Melior : Jurnal Riset Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia
Vol. 1 No. 2 (2021): November

Penerapan Permainan Pesan Rahasia Terhadap Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di TK Katolik Wignya Mandala Tumpang

M. E. Putri Ayu Lestari Legowo (Universitas PGRI Kanjuruhan Malang)
Henni Anggraini (Universitas PGRI Kanjuruhan Malang)
Rina Wijayanti (Universitas PGRI Kanjuruhan Malang)



Article Info

Publish Date
29 Nov 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan permainan pesan rahasia terhadap perkembangan kemampuan kognitif anak usia 5 – 6 tahun di TK Katolik Wignya Mandala Tumpang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subyek penelitian yang digunakan yaitu Cluster Sampling, dan subjek penelitiannya yaitu anak usia 5-6 tahun TK Katolik Wignya Mandala Tumpang berjumlah 15 anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan permainan pesan rahasia terhadap kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun di TK Katolik Wignya Mandala Tumpang dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil penelitian yang menunjukkan bahwa siklus I pertemuan pertama 59%, pertemuan kedua meningkat menjadi 63,98%, siklus ke II pertemuan pertama meningkat menjadi 71%. Pertemuan kedua meningkat menjadi 90,32%, maka terjadi peningkatan persentase kemampuan kognitif dalam penerapan permainan pesan rahasia pada setiap siklus. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan permainan pesan rahasia dapat meningkatkan kemampuan kognitif.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

melior

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Melior : Jurnal Riset Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia memfokuskan untuk menerima riset-risetnya di bidang pendidikan dan pembelajaran. Jurnal ini didirikan dengan dasar bahwa para peneliti memiliki tanggung jawab untuk meningkatkan pendidikan dan pembelajaran menjadi lebih baik dari situasi ...