasi penggunaan multimedia yang telah dikembangkan dan mengetahui variabel yang menjadi predictor ketertarikan peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan 4-D model. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Proses pengembangan produk ini diawali dengan tahap analisis awal lalu menyusun multimedia pembelajaran berdasarkan pada storyboard. Setelah itu, multimedia dinilai kelayakannya oleh dosen ahli dan pendidik fisika. Multimedia yang telah dinilai lalu diperbaiki sesuai dengan saran yang telah diberikan, (2) Penelitian ini telah menghasilkan produk multimedia pembelajaran berbasis Macromedia Flash 8 yang layak digunakan dalam pembelajaran, dan (3) Aspek-aspek respon pembelajaran peserta didik yang diukur diketahui saling mempengaruhi secara signifikan. Secara tak langsung aspek bahasa mampu mambantu pemahaman materi sehingga menjadi sebab ketertarikan terhadap pemanfaatan media.Kata-Kata Kunci: multimedia pembelajaran, pendekatan saintifik, Macromedia Flash

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

pfisika

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Jurnal Pendidikan Fisika merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Fisika, Departemen Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal ini menerbitkan karya ilmiah atau artikel dari hasil penelitian bidang pendidikan fisika. ...