Penelitian ini di lakukan karena kurangnya keterlibatan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Hal ini terjadi sebagai akibat dari guru yang terus menggunakan metode ceramah di dalam kelas dan juga kurangnya penggunaan media pembelajaran maupun teknologi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan partisipasi peserta didik dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Model pembelajaran yang digunakan pada penelitian tindakan kelas ini ialah discovery leraning yang dilakukan dalam 2 siklus. Setiap siklus diselesaikan dalam dua kali pertemuan dan meliputi empat proses perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. 34 peserta didik kelas VII.6 SMP Negeri 10 Palembang dijadikan sebagai subjek penelitian. Observasi, pendokumentasian, dan pengujian digunakan sebagai metode pengumpulan data. Rata-rata hasil aktivitas peserta didik menurut penelitian pra siklus adalah 42,55%, dibandingkan pada siklus I sebesar 63,50% dan meningkat sebesar 83,50% pada siklus II. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan keaktifan peserta didik di kelas pada materi penerapan kerjasama dan gotong royong.
Copyrights © 2023