Lunggi Journal
Vol. 1 No. 4 (2023): Lunggi Journal: Literasi Unggulan Ilmiah Multidisipliner

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DALAM MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIS PADA MATERI KAJIAN AYAT-AYAT AL-QUR’AN KELAS II DI MIN 1 SAMBAS TAHUN PELAJARAN 2021-2022

Momoy Momoy (Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas)
Alkadri Alkadri (Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas)



Article Info

Publish Date
11 Oct 2023

Abstract

Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri Dalam Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis Pada Kajian Ayat-ayat Al-Qur’an Kelas II Di MIN 1 Sambas Tahun Pelajaran 2021-2022. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: perencanaan model pembelajaran inkuiri, pelaksanaan model pembelajaran inkuiri, hasil belajar pada model pembelajaran inkuiri dalam mata pelajaran Al-Qur’an Hadis pada kajian ayat-ayat Al-Qur’an Hadis kelas II di MIN 1 Sambas tahun pelajaran 2021-2022. Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data mengunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data : Collection Data, Data Reduction (pengurangan data), Data Display (penampilan data), Conclusion Data (menarik kesimpulan). Teknik keabsahan data yang digunakan triangulasi, dan Member check. Hasil penelitian menunjukan bahwa : 1) perencanaan model pembelajaran Inkuiri pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis pada materi kajian ayat-ayat Al-Qur’an kelas II di MIN 1 Sambas tahun pelajaran 2021-2022, pertama guru melakukan orientasi, kedua merumuskan masalah, ketiga mengajukan hipotesis, keempat mengumpulkan data, kelima menguji hipotesis, keenam merumuskan kesimpulan. 2) pelaksanaan model pembelajaran Inkuiri pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis pada materi kajian ayat-ayat Al-Qur’an kelas II di MIN 1 Sambas tahun pelajaran 2021-2022, guru harus terampil memilih masalah yang relevan dan sesuai dengan daya nalar peserta didik, guru juga harus terampil memberikan motivasi belajar dan menciptakan situasi pembelajaran yang menyenangkan/menarik minat peserta didik, tersedianya fasilitas dan sumber belajar yang memadai, kesediaan/kesiapan peserta didik untuk partisipsi aktif dalam belajar. 3) hasil belajar model pembelajaran Inkuiri pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis pada materi kajian ayat-ayat Al-Qur’an kelas II di MIN 1 Sambas tahun pelajaran 2021-2022, guru menyiapkan tiga ranah pembelajaran, ranah kognitif, ranah afektif, dan ranah psikomotorik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

lunggi

Publisher

Subject

Humanities Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

The scope of the articles published covers multidisciplinary knowledge groups, including educational knowledge groups such as Islamic Religious Education, Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Early Childhood Islamic Education, Tadris or Indonesian Language Education, Sharia Economic Law, ...