Wistara: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra
Vol 2 No 2 (2021): Wistara: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra

MODEL INDUKTIF DALAM PEMBELAJARAN APRESIASI PUISI DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS X SMK DHARMA PERTIWI KAB BANDUNG BARAT

Nia Kurniasih (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Sep 2019

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa kelas X dalam apresiasi puisi (membaca) dan menulis puisi. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam apresiasi puisi (membaca) dan menulis puisi adalah model Induktif. Secara umum, penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan 1) Kemampuan siswa dalam (apresiasi puisi) membaca dan menulis puisi sebelum dan sesudah menggunakan model Induktif pada kelompok eksperimen, 2) Kemampuan siswa dalam apresiasi puisi (membaca) dan menulis puisi tanpa menggunakan model Induktif pada kelompok kontrol, dan 3) perbedaan yang signifikan antara kemampuan apresiasi puisi (membaca) dan menulis puisi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Penelitian ini menggunakan metode campuran dengan desain penelitian control group pretest-postest. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Dharma Pertiwi Bandung Barat. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan sampel penelitian kelas X OTKP 2 dan X TKJ. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan teknik tes. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada kelompok eksperimen setelah diberi perlakuan model Induktif. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata prates kemampuan apresiasi puisi (membaca puisi) untuk kelompok eksperimen sebesar 42 dan kemampuan menulis puisi sebesar 54 Sedangkan nilai rata-rata pascates kemampuan apresiasi puisi (membaca puisi) untuk kelompok eksperimen sebesar 80 dan kemampuan meunulis puisi sebesar 82. Data hasil prates dan pascates kelompok eksperimen maupun kelompok kontrol berdistribusi normal dan bersifat homogen dengan tingkat signifikansi sebesar 95%. Berdasarkan hasil penghitungan dapat disimpukan bahwa model Induktif dapat meningkatkan kemampuan apresiasi puisi dalam hal ini membaca puisi yang berdampak pada kemampuan menulis puisi.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

wistara

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Wistara: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, berisi artikel dan/atau laporan hasil penelitian, kajian (teori maupun aplikasi), dan bahasan kepustakaan berkaitan dengan bidang bahasa, sastra, serta ...