Journal of Basication (JOB) : Jurnal Pendidikan Dasar
Vol. 6 No. 3 (2023)

ANALISIS SOAL PENILAIAN BERDASARKAN RANAH KOGNITIF TAKSONOMI BLOOM REVISI PADA TEMA 4 KEWAJIBAN DAN HAKKU DI KELAS III

Inggi Marcelia Syari (Universitas Halu Oleo)
Sakka Hasan (Universitas Halu Oleo)
Lisnawati Rusmin (Universitas Halu Oleo)
Wa Ode Lidya Arisanti (Universitas Halu Oleo)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui kesesuaian soal penilaian yang dibuat oleh guru dengan ranah kognitif taksonomi Bloom revisi. Jenis dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru kelas III. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi yang berupalembar soal penilian harian. Hasil analisis penelitian soal penilaian yang dibuatoleh guru pada tema 4 kewajiban dan hakku dikelas III memuat tingkat kognitif mengingat (C1), memahami (C2) dan mengaplikasikan(C3). Persentase jumlah soal pada tingkat kognitif mengingat (C1) dan memahami (C3) untuk subtema 1 sampai dengan subtema 4 hanyaberkisar pada 20%-30% saja. Tidak ada ditemukan soal pada tingkat kognitifmenganalisis (C4), mengevaluasi (C5), dan mencipta (C6). Tidak adanya soal-soalpada level C4 , C5 dan C6 karena soal penilaian dibuat khusus untuk kelas rendah. Dapat disimpulkan bahwa soal penilaian harian yang dibuat oleh guru pada tema 4 kewajiban dan hakku di kelas III sesuai dengan ranah kognitif taksonomi Bloom revisi tingkat kognitif mengingat (C1), memahami (C2)dan mengaplikasikan (C3).

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

journal

Publisher

Subject

Education

Description

Journal of Basication (JOB): Jurnal Pendidikan Dasar merupakan sistem jurnal terbuka yang menggunakan sistem peer-review pada jurnal yang di submit. Diterbitkan oleh Jurusan PGSD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo sejak tahun 2017. Journal of Basication (JOB): Jurnal ...