Zarathustra (Jurnal Sosiologi dan Filsafat)
Vol. 1 No. 2 (2023): Jurnal Zarathustra: Jurnal Sosiologi dan Filsafat

Strategi Adaptasi Peserta Didik Afirmasi (ADEM) di SMA N 1 Ngemplak Boyolali

Nur'aini Inayah (SMA N 8 SURAKARTA)



Article Info

Publish Date
05 Aug 2023

Abstract

Program ADEM (Afirmasi Pendidikan Menengah) merupakan salah satu program kementerian pendidikan Indonesia untuk mewujudkan pemerataan pendidikan di Indonesia. Salah satu sekolah yang dipercaya untuk menerima peserta didik ADEM adalah SMA N 1 Ngemplak. Melalui program ADEM Affirmative Action SMA N 1 Ngemplak diharapkan dapat menyiapkan peserta didik yang mampu beradaptasi dengan kebudayaan Jawa. Maka dari itu diperlukan suatu strategi agar peserta didik ADEM mampu beredapasi dengan kebudayaan di sekolah. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji lebih dalam tentang strategi adaptasi peserta didik ADEM di SMA N 1 Ngemplak Boyolali. Teori yang digunakan untuk menganalisis hasil temuan data adalah teori strukturasi Anthony Giddens. Metodologi penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik observasi. Hasil yang ditemuakan menunjukkan bahwa peserta didik ADEM sebagai aktor kebudayaan sekolah secara sadar menginternalisasi aturan dan struktur yang ada di sekolah. Sehingga mereka dapat beradaptasi dan melaksanakan aturan dengan penuh kasadaran. Selain itu, pihak sekolah sebagai agen dalam struktur berperan penting untuk mengkondisikan peserta didik ADEM. Aktor utama dalam strukturasi sekolah adalah pidak sekolah dan peserta didik ADEM.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

zarathustra

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal ini diperuntukan sebagai wadah kajian sosial dalam cakupan sosiologi dan filsafat. Perkembangan ranah kajian sosiologi dan filsafat saat ini tidak dapat dipungkiri karena teramat banyak fenomena sosial yang terus bermunculan ditengah masyarakat post-modern, dan tentunya membutuhkan wadah ...