Lentera : Jurnal Kajian Bidang Pendidikan dan Pembelajaran
Vol. 3 No. 2 (2023): Desember

Implementasi Pendidikan Karakter dalam Membina Kedisiplinan Peserta Didik di Era Digital

Indri Pebriani (Universitas Pasundan)
Dadang Mulyana (Universitas Pasundan)
Cahyono Cahyono (Universitas Pasundan)



Article Info

Publish Date
13 Aug 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui implementasi pendidikan karakter melalui mata pelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan dalam membina kedisiplinan peserta didik diera digital. Latar belakang penelitian didasarkan kecemasan yang dialami penulis tentang rendahnya moralitas peserta didik diera digital sehingga menimbulkan penyimpangan. Pemanfaatan teknologi dengan baik ialah kunci keberhasilan pendidikan karakter. Proses pelaksanaan nilai moral dan nilai agama melalui ilmu pengetahuan dengan tujuan menghasilkan sumber daya manusia berkarakter baik seperti kejujuran, bersama menghormati serta menghargai, mempunyai etika baik. Pembentukan kepribadian seorang bisa diakibatkan beberapa aspek diantaranya keluarga, sekolah, serta lingkungan dan keadaan psikologis pada seorang remaja psikolog cenderung tidak stabil dalam penelitian ini memakai metode kualitatif dengan perolehan informasi melalui observasi, wawancara, serta dokumentasi. Penelitian ini menampilkan sebagian perihal antara lain Implementasi nilai pendidikan karakter dalam pembinaan disiplin peserta didik, Kedudukan mata pelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan dalam implementasi nilai pendidikan karakter peserta didik, nilai pendidikan karakter diera digital. peran beberapa pihak pengaruhi keberhasilan dalam mewujudkan nilai Pendidikan karakter.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

lentera

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Lentera : Jurnal Kajian Bidang Pendidikan dan Pembelajaran menerbitkan beragam riset dari para ilmuwan, dosen, peneliti, guru, mahasiswa, dan para praktisi pendidikan. Naskah yang diterbitkan mencakup isu aktual dan problem terbaru tentang proses pembelajaran, desain pembelajaran, manajemen kelas, ...