cover
Contact Name
Asman
Contact Email
lunggi@iaisambas.ac.id
Phone
+6281352680407
Journal Mail Official
lunggi@iaisambas.ac.id
Editorial Address
Jl. Raya Sejangkung No.126 (Gedung Rumah Jurnal Ilmiah IAIS Sambas), Sambas, Kalimantan Barat, Indonesia. e-mail: lunggi@iaisambas.ac.id
Location
Kab. sambas,
Kalimantan barat
INDONESIA
Lunggi Journal
ISSN : -     EISSN : 29867916     DOI : https://doi.org/10.37567
The scope of the articles published covers multidisciplinary knowledge groups, including educational knowledge groups such as Islamic Religious Education, Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Early Childhood Islamic Education, Tadris or Indonesian Language Education, Sharia Economic Law, Constitutional Law, Islamic Law, Sharia Economics, Educational Management, Sharia Accounting, Sharia Business Management, Sharia Banking, Islamic Communication and Broadcasting, Islamic Guidance and Counseling, Islamic History and Civilization, and Al-Quran Science and Tafsir, and others.
Articles 60 Documents
PENGARUH RELIGIUSITAS TERHADAP MANAJEMEN STRESS PADA SISWA KELAS IX DI MTs YPAK CIGUGUR Siti Aisah
Lunggi Journal Vol. 1 No. 1 (2023): Lunggi Journal: Literasi Unggulan Ilmiah Multidisipliner
Publisher : Institut Agama Islam Sultan Muhammaad Syafiuddin Sambas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh religiusitas terhadap manajemen stress siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode regresi linier sederhana dengan melakukan uji F dan uji t. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu angket, populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IX di MTs YPAK Cigugur dengan jumlah sampel sebanyak 39 responden (siswa). Analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis data deskriptif. Dari hasil uji regresi linier sederhana, diketahui nilai t hitung = 4.619 > t tabel 2.026 dengan nilai signifikasi 0,000 < 0.05. Oleh karena itu, maka Ho ditolak dan Ha diterima, dengan demikian dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh antara variabel religiusitas (X) terhadap variabel kedisiplinan belajar siswa (Y). Berdasarkan hasil dan analisis data mengenai pengaruh religiusitas terhadap manajemen stress siswa kelas IX di MTs YPAK Cigugur, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh religiusitas terhadap manajemen stress siswa kelas IX di MTs YPAK Cigugur dengan koefisien determinasi atau (R Square) sebesar 0,366, yang berarti bahwa pengaruh religiusitas terhadap variabel manajemen stress siswa hanya sebesar 36,6%, untuk selebihnya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
EFEKTIVITAS MEDIASI SEBAGAI UPAYA MENYELESAIKAN INTERPERSONAL CONFLICT SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI SATU ATAP 1 LANGKAPLANCAR Elis Agustin
Lunggi Journal Vol. 1 No. 1 (2023): Lunggi Journal: Literasi Unggulan Ilmiah Multidisipliner
Publisher : Institut Agama Islam Sultan Muhammaad Syafiuddin Sambas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Konflik antar pribadi (interpersonal conflict) merupakan konflik atau perdebatan yang terjadi antara dua orang atau lebih. Faktor penyebab terjadinya konflik dipengaruhi oleh adanya perbedaan pendapat, persaingan dan perbedaan tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas mediasi sebagai upaya menyelesaikan konflik antar pribadi (interpersonal conflict) siswa di SMP Negeri Satu Atap 1 Langkaplancar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif eksploratif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan observasi, wawancara, studi pustaka dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk interpersonal conflict siswa di SMP Negeri Satu Atap 1 Langkaplancar adalah perilaku yang memicu perkelahian, seperti bercanda yang berlebihan hingga menyebabkan adanya korban yang terluka atau tersakiti, kemudian perkelahian dalam permainan sepak bola atau bola volli. Faktor penyebab terjadinya Interpersonal conflict yaitu akibat sifat usilnya antarsiswa, karakter siswa yang urakan, suka bikin keonaran dan bercanda yang berlebihan baik itu didalam maupun diluar kelas, saat olahraga dan istirahat. Bentuk layanan mediasi yang dilakukan oleh guru bimbingan dan konseling dan pihak sekolah yakni melakukan pertemuan dengan siswa yang sedang berkonflik, mempertemukan kedua pihak, penilaian dan tindak lanjut yang bertujuan untuk membicarakan hasil evaluasi dan memastikan upaya perdamaian diantara pihak-pihak yang terlibat. Efektivitas mediasi dilihat dari kedua segi, baik dari segi penggunaan maupun segi hasil sebagai upaya menyelesaikan interpersonal conflict siswa di SMP Negeri Satu Atap 1 Langkaplancar, pihak sekolah dan guru bimbingan dan konseling behasil membangun kembali hubungan baik antara siswa yang sedang berkonflik.
