Program ADEM (Afirmasi Pendidikan Menengah) merupakan salah satu program kementerian pendidikan Indonesia untuk mewujudkan pemerataan pendidikan di Indonesia. Salah satu sekolah yang dipercaya untuk menerima peserta didik ADEM adalah SMA N 1 Ngemplak. Melalui program ADEM Affirmative Action SMA N 1 Ngemplak diharapkan dapat menyiapkan peserta didik yang mampu beradaptasi dengan kebudayaan Jawa. Maka dari itu diperlukan suatu strategi agar peserta didik ADEM mampu beredapasi dengan kebudayaan di sekolah. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji lebih dalam tentang strategi adaptasi peserta didik ADEM di SMA N 1 Ngemplak Boyolali. Teori yang digunakan untuk menganalisis hasil temuan data adalah teori strukturasi Anthony Giddens. Metodologi penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik observasi. Hasil yang ditemuakan menunjukkan bahwa peserta didik ADEM sebagai aktor kebudayaan sekolah secara sadar menginternalisasi aturan dan struktur yang ada di sekolah. Sehingga mereka dapat beradaptasi dan melaksanakan aturan dengan penuh kasadaran. Selain itu, pihak sekolah sebagai agen dalam struktur berperan penting untuk mengkondisikan peserta didik ADEM. Aktor utama dalam strukturasi sekolah adalah pidak sekolah dan peserta didik ADEM.
Copyrights © 2023