cover
Contact Name
R. Panca Pertiwi Hidayati
Contact Email
wistara.unpas@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
wistara.unpas@gmail.com
Editorial Address
Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia, Program Pascasarjana, Universitas Pasundan Bandung, Jl. Sumatera No. 41 Bandung
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Wistara: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra
Published by Universitas Pasundan
ISSN : -     EISSN : 27223159     DOI : https://doi.org/10.23969/wistara
Core Subject : Education,
Wistara: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, berisi artikel dan/atau laporan hasil penelitian, kajian (teori maupun aplikasi), dan bahasan kepustakaan berkaitan dengan bidang bahasa, sastra, serta pengajarannya
Articles 71 Documents
STRUKTURAL BERORIENTASI NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA KUMPULAN CERPEN PILIHAN KOMPAS 2017 SERTA RELEVANSINYA DENGAN MATERI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA Dwi Indah Febriya
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Vol 2 No 2 (2021): Wistara: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra
Publisher : Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia, Program Pascasarjana, Universitas Pasundan Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kumpulan Cerpen Pilihan Kompas 2017 bisa dijadikan salah satu referensi pembelajaran cerpen di SMA karena di dalam Kumpulan Cerpen Pilihan Kompas 2017 terdapat beberapa jenis cerpen dari berbagai pengarang. Penelitian terhadap cerpen perlu sekali dilakukan mengingat pentingnya pemahaman terhadap seluk beluk isi cerpen bagi pembaca yang banyak mengandung manfaat terhadap aspek pembelajaran sastra. Tujuan penelitian ini untuk mengkaji struktural berorientasi nilai pendidikan karakter yang terkandung di dalamnya, selanjutnya hasil penelitian tersebut akan ditinjau pula kesesuaiannya sebagai alternatif bahan ajar apresiasi sastra di SMA berdasarkan tuntutan Kurikulum 2013 Revisi 2017 yang kini tengah diimplementasikan secara nasional. Penelitian menggunakan metode deskriptif analisis. Berikut temuan dalam penulisan tesis ini, yaitu (1) kajian struktural yaitu mengkaji unsur intrinsik tokoh dan penokohan dalam Kumpulan Cerpen Pilihan Kompas 2017, (2) nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam Kumpulan Cerpen Pilihan Kompas 2017 yang meliputi religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas. Selanjutnya hasil penelitian ditinjau kesesuaiannya sebagai alternatif bahan ajar apresiasi sastra di SMA berdasarkan tuntutan Kurikulum 2013 Revisi 2017 yang kini tengah diimplementasikan secara nasional.
MODEL INDUKTIF DALAM PEMBELAJARAN APRESIASI PUISI DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS X SMK DHARMA PERTIWI KAB BANDUNG BARAT Nia Kurniasih
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Vol 2 No 2 (2021): Wistara: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra
Publisher : Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia, Program Pascasarjana, Universitas Pasundan Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa kelas X dalam apresiasi puisi (membaca) dan menulis puisi. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam apresiasi puisi (membaca) dan menulis puisi adalah model Induktif. Secara umum, penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan 1) Kemampuan siswa dalam (apresiasi puisi) membaca dan menulis puisi sebelum dan sesudah menggunakan model Induktif pada kelompok eksperimen, 2) Kemampuan siswa dalam apresiasi puisi (membaca) dan menulis puisi tanpa menggunakan model Induktif pada kelompok kontrol, dan 3) perbedaan yang signifikan antara kemampuan apresiasi puisi (membaca) dan menulis puisi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Penelitian ini menggunakan metode campuran dengan desain penelitian control group pretest-postest. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Dharma Pertiwi Bandung Barat. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan sampel penelitian kelas X OTKP 2 dan X TKJ. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan teknik tes. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada kelompok eksperimen setelah diberi perlakuan model Induktif. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata prates kemampuan apresiasi puisi (membaca puisi) untuk kelompok eksperimen sebesar 42 dan kemampuan menulis puisi sebesar 54 Sedangkan nilai rata-rata pascates kemampuan apresiasi puisi (membaca puisi) untuk kelompok eksperimen sebesar 80 dan kemampuan meunulis puisi sebesar 82. Data hasil prates dan pascates kelompok eksperimen maupun kelompok kontrol berdistribusi normal dan bersifat homogen dengan tingkat signifikansi sebesar 95%. Berdasarkan hasil penghitungan dapat disimpukan bahwa model Induktif dapat meningkatkan kemampuan apresiasi puisi dalam hal ini membaca puisi yang berdampak pada kemampuan menulis puisi.
