Jurnal PGSD Uniga
Vol 1, No 2 (2022): JURNAL PGSD UNIGA

Efektivitas Implementasi Pembelajaran Inkuiri Berbasis Kearifan Lokal terhadap Hasil Belajar Siswa

Shinta Purnamasari, S.Pd., M.Pd. (Universtias Garut)
Rapa Wardah (Universitas Garut)
Tasa Diah (Universitas Garut)



Article Info

Publish Date
27 Aug 2022

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas implementasi model pembelajaran inkuri berbasis kearifan lokal terhadap hasil belajar siswa. Metode penelitian ini menggunakan literature riview atau kajian pustaka dengan 4 langkah literature review. Terdiri dari 7 artikel utama yang terbit dari tahun 2017 sampai 2021 dan dipublikasikan pada berbagai jurnal nasional menjadi bahan kajian Pustaka atau literature review. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan model pembelajaran inkuiri berbasis kearifan lokal dapat meningkatkan berbagai aspek hasil belajar siswa, seperti literasi sains, karakter siswa, keterampilan berpikir kritis, keterampilan berpikir kreatif, higher order thiking skills, dan pemahaman konsep. Peningkatan hasil belajar siswa setelah implementasi pembelajaran inkuiri berbasis kearifan lokal pada ketujuh artikel tergolong ke dalam kategori sedang dan tinggi. Berdasarkan hasil tersebut, dapat dilihat bahwa implementasi pembelajaran inkuiri berbasis kearifan lokal dinilai efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JPGSDU

Publisher

Subject

Religion Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal PGSD UNIGA adalah jurnal yang dipublikasikan oleh Prodi PGSD Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan Universitas Garut. Jurnal PGSD UNIGA terbit dua kali dalam satu tahun yakni bulan Februari dan Agustus. Jurnal PGSD UNIGA mempublikasikan hasil penelitian dan kajian ilmiah di bidang Pendidikan ...