Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kegiatan tadarus pagi siswa kelas V di SD Muhammadiyah Se-Kecamatan Kasihan Bantul, Penelitian ini berjenis penelitian kuantitatif dengan metode survey. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Hasil penelitian yaitu (1) tingkat kegiatan tadarus pagi siswa dilihat dari Mean (M) 73,82 yang berada di kelas interval 70,8 ≤ X < 80,4 termasuk dalam kategori tinggi dengan presentase sebesar 33%; (2) tingkat kesiapan belajar siswa dilihat dari Mean (M) 84,15 yang berada di kelas interval 82,2 ≤ X < 90,6 termasuk dalam kategori tinggi dengan presentase sebesar 25%; (3) ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kegiatan tadarus pagi terhadap kesiapan belajar dengan dibuktikan bahwa t hitung = 5,796 sehingga Sig = 0,000 dengan t tabel = 2,000 dimana t hitung > t tabel, 5,796 > 2,000. Variabel bebas secara bersama-sama mempengaruhi variabel terikat sebesar 36,7% sisanya sebesar 63,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model penelitian.
Copyrights © 2021