Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menghasilkan media pembelajaran software interactive physics yang layak untuk meningkatkan minat belajar dan penguasaan materi, 2) mengetahui kategori peningkatan minat belajar dan penguasaan materi peserta didik setelah menggunakan media pembelajaran software interactive physics, dan 3) mengetahui keefektifan media pembelajaran software interactive physics pada materi Gerak Harmonik Sederhana dalam meningkatkan minat belajar dan penguasaan materi peserta didik kelas X SMA. Desain penelitian yang digunakan adalah RD dengan model 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Subjek penelitiannya adalah peserta didik kelas X SMA Negeri yang berlokasi di Sleman. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, angket, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Simpangan Baku Ideal (), indeks Aiken V, Percentage of Agreement (PA), normalized gain, Interjudge Agreement (IJA), program QUEST, serta uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) media pembelajaran software interactive physics layak digunakan dalam pembelajaran fisika pada materi Gerak Harmonik Sederhana dengan rata-rata penilaian sebesar 4,92 dalam kategori sangat baik, 2) media yang dikembangkan mampu meningkatkan minat belajar dan penguasaan peserta didik yang ditunjukkan melalui skor normalized gain berturut-turut sebesar 0,57 dan 0,59 dengan kategori sedang, dan 3) media pembelajaran software interactive physics efektif digunakan pada materi pokok Gerak Harmonik Sederhana.Kata Kunci: gerak harmonik sederhana, media pembelajaran, minat belajar, penguasaan materi, dan software interactive physics.
Copyrights © 2023