PEMBELAJARAN MENULIS TEKS RESENSI DENGAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) UNTUK PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 JALANCAGAK Frezzalia Nurina
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Vol 2 No 2 (2021): Wistara: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra
Publisher : Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia, Program Pascasarjana, Universitas Pasundan Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Model Project Based Learning merupakan sebuah model pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada peserta didik dalam membangun pengetahuannya sendiri melalui interaksi dengan temannya dalam menuangkan daya berpikirnya untuk menyelesaikan proyek yang ditugaskan. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis teks resensi cerpen, perbedaan signifikansi kemampuan menulis teks resensi cerpen, peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik dan perbedaan signifikansi kemampuan berpikir kritis peserta didik. Penelitian dilakukan terhadap sampel dua kelas. Satu kelas pembandingnya merupakan kelas yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Penelitian ini menerapkan metode campuran (mix method). Instrumen yang digunakan berupa lembar soal menulis teks resensi cerpen, lembar observasi aktivitas dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) terjadi peningkatan kemampuan menulis teks resensi cerpen dengan peningkatan kemampuan menulis teks resensi cerpen lebih tinggi pada kelas eksperimen yang menerapkan model Project Based Learning dibandingkan kelas kontrol yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan selisih rata-rata sebesar 5,38, 2) terdapat perbedaan signifikan terhadap kemampuan menulis teks resensi cerpen dengan signifikansi lebih baik terhadap kelas eksperimen dengan nilai signifikansi 0,007< 0,05 batas nilai signifikan, 3) peningkatan kemampuan berpikir kritis terjadi lebih baik pada kelas eksperimen dibandingkan kelas kontrol dengan selisih nilai rata-rata sebesar 4,84, 4) perbedaan yang signfikan terjadi dalam hal kemampuan berpikir kritis antara kedua kelas, selisih rata-rata kelas eksperimen sebesar 9,45 sedangkan kelas kontrol sebesar 4,61 dengan nilai signifikansi yang diperoleh sebesar 0,000 < 0,05. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 pembelajaran model Project Based Learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik lebih baik dibandingkan model yang diterapkan pada kelas kontrol.
PENERAPAN MODEL INKUIRI TERENCANA DALAM PEMBELAJARAN MENGANALISIS TEKS EKSPOSISI DAN DAMPAKNYA TERHADAP PENINGKATAN BERPIKIR KRITIS PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 4 TASIKMALAYA TAHUN PELAJARAN 2017/2018 Yuli Puspitasari
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Vol 2 No 2 (2021): Wistara: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra
Publisher : Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia, Program Pascasarjana, Universitas Pasundan Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Membaca adalah suatu kegiatan untuk mengolah informasi dan pengalaman yang telah dipunyai sebelumnya dalam proses belajar. Model inkuiri terencana, merupakan salah satu bentuk model pembelajaran aktif yang diharapkan dapat meningkatkan kreatifitas dan berpikir kritis siswa dalam mengikuti pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kemampuan siswa dalam menganalisis teks eksposisi sebelum dan sesudah penerapan model inkuiri terencana; mengetahui peningkatan berpikir kritis pada siswa yang menggunakan model inkuiri dengan siswa yang menggunakan model konvensional; membedakan kemampuan berpikir kritis antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Hipotesis yang penulis rumuskan yaitu: 1) Terdapat peningkatan berpikir kritis pada siswa yang menganalisis teks melalui model inkuiri terencana dnegan yang menggunakan model konvensional. 2) Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol pada peningkatan berpikir kritis. Metode penelitian yang digunakan adalah mixed methods dengan menggunakan tipe Eksplorasi Sekuensia.Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggabungkan dua metode yaitu metode kualitatif dan metode kuantitatif secara bersama-sama dalam waktu yang sama. Data kualitatif melalui pengumpulan data penerapan model inkuiri, sedangkan data kuantitatif diperoleh melalui tes kemampuan menganalisis teks eksposisi. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Inkuiri Terencana dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam Pembelajaran Menganalisis Teks Eksposisi dan Dampaknya Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik.
