Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan upaya menerapkan media pembelajaran dalam rangka untuk meningkatkan minat belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data didasarkan pada sumber literatur dan pengamatan. Data dianalisis dengan pembacaan teks dan memberi pemahaman baru dari teks tersebut terkait. Hasil penelitian yang ditemukan, pertama kegiatan pembelajaran menggunakan media berupa video dan power point yang menarik yang dapat mempermudah proses belajar mengajar serta kegiatan pembelajaran lebih terarah dan berjalan secara efektif dan efisien. Kedua, cara merancang media yang efektif dan efisien dalam pencapaian tujuan pembelajaran yaitu: (1) media harus dirancang sederhana mungkin sehingga jelas dan mudah dipahami oleh siswa; (2) media hendaknya dirancang sesuai dengan pokok bahasan yang akan diajarkan; (3) media hendaknya dirancang tidak terlalu rumit dan tidak membuat anakanak menjadi bingung; (4) media hendaknya dirancang dengan bahan-bahan sederhana, tetapi tidak mengurangi makna dan fungsi media itu sendiri; (5) media dapat dirancang dalam bentuk model, gambar, bagan berstruktur.
Copyrights © 2022