MEMBANGUN KOMUNIKASI EFEKTIF GURU DAN PESERTA DIDIK DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR DI SMK SAMUDERA BUANA LANGKAPLANCAR Eva Mustikasari; Najmul Umam
Lunggi Journal Vol. 1 No. 1 (2023): Lunggi Journal: Literasi Unggulan Ilmiah Multidisipliner
Publisher : Institut Agama Islam Sultan Muhammaad Syafiuddin Sambas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana Efektivitas komunikasi guru dan peserta didik dalam proses belajar mengajar. komunikasi yang efektif juga berguna untuk mencegah atau mengatasi masalah yang terjadi, apabila bisa membangun komunikasi yang baik maka lawan bicara bisa mengerti apa maksud dibicarakan.. Sehingga tidak menimbulkan adanya masalah atau konflik. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Metode yang di pakai dalam penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif yaitu menggambarkan keadaan objek yang di teliti sesuai data yang didapatkan saat prosespenelitian. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan wawancara dan observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan Reduksi Data, Penyajian Data serta Penarikan Kesimpulan. Uji keabsahan data dalam penelitian ini yaitu uji credibility, transferability, dependability dan confirmability. Hasil pengumpulan data dari penelitian ini bahwa komunikasi antara guru dan peserta didik di SMK Samudera Buana sejauh ini sudah efektif dan sangat membantu untuk kelancaran proses pembelajaran.
PERAN KOMUNIKASI DALAM KONFLIK KURANGNYA TANGGUNG JAWAB ANGGOTA TERHADAP TUGAS DI OSIS MA YPK CIJULANG Sri Cahyani; Siti Rahmawati Ningsih
Lunggi Journal Vol. 1 No. 1 (2023): Lunggi Journal: Literasi Unggulan Ilmiah Multidisipliner
Publisher : Institut Agama Islam Sultan Muhammaad Syafiuddin Sambas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Komunikasi dalam organisasi pada dasarnya merupakan kegiatan internal di dalam organisasi. Namun, dalam prakteknya kegiatan komunikasi dapat melampaui batas organisasi itu sendiri. Seringkali publikasi yang tidak perlu diketahui oleh orang luar organisasi telah menjadi konsumsi publik dan menjadi masalah bagi organisasi. Masalah publik telah menjadi masalah bagi organisasi. Oleh karena itu, komunikasi masalah dalam organisasi menyangkut 2 hal, masalah komunikasi itu sendiri dan masalah organisasi. Konflik dalam suatu organisasi tidak dapat dihindari tetapi dapat dihindari dihilangkan. Konflik dalam organisasi dapat terjadi antara individu dengan individu, kelompok dan konflik individu dan antara kelompok tertentu dengan kelompok lain. Tidak semua konflik berpengaruh negatif dan merugikan organisasi. Konflik yang terkendali dengan baik dapat memberikan manfaat bagi masyarakat Sebaliknya, jika konflik tidak ditangani dengan baik dapat merugikan organisasi kepentingan organisasi. Semua masalah yang timbul dalam organisasi akan segera teratasi diatasi jika komunikasi yang berlangsung dalam organisasi dapat berjalan dengan baik.
MANAJEMEN KONFLIK KEBIJAKAN FUNGSI WAKASEK KESISWAAN DALAM PENGAWASAN KEGIATAN EXTRAKULIKULER DI MTs MA’ARIF AL HUKMAH MEKARSARI Abdul Mu’ti Sobahi; Andi Setiawan
Lunggi Journal Vol. 1 No. 1 (2023): Lunggi Journal: Literasi Unggulan Ilmiah Multidisipliner
Publisher : Institut Agama Islam Sultan Muhammaad Syafiuddin Sambas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pengawasan terhadap suatu program yang di regulasikan oleh lembaga pendidikan di jenjang Madrasah Tsanawiyah, di laksanakan untuk pemantauan program sekolah yang salah satunya adalah program pengembangan bakat extrakulikuler. Program pengembangan bakat tersebut di awasi supaya terealisasi dengan baik dan dapat berdampak maksimal pada peserta didik. Pendekatan kualitatif deskriptif dijadikan sebagai metode penelitian yang di laksanakan di lembaga tersebut, metode penumpulan data di laksanakan dengan metode wawancara terhadap objek penelitian. Pendekatan dalam pengawasan kinerja wakasek kesiswaan dalam mengatasi konflik dalam bidang penyebaran peminatan siswa dalam program extrakulikuler seni dan MTQ. Pengawasan tersebut di tempuh dengan metode manajemen yang terdiri dari tahapan planning, organizing, actuating, dan controlling. Planning dalam penyelesaian konflik tersebut memuat konsepan penyelsaian setiap jenis permasalahan, dan organizing penentuan orang yang mengeksekusi setiap permasalahan sesuai dengan kelahilan dan wewenang yang di amanatkan oleh lembaga. Actuating pelaksanaan dalam segala bentuk konsep yang di rancang, dan controlinh di laksanakan dengan cara observasi dan pengawasan secara langsung ke lapangan di bantu dengan pengecekan di akhir pelaksanaan.