KAJIAN MIMETIK TERHADAP NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL LASKAR PELANGI KARYA ANDREA HIRATA DAN RELEVANSINYA DENGAN TUNTUTAN BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA KURIKULUM 2013 DI SMP N. Tito Saridah
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Vol 2 No 2 (2021): Wistara: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra
Publisher : Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia, Program Pascasarjana, Universitas Pasundan Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimanakah konteks nilai karakter religius, jujur, mandiri dan rasa ingin tahu dalam novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata ditinjau berdasarkan kajian mimetik? 2) Bagaimanakah jenis nilai pendidikan karakter pada unsur intrinsik novel Laskar Pelangi untuk siswa SMP kelas VIII? 3) Bagaimanakah hasil penelitian yang relevan dengan tuntutan bahan ajar bahasa Indonesia Kurikulum 2013 untuk siswa SMP kelas VIII? Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yaitu dengan memberikan gambaran secara faktual dan akurat mengenai fakta-fakta yang berkaitan dengan: aspek kajian mimetik berupa pencerminan, peniruan, dan pembayangan dalam Novel Laskar Pelangi, jenis nilai-nilai pendidikan karakter dalam Novel Laskar Pelangi, kesesuaian hasil analisis kajian mimetik terhadap nilai-nilai pendidikan karakter dalam Novel Laskar Pelangi dengan tuntutan bahan ajar Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 untuk siswa SMP kelas VIII. Dari proses di atas diperoleh data, bahwa setelah dilakukannya analisis terhadap nilai-nilai karakter menggunakan kajian mimetik, Novel Laskar Pelangi layak dijadikan bahan ajar karena nilai-nilai karakter di dalamnya sudah sesuai dengan tuntutan Kompetensi Dasar yang harus dicapai siswa SMP kelas VIII. Novel Laskar Pelangi dijadikan objek penelitian dalam materi teks ulasan. Kesesuaian tersebut telah dibuktikan dengan melakukan wawancara kepada tiga guru Bahasa dan Sastra Indonesia. Hasil wawancara menunjukkan, bahwa nilai-nilai pendidikan karakter dalam Novel Laskar Pelangi sudah relevan dengan tuntutan bahan ajar siswa kelas VIII. Hasil penelitian dapat dijadikan salah satu upaya pembelajaran siswa mengenai nilai-nilai pendidikan karakter dalam Novel.
KAJIAN PRAGMATIK TERHADAP KESANTUNAN BERBAHASA BERBASIS KEARIFAN LOKAL DALAM HARIAN UMUM PALEMBANG POS SEBAGAI UPAYA PENYUSUNAN BAHAN AJAR MENGANALISIS ISI STRUKTUR TEKS NEGOSIASI BAHASA INDONESIA KELAS X DI SMK Aruna Asista
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Vol 2 No 2 (2021): Wistara: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra
Publisher : Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia, Program Pascasarjana, Universitas Pasundan Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Rubrik “Mang Juhai” harian umum Palembang Pos tidak semuanya dapat diterima oleh masyarakat. Hal ini tidak terlepas dengan budaya atau nilai kesantunan yang digunakan masyarakat. Penelitian kesantunan dipandang sebagai pengaitan bahasa dengan jenis tindak tutur yang sesuai dengan konteks sehingga komunikatif. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kajian pragmatik terhadap kesantunan berbahasa berbasis kearifan lokal dalam harian umum palembang pos sebagai upaya penyusunan bahan ajar menganalisis isi struktur teks negosiasi bahasa Indonesia kelas X di SMK. Penelitian menggunakan metode deskriptif analisis. Berikut temuan dalam penulisan tesis ini, yaitu: (1) kajian pragmatik yaitu jenis tindak tutur yang terdapat dalam rubrik “Mang Juhai” harian umum Palembang Pos, yang meliputi lokusi, ilokusi, dan perlokusi, (2) prinsip kesantunan yang digunakan dalam rubrik “Mang Juhai” harian umum Palembang Pos, yang meliputi kearifan, kedermawanan, pujian, kerendahan hati, kesepakatan, dan kesimpatian, (3) nilai kearifan lokal Melayu masyarakat Palembang dalam rubrik “Mang Juhai harian umum Palembang Pos, yang meliputi Nilai Manusia terhadap Pribadi (NMP), Nilai Manusia terhadap Tuhan (NMT), Nilai Manusia terhadap Manusia (NMM), Nilai Manusia terhadap Alam (NMA), Nilai Manusia terhadap Waktu (NMW), dan Nilai Manusia terhadap Lahir-Batin (NMLB) dan (4) hasil kajian pragmatik, prinsip kesantunan berbahasa, dan nilai kearifan lokal Melayu pada rubrik “Mang Juhai” harian umum Palembang Pos selanjutnya dimanfaatkan sebagai modul bahan ajar kebahasaan sesuai Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2016. Setelah melaui tahap validasi, modul dinyatakan layak untuk digunakan dalam kegiatan pengajaran kebahasaan di SMK.
PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI BERORIENTASI MAJAS PERBANDINGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP TULUS KARTIKA BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2018/2019 Mia Widianti
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Vol 2 No 2 (2021): Wistara: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra
Publisher : Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia, Program Pascasarjana, Universitas Pasundan Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penggunan media gambar dalam proses belajar mengajar mempunyai arti penting karena dapat membantu proses pembelajaran yang semakin efektif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) penerapan media gambar dalam pembelajaran menulis puisi berorientasi majas perbandingan, 2) perbedaan peningkatan kemampuan menulis puisi berorientasi majas perbandingan dan berpikir kreatif pada peserta didik kelas VIII SMP Tulus Kartika Bandung dengan penerapan media gambar dibandingkan dengan kelas kontrol, 3) untuk mengetahui perbedaan peningkatan berpikir kreatif peserta didik kelas VIII SMP Tulus Kartika Bandung dengan penerapan media gambar dibandingkan dengan kelas kontrol, 4) untuk mengetahui hubungan antara penerapan media gambar dengan peningkatan kemampuan menulis puisi berorientasi majas perbandingan dan berpikir kreatif peserta didik kelas VIII SMP Tulus Kartika Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif.Desain yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi experiment) dengan model desain kontrol prates dan pascates (matching pretest-posttest control group desain).Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah peserta didik SMP Tulus Kartika Bandung kelas VIII terdiri atas dua kelas, masing-masing berjumlah 43 peserta didik.Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t sampel berpasangan. Berdasarkan hasil analisis data dan pengujian hipotesis, diperoleh kesimpulan bahwa terdapat perbedaan antara kemampuan menulis puisi berorientasi majas perbandingan pada peserta didik kelas eksperimen sebelum dan setelah perlakuan.Begitu pula terdapat perbedaan yang signifikan antara berpikir kreatif pada kelas eksperimen dengan kelas kontrol.Hasil ini menunjukkan pula bahwa media gambar memberikan pengaruh terhadap kemampuan menulis puisi berorientasi majas perbandingan dan berpikir kreatif pada peserta didik kelas VIII SMP Tulus Kartika Bandung.
PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SMPN 2 KALIPUCANG Deden Nursidik
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Vol 2 No 2 (2021): Wistara: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra
Publisher : Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia, Program Pascasarjana, Universitas Pasundan Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada masalah pokok yaitu kemampuan siswa dalam menulis sangat rendah hal ini terlihat dari hasil KKM < 70, rendahnya daya berpikir kritis siswa hal ini terlihat dari respon siswa saat berdisukusi dan pemahaman guru tentang model pembelajaran yang dianggap kurang tepat hal ini terlihat dari guru yang masih menggunakan metode konvensional. Metode penelitian yang digunakan adalah mixed method dengan menggunakan tipe Embedded Design. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu desain penelitian quasi experimental. Quasi experimental yang diterapkan dalam penelitian ini menggunakan desain pretest-posttest pada 60 responden yaitu 30 kelompok eksperimen dan 30 lagi kelompok kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan tingkat kemampuan menulis teks laporan hasil observasi peserta didik yang memperoleh Problem Based Learning dengan kemampuan peserta didik yang memperoleh pembelajaran secara konvensional, terdapat perbedaan tingkat kemampuan berpikir kritis peserta didik yang memperoleh Problem Based Learning lebih baik daripada kemampuan peserta didik yang memperoleh pembelajaran secara konvensional, dan terdapat pengaruh yang signifikan antara kemampuan berpikir kritis peserta didik terhadap kemampuan menulis teks laporan hasil observasi setelah menggunakan model problem based learning, sehingga hipotesis teruji kebenarannya. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam Pembelajaran Menulis Teks Laporan Hasil Observasi dan Dampaknya Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik.
