Penelitian ini adalah bertujuan untuk menentukan dan menganalisis pengaruh promosi wisata, daya tarik wisata, fasilitas wisata, aksesibilitas, kualitas pelayanan, akomodasi, usia wisatawan dan pendapatan wisatawan di Objek Wisata Batu Katak Desa Batujonjong Kecamatan Bahorok Kabupaten Langkat yangmempunyai kompetitif dalam tingkat kunjungan wisata. Penelitian ini menggunakan data primer yang dikumpulkan dan untuk melihat pengklasifikasian tingkat kunjungan wisata digunakan jumlah sampel sebanyak 90 pengunjung objek wisata, dengan menggunakan metode analisis Confimatory Faktor Analysis (CFA) dan Regresi Linier Berganda dengan mengunakan software SPSS 26. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa dari 8 variabel yang dianalisis dengan menggunakan model analisis faktor yang mempengaruhi tingkat kunjungan wisata Batu Katak, faktor yang mempengaruhi tingkat kunjungan wisata terdiri dari 3 faktor yaitu promosi wisata, kualitas pelayanan dan pendapatan wisatawan. Berdasarkan dari hasil analisis regresi linier berganda menunjukan bahwa promosi wisata dan kualitas pelayanan berpengaruh dan signifikan terhadap faktor tingkat kunjungan wisata Batu Katak, sedangkan pendapatan wisatawan berpengaruh dan tidak signifikan terhadap tingkat kunjungan wisata Batu Katak Desa Batujongjong Kecamatan Bahorok Kabupaten Langkat.
Copyrights © 2022