UPAYA GURU MENGATASI KETERLAMBATAN MEMBACA PADA PESERTA DIDIK DI KELAS III MI RAUDHATUL ULUM PARIT SETIA TAHUN PELAJARAN 2018/2019 Dina Kurnia; Adnan Adnan; Yayan Ridwan
Lunggi Journal Vol. 1 No. 1 (2023): Lunggi Journal: Literasi Unggulan Ilmiah Multidisipliner
Publisher : Institut Agama Islam Sultan Muhammaad Syafiuddin Sambas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui upaya Guru dalam mengatasi keterlambatan membaca di Kelas III Madrasah Ibtidaiyah Raudhatul Ulum Parit Setia, yaitu : (a) Upaya guru mengatasi keterlambatan membaca pada peserta didik dengan cara memnberikan dukungan khusus dari ekternal yaitu adanya dorongan dan pengawasan dari orangtua. (b) Cara guru mengatasi keterlambatan membaca pada peserta didik dengan melakukan bimbingan khusus pada peserta didik yang mengalami kesulitan membaca dengan cara bimbingan khusus dari guru seperti les, buku khusus pada peserts didik untuk ditekankan membaca kata demi kata. (c) Faktor faktor pendukung dalam meningkatkan kelancaran membaca pada peserta didik yaitu faktor eksternal yaitu paling penting adanya dukungan pembelajaran dari orangtua dalam meningkatkan motivasi anak untuk belajar membaca.
KETERAMPILAN GURU DALAM PENGELOLAAN KELAS UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN FIKIH KELAS VIIIC DI MTS N 3 SAMBAS TAHUN PELAJARAN 2021/2022 Nur’aini Nur’aini; Hifza Hifza; Saripah Saripah
Lunggi Journal Vol. 1 No. 1 (2023): Lunggi Journal: Literasi Unggulan Ilmiah Multidisipliner
Publisher : Institut Agama Islam Sultan Muhammaad Syafiuddin Sambas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

penelitian ini membahas tentang keterampilan guru dalam pengelolaan kelas untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran pada mata pelajaran fikih kelas VIIIC di MTs N 3 Sambas tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian memiliki tiga tujuan yaitu: 1) Untuk menganalisis keterampilan guru dalam menciptakan kondisi belajar yang optimal untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran fikih kelas VIIIC di MTs N 3 Sambas tahun pelajaran 2021/2022; 2) Untuk menganalisis keterampilan guru dalam mengendalikan kondisi belajar untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran fikih kelas VIIIC di MTs N 3 Sambas tahun pelajaran 2021/2022; dan 3) Untuk mengetahui implikasi keterampilan pengelolaan kelas terhadap efektivitas pembelajaran fikih kelas VIIIC di MTs N 3 Sambas tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian fenomenologi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi dan member check. Hasil penelitian menunjukkann bahwa; (1) Keterampilan guru dalam menciptakan kondisi belajar yang optimal untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran fikih kelas VIIIC di antaranya sikap tanggap, membagi perhatian, dan pemusatan perhatian peserta didik. (2) Keterampilan guru dalam mengendalikan kondisi belajar untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran fikih kelas VIIIC yaitu modifikasi perilaku, pendekatan pemecahan masalah kelompok, dan menemukan dan memecahkan perilaku yang menumbulkan masalah. (3) Implikasi keterampilan pengelolaan kelas terhadap efektivitas pembelajaran fikih kelas VIIIC memengaruhi hasil belajar, minat belajar, iklim belajar, kedisiplinan, dan rasa hormat.
