Adanya program reseller dalam bisnis online memiliki peran sebagai perpanjangan tangan atau fungsi dalam distribusi. Bagian dari aktivitas pengecer adalah promosi produk atau layanan dengan imbalan komisi dari setiap transaksi. Dengan menjamurnya program reseller, RedDoorz Hotel Indonesia menangkap peluang dan menawarkan program reseller resmi untuk memasarkan kamar hotel RedDoorz melalui aplikasi RedSeller. RedDoorz adalah startup berbasis hotel yang berspesialisasi dalam teknologi digital. Berangkat dari fenomena tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan strategi IMC (Integrated Marketing Communication) yang diterapkan dalam menginformasikan dan mempromosikan program reseller kepada masyarakat melalui aplikasi RedSeller. Penelitian ini termasuk kualitatif yang dideskripsikan secara deskriptif. Dalam studi ini, wawancara dikumpulkan melalui metode wawancara terbuka sehingga informan dapat memberikan jawaban atau menanggapi dengan kalimatnya sendiri. Peneliti memilih dua orang informan yang bekerja sebagai Area Manager dan Senior Corporate Sales & Marketing di Red Doorz Hotel Indonesia Area 1 Jawa Timur. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa semua elemen IMC telah dilaksanakan dan berjalan dengan baik, namun beberapa elemen dianggap efektif dan belum berjalan dengan baik. telah diterapkan secara efektif dalam menginformasikan dan mempromosikan program reseller aplikasi RedSeller. Pemasaran langsung, promosi penjualan, periklanan, pemasaran dari mulut ke mulut, dan strategi pemasaran interaktif dianggap efektif. Sedangkan hubungan masyarakat, personal selling, event, dan pengalaman belum efektif.
Copyrights © 2023