Abstrak- Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui cara mengembangkan multimedia pembelajaran berbasis Macromedia Flash 8 yang layak, (2) Menghasilkan multimedia pembelajaran berbasis Macromedia Flash 8 yang layak, dan (3) Mengetahui hubungan antara komponen variabel dalam respon pembelajaran dalam implementasi penggunaan multimedia yang telah dikembangkan dan mengetahui variabel yang menjadi predictor ketertarikan peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan 4-D model. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Proses pengembangan produk ini diawali dengan tahap analisis awal lalu menyusun multimedia pembelajaran berdasarkan pada storyboard. Setelah itu, multimedia dinilai kelayakannya oleh dosen ahli dan pendidik fisika. Multimedia yang telah dinilai lalu diperbaiki sesuai dengan saran yang telah diberikan, (2) Penelitian ini telah menghasilkan produk multimedia pembelajaran berbasis Macromedia Flash 8 yang layak digunakan dalam pembelajaran, dan (3) Aspek-aspek respon pembelajaran peserta didik yang diukur diketahui saling mempengaruhi secara signifikan. Secara tak langsung aspek bahasa mampu mambantu pemahaman materi sehingga menjadi sebab ketertarikan terhadap pemanfaatan media.Kata-Kata Kunci: multimedia pembelajaran, pendekatan saintifik, Macromedia Flash
Copyrights © 2021