METODE PENANGANAN KONFLIK PENERIMAAN MATERI PEMBELAJARAN DALAM PENYAMPAIAN MATERI SECARA LISAN DI KELAS 6 SEKOLAH DASAR NEGERI 1 MEKARWANGI ALIF SYEKHUL MUNIR; SAMSUL GUNAWA
Lunggi Journal Vol. 1 No. 1 (2023): Lunggi Journal: Literasi Unggulan Ilmiah Multidisipliner
Publisher : Institut Agama Islam Sultan Muhammaad Syafiuddin Sambas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Metode penanggulangan konflik yang dirasakan oleh peserta didik di kelas 6 Sekolah Dasar Negeri 1 Mekarwangi, memiliki tujuan untuk mengatasi konflik yang timbul dari segi penerimaan materi pembelajaran dengan sistem penyampaian materi secara lisan. Metode penelitian yang digunakan dalam penyusunan mini riset ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan pengelolaan data yang bersumber dari wawancara dan dokumentasi penelitian. Metode yang digunakan dalam penanganan konflik tersebut menggunakan metode Human Relation Training, Human Behavior Training, Laboratory Training, dan Achievement Motivation Training. Metode tersebut menjadikan penyampaian materi yang dilakukan oleh guru kelas, semakin bisa dipahami oleh peserta didik dan mengetahui latar belakang permasalahan atas terjadinya konflik tersebut yang dialami oleh peserta didiknya.
MANAJEMEN APLIKASI PENGELOLAAN DATA SISWA DI MADRASAH ALIYAH YPK CIJULANG Muhamad Anjar Yana; D Syamsul Ma’arif
Lunggi Journal Vol. 1 No. 1 (2023): Lunggi Journal: Literasi Unggulan Ilmiah Multidisipliner
Publisher : Institut Agama Islam Sultan Muhammaad Syafiuddin Sambas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Manajemen pengelolaan data siswa di laksankan untuk mengatur tata tertib administrasi di lembaga pendidikan guna kebutuhan administrasi sekolah. Manajemen pengelolaan data siswa menjadi bagian dari ketertiban administrasi sekolah, dalam bidang pengamaman data peserta didik dan penentuan jumlah siswa yang ada di lembaga tersebut. Metode penelitian pada jurnal ini menggunkan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan metode pengumpulan data menggunakan sistem wawancara dan pengamatan dokumentasi. Manajemen pengelolaan data siswa yang menggunakan sebuah aplikasi EMIS (Education Management Information System). Pada tahapan pengelolaan data sisiwa yang di damping oleh perenan manajemen, menghasilkan penertiban secara teratur dalam pengelolaan data peserta didik. Pengelolaan sangat tertatur dan sesuai dengan arahan yang ada dalam juknis penggunaan aplikasi EMIS yang di regulasikan oleh Kementrian Agama dalam bidang pendidikan.
MODEL KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN DI MTS YPK CIJULANG Risa Umami
Lunggi Journal Vol. 1 No. 1 (2023): Lunggi Journal: Literasi Unggulan Ilmiah Multidisipliner
Publisher : Institut Agama Islam Sultan Muhammaad Syafiuddin Sambas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dalam tatanan organisasi, pengambilan keputusan adalah bagian terpenting dalam merencanankan kegiatan. Memungkinkan sebuah pengambilan keputusan berdampak pada menyelesaikan masalah atau malah justru menambah masalah. Lembaga pendidikan adalah salah satu bagian dari unit lembaga yang terorganisir, sehingga terdapat kegiatan pengambilan keputusan yang dilakukan oleh seorang pimpinan lembaga pendidikan sebagai manajer. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara mendalam kepemimpinan kepala sekolah dalam pengambilan keputusan yang dilakukan kepala sekolah di Mts YPK Cijulang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan mengambil latar di Mts YPK Cijulang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara. Analisis data menggunakan model interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dengan ketekunan pengamatan dan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Kepemimpinan kepala sekolah Mts YPK Cijulang tercermin dari perilaku yang cenderung pada melaksanakan tindakan yang selalu menyerap aspirasi bawahan, memberdayakan bawahan agar bekerja secara maksimal, senantiasa memperhatikan kebutuhan bawahan dengan berusaha menciptakan suasana saling percaya, menghargai, simpati, bersahabat, tumbuh pula rasa respek dan hormat diri dari bawahan kepada pimpinannya, sehingga apa yang menjadi tugas merupakan hasil keputusan bersama dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. Pengambilan keputusan yang dilakukan kepala sekolah dapat dilihat dari proses tahapan yang dilakukan, yaitu melalui kegiatan identifikasi awal, merumuskan tujuan, alternatif solusi, menentukan kriteria pemilihan solusi, dan implementasi keputusan. Dalam tataran proses, pengambilan keputusan dilakukan dengan mengundang kehadiran guru selanjutnya memaparkan permasalahan terkait dengan keputusan yang akan diambil. Pertimbangan dalam pengambilan keputusan, antara lain mencakup keterbatasan waktu, kondisi cuaca, geografis, dan jumlah partisipan. Implementasi pengambilan keputusan dilaksanakan melalui legalisasi keputusan, rancangan operasional, pengawasan, dan evaluasi. Sosialisasi keputusan kepala sekolah dijelaskan secara terbuka kepada seluruh komponen stakeholder sekolah untuk dapat dilaksanakan sesuai rencana.