Sosial Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan IPS
Vol 1, No 1 (2021): Agustus 2021

PENGARUH PENGGUNAAN GAME ONLINE KAHOOT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN GEOGRAFI

Ajun Purwanto (IKIP PGRI Pontianak)
Wiwik Cahyaningrum (IKIP PGRI Pontianak)
Fera Fera (IKIP PGRI Pontianak)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengaetahui pengaruh penggunaan game online Kahoot terhadap hasil belajar siswa. Metode yang digunakan adalah  eksperimen, bentuk penelitian Pre-eksperimen dan rancangan penelitian One- Group Pretest-Posttest Design. Teknik pengumpul data menggunakan teknik pengukuran dan dokumenter. Alat pengumpul  data menggunakan tes dan dokumentasi. Teknik sampel yang digunakan adalah purposive sampling, dengan sampel kelas XI IIS 3. Teknik analisis data menggunakan SPSS rumus dengan rata-rata dan T-test. Hasil uji hipotesis diperoleh rata-rata post-test hasil belajar siswa menggunakan game online Kahoot adalah 60.14. Dari. analisis T-test diperoleh t hitung 3,594 ˃ttabel 2,052, sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak yang berarti “terdapat perbedaan pada hasil belajar siswa. Dilihat dari hasil post-test 60.14 ≥ pre-test 45.00, berdasarkan hipotesis statistik alternatif, apabila µpost ≥ µpre maka hipotesisnya diterima, sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh penggunaan game online Kahoot terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran geografi kelas XI IIS 3 SMA Negeri 2 Tebas Kabupaten Sambas.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JPIPS

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

SOSIAL KHATULISTIWA Jurnal Pendidikan IPS (SKJPI) is an open access, and peer-reviewed journal. SKJPI aims to disseminate Conceptual thinking or ideas, reviews, and research findings/results in Social Studies Education. The results of research and analysis contained in the journal accommodate ...