Melior : Jurnal Riset Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia
Vol. 3 No. 1 (2023): Mei

Peningkatan Keaktifan Belajar Peserta Didik Melalui Model Discovery Learning Pada Mata Pelajaran PPKn

Yose Ari Nopianur (Universitas Sriwijaya)
Sri Artati Waluyati (Universitas Sriwijaya)
Ardiansyah Saputra (Sekolah Menengah Pertama Negeri 10 Palembang)



Article Info

Publish Date
31 May 2023

Abstract

Penelitian ini di lakukan karena kurangnya keterlibatan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Hal ini terjadi sebagai akibat dari guru yang terus menggunakan metode ceramah di dalam kelas dan juga kurangnya penggunaan media pembelajaran maupun teknologi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan partisipasi peserta didik dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Model pembelajaran yang digunakan pada penelitian tindakan kelas ini ialah discovery leraning yang dilakukan dalam 2 siklus. Setiap siklus diselesaikan dalam dua kali pertemuan dan meliputi empat proses perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. 34 peserta didik kelas VII.6 SMP Negeri 10 Palembang dijadikan sebagai subjek penelitian. Observasi, pendokumentasian, dan pengujian digunakan sebagai metode pengumpulan data. Rata-rata hasil aktivitas peserta didik menurut penelitian pra siklus adalah 42,55%, dibandingkan pada siklus I sebesar 63,50% dan meningkat sebesar 83,50% pada siklus II. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan keaktifan peserta didik di kelas pada materi penerapan kerjasama dan gotong royong.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

melior

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Melior : Jurnal Riset Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia memfokuskan untuk menerima riset-risetnya di bidang pendidikan dan pembelajaran. Jurnal ini didirikan dengan dasar bahwa para peneliti memiliki tanggung jawab untuk meningkatkan pendidikan dan pembelajaran menjadi lebih baik dari situasi ...