PEMBELAJARAN MENULIS TEKS DRAMA BERORIENTASI PADA KETEPATAN DIKSI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK MTS KARYABAKTI TASIKMALAYA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING Eka Putri
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Vol 2 No 2 (2021): Wistara: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra
Publisher : Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia, Program Pascasarjana, Universitas Pasundan Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan peserta didik dalam pembelajaran menulis teks drama berorientasi pada ketepatan diksi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran project based learning. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII MTS Karyabakti Tasikmalaya. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes berupa lembar soal, lembar observasi, dan angket. Instrumen tersebut dikategorikan valid dan reliabel setelah dianalisis berdasarkan hasil uji coba instrumen dengan uji statistik (uji validitas dan reliabilitas). Perhitungan penelitian ini melalui uji rata-rata kelas pretes dan postes, jumlah nilai kelas pretes dan postes, mengetahui nilai maksimum, nilai minimum, dan menguji hipotesis dengan uji wilcoxson. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan berpikir kreatif meningkat setelah menggunakan model project based learning. Nilai rata-rata pretes sebesar 61.83, dan rata-rata postes sebesar 84.50. Indeks gain kelas eksperimen sebesar 0,71 dengan kategori tinggi sedangkan kelas kontrol sebesar 0,41 dengan kategori sedang. Berdasarkan hasil analisis data dan pengujian hipotesis, diperoleh data test Statistics nilai dari Asymp. Sig (2-tailed) adalah 0,000 atau kurang dari 0,05. Maka dapat diambil simpulan bahwa terdapat peningkatan kemampuan berpikir kreatif peserta didik dalam pembelajaran menulis teks drama berorientasi ketepatan diksi pada peserta didik yang menggunakan model project based learning dengan peserta didik yang menggunakan model direct instruction.
PENGINTEGRASIAN GERAKAN LITERASI SEKOLAH DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PUISI DAN DAMPAKNYA TERHADAP MINAT BACA SISWA SMKN 3 BANDUNG Rina Hergisa
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Vol 2 No 1 (2021): Wistara: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra
Publisher : Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia, Program Pascasarjana, Universitas Pasundan Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pembelajaran membaca puisi terintegrasi dengan budaya Gerakan Literasi Sekolah (GLS) dan dampaknya terhadap minat baca siswa pada kelas X Usaha Perjalanan Wisata (UPW) 1 di SMKN 3 Bandung. Penelitian ini menggunakan metode campuran (mixed method), karena sesuai dengan core characteristic. Subjek penelitian ini sebanyak 30 siswa kelas X UPW 1 SMKN 3 Bandung. Perangkat yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang dilengkapi instrumen tes kemampuan baca puisi, angket minat baca puisi, dan lembar observasi. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh simpulan bahwa RPP terintegrasi GLS yang telah dibuat masuk ke dalam kategori sangat baik, pengintegrasian GLS dalam kegiatan belajar mengajar untuk materi membaca puisi sudah berjalan sangat baik, dan guru yang mengajar sudah sesuai dengan RPP yang telah dirancang. Adapun kemampuan membaca puisi untuk siswa yang dalam pembelajarannya menggunakan pengintegrasian GLS, kategori peningkatannya adalah cukup (84,44%) dibandingkan dengan kelas pembanding yang menggunakan pembelajaran biasa dengan kategori rendah (61,25%). Hal ini dilengkapi dengan data postest berdasarkan hasil pengolahan data kontinum menunjukkan kriteria sangat baik (89%). Selanjutnya, minat baca puisi untuk siswa dengan pengintegrasian GLS dalam kegiatan belajar melalui pengolahan data kontinum menunjukkan kriteria sangat baik (86.30%), dibandingkan kelas pembanding yang hanya masuk ke dalam kriteria cukup (62,66%). Artinya pembelajaran membaca puisi terintegrasi GLS berdampak positif terhadap minat baca siswa.