Pada masa pandemi Covid-19 memaksa masyarakat dunia mendefinisikan makna hidup, tujuan pembelajaran dan hakikat kemanusiaan. Jika selama ini manusia-manusia dipaksa hidup dalam situasi serba cepat, pekerjaan tanpa henti, dan kejaran target pertumbuhan ekonomi dalam sistem kompetisi. Dalam artikel ini akan membahas tentang sistem pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19. Dalam pembuatan artikel ini, peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif, yaitu penelitian yang menggunakan pendekatan kualitatif dalam pengumpulan data. Dari hasil observasi yang dilakukan Pembelajaran online kurang efektif karena banyak kendala yang dihadapi seperti kurangnya pemahaman yang didapat oleh siwa/i, keterbatasan seorang pendidik dalam menyampaikan materi pembelajaran, dan kendala dari elektronik/ media pembelajaran yang akan digunakan oleh siswa/I dalam belajar. Oleh karena itu, sejak ditetapkan pembelajaran daring ini kebanyakan siswa/I bermain daripada belajar. Maka, peneliti menarik kesimpulan mengenai manajemen pembelajaran online pada masa pandemi Covid-19 di Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Nurul Salam telah terlaksana, dengan meliputi kegiatan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan kegiatan ini berkaitan dengan proses belajar mengajar guna mencapai tujuan.
Copyrights © 2022