Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri Dalam Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis Pada Kajian Ayat-ayat Al-Qur’an Kelas II Di MIN 1 Sambas Tahun Pelajaran 2021-2022. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: perencanaan model pembelajaran inkuiri, pelaksanaan model pembelajaran inkuiri, hasil belajar pada model pembelajaran inkuiri dalam mata pelajaran Al-Qur’an Hadis pada kajian ayat-ayat Al-Qur’an Hadis kelas II di MIN 1 Sambas tahun pelajaran 2021-2022. Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data mengunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data : Collection Data, Data Reduction (pengurangan data), Data Display (penampilan data), Conclusion Data (menarik kesimpulan). Teknik keabsahan data yang digunakan triangulasi, dan Member check. Hasil penelitian menunjukan bahwa : 1) perencanaan model pembelajaran Inkuiri pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis pada materi kajian ayat-ayat Al-Qur’an kelas II di MIN 1 Sambas tahun pelajaran 2021-2022, pertama guru melakukan orientasi, kedua merumuskan masalah, ketiga mengajukan hipotesis, keempat mengumpulkan data, kelima menguji hipotesis, keenam merumuskan kesimpulan. 2) pelaksanaan model pembelajaran Inkuiri pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis pada materi kajian ayat-ayat Al-Qur’an kelas II di MIN 1 Sambas tahun pelajaran 2021-2022, guru harus terampil memilih masalah yang relevan dan sesuai dengan daya nalar peserta didik, guru juga harus terampil memberikan motivasi belajar dan menciptakan situasi pembelajaran yang menyenangkan/menarik minat peserta didik, tersedianya fasilitas dan sumber belajar yang memadai, kesediaan/kesiapan peserta didik untuk partisipsi aktif dalam belajar. 3) hasil belajar model pembelajaran Inkuiri pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis pada materi kajian ayat-ayat Al-Qur’an kelas II di MIN 1 Sambas tahun pelajaran 2021-2022, guru menyiapkan tiga ranah pembelajaran, ranah kognitif, ranah afektif, dan ranah psikomotorik.
Copyrights © 2023