The Journal of Business and Management Research
Vol 4 No 1 (2021): ISSN : 2614-4190 - The Journal of Business and Management Research - Januari 2021

ANALISIS KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN KEPERCAYAAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING : STUDI PADA PEMBELI PRODUK MADU BINA MARGA WAMENA

Wahyuni N (Universitas Yapis Papua)
Sulistiowati Sulistiowati (Universitas Yapis Papua)
Muhdi B. Hi. Ibrahim (Universitas Yapis Papua)
Andri Irawan (Universitas Yapis Papua)
Mansur M (Universitas Yapis Papua)
Fachrudin Pasolo (Universitas Yapis Papua)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh antara kualitas produk terhadap kepercayaan konsumen, pengaruh konsumen terhadap keputusan pembelian, pengaruh produk terhadap keputusan pembelian, dan pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian melalui kepercayaan konsumen. Analisis yang akan digunakan penulis adalah kuantitatif, Penentuan jumlah sampel berdasarkan pendapat Ferdinand (2000) menyarankan ukuran sampel yang sesuai untuk alat analisis SEM adalah antara 100-200 responden dengan maksud agar dapat digunakan dalam mengestimasi interpretasi dengan SEM. Dalam penelitian ini peneliti mengambil sampel sebanyak 150 orang. Data analisis dengan menggunakan IBM SPSS AMOS 22 dan Sobel.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1. Kualitas suatu produk mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepercayaan konsumen pada produk madu bina marga Wamena. Jadi semakin baik kualitas suatu produk yang ditawarkan kepada konsumen, maka semakin tinggi pula kepercayaan konsumen.2. Kepercayaan konsumen mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Semakin tinggi kepercayaan konsumen terhadap suatu produk maka dapat dipastikan dapat meningkatkan omset penjualan.3. Kualitas produk mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada Produk Madu Bina Marga Wamena. Semakin berkualitasnya suatu produk maka dapat meningkatkan keputusan pembelian konsumen.4. Kualitas produk Madu Bina Marga Wamena mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian melalui kepercayaan konsumen pada Produk Madu Bina Marga Wamena.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

tjbmr

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

The Journal of Business and Management Research, sebagai sarana dan media untuk mepublikasikan hasil riset dan penelitian ilmu manajemen dibidang manajemen sumber daya manusia, manajemen pemasaran, manajemen keuangan dan manajemen keuangan daerah. Jurnal ini diterbitkan oleh program magister ...