cover
Contact Name
Ahmad Ashifuddin Aqham
Contact Email
garuda@apji.org
Phone
+6285641123450
Journal Mail Official
lppm@stekom.ac.id
Editorial Address
Jl. Majapahit No.304, Pedurungan Kidul, Kec. Pedurungan, Semarang, Provinsi Jawa Tengah, 52361
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Seminar Nasional Teknologi dan Multidisiplin Ilmu
ISSN : 28091574     EISSN : 28091566     DOI : 10.51903
Berkaitan Bidang Teknik/MIPA: Teknik Mesin, Teknik Informatika, Ilmu Komputer dan Teknik Sipil Berkaitan Bidang Pertanian: Agroteknologi, Budidaya Perairan Berkaitan Bidang Sosial Humaniora Berkaitan Bidang Seni: Ilmu Seni, Arsitek Berkaitan Bidang Ekonomi : Manajemen, Akuntansi dan Ekonomi Pembangunan Berkaitan Bidang Keguruan dan Ilmu Pendidikan: Matematika, Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 126 Documents
Peranan Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Pembentukan Karakter Anak Berdasarkan Teori Thomas Lickona Jenifert Heru Siswanto; Yusak Tanasyah
Seminar Nasional Teknologi dan Multidisiplin Ilmu (SEMNASTEKMU) Vol 1 No 1 (2021): SEMNASTEKMU
Publisher : Universitas Sains dan Teknologi Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51903/semnastekmu.v1i1.77

Abstract

Pendidikan karakter dilakukan guna membentuk seorang anak untuk memiliki karakter yang baik dan dapat diterima di masyarakat. Thomas Lickona adalah tokoh pengusung dari pendidikan karakter abad-21. Pendidikan karakter tidak sekedar mengajarkan mana yang benar dan mana yang salah kepada anak, tetapi lebih dari itu pendidikan karakter menanamkan kebiasaan tentang yang baik sehingga peserta didik paham, mampu merasakan, dan mau melakukan yang baik. Pendidikan karakter membawa misi yang sama dengan pendidikan akhlak atau pendidikan moral. Thomas Lickona berpendapat bahwa karakter mulia meliputi pengetahuan tentang kebaikan, lalu menimbulkan komitmen terhadap kebaikan, dan akhirnya benar-benar melakukan kebaikan. Dengan kata lain, karakter mengacu kepada serangkaian pengetahuan, sikap, dan motivasi, serta perilaku dan keterampilan. Melalui teori dari Thomas Lickona ini diharapkan peranan pendidik agama Kristen dalam pembentukan karakter dapat membantu dalam menanamkan nilai-nilai kristiani kepada anak-anak. Pendidikan karakter diharapkan dapat terjadi baik di lingkungan keluarga, sekolah maupun di gereja. Dengan demikian, proses pendidikan karakter harus dipandang sebagai usaha sadar dan terencana, bukan usaha yang sifatnya terjadi secara kebetulan. Pendidikan karakter adalah usaha yang sungguh-sungguh untuk memahami, membentuk, memupuk nilai-nilai etika, baik untuk diri sendiri maupun untuk semua warga masyarakat atau warga negara secara keseluruhan. Penulis menggunakan metode studi pustaka untuk memecahkan permasalahan dalam penelitian ini.
PERAN PERBANKAN SYARIAH TERHADAP UMKM SELAMA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS BANK SYARIAH INDONESIA KC MEDAN) Nasrun Ritonga; Riny Viri Insy Sinaga
Seminar Nasional Teknologi dan Multidisiplin Ilmu (SEMNASTEKMU) Vol 1 No 1 (2021): SEMNASTEKMU
Publisher : Universitas Sains dan Teknologi Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51903/semnastekmu.v1i1.78

Abstract

Bank Syariah Indonesia menjalankan fungsi bank sebagai tempat menyimpan dan menyalurkan dana dari masyarakat untuk membantu pembangunan di Indonesia. Eksistensi suatu bank juga sangat tergantung pada kepercayaan masyarakat tersebut. Semakin tinggi kepercayaan masyarakat, semakin tinggi pula kesadaran masyarakat untuk menyimpan uangnya ke bank dan menggunakan jasa-jasa lain dari bank. Usaha kecil dan menengah (UMKM) merupakan salah satu kekuatan pendorong terdepan dalam pengembangan industri manufaktur. Gerak sektor UMKM amat vital untuk menciptakan pertumbuhan ekonomi dan lapangan kerja. Penelitian ini bertjuan untuk mengetahui peran perbankan syariah terhadap pelaku UMKM selama masa pandemi covid-19, penelitian ini dilakukan pada Bank Syariah Indonesia KC Ahmad Yani Medan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan data yang digunakan adalah data primer. Instrumen yang digunakan dalam data primer adalah wawancara dengan narasumber dari Bank Syariah Indonesia KC Ahmad Yani Medan. Dari penelitian ini dapat diketahui bahwa Bank Syariah Indonesia KC Ahmad Yani Medan turut menyalurkan program pemerintah yaitu Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk mendorong pelaku UMKM pada masa pandemi Covid-19, dengan membantu nasabah yang sudah mendapatkan pencairan dana pembiayaan sebelum pandemi dengan memberikan relaksasi atau keringanan membayar angsuran.
BERBAGAI KONFLIK DIALAMI OLEH REMAJA DI ERA DIGITAL 4.0 DITINJAU DARI PSIKOLOGI PERKEMBANGAN AFEKTIF Viktor Deni Siregar; Talizaro Tafonao
Seminar Nasional Teknologi dan Multidisiplin Ilmu (SEMNASTEKMU) Vol 1 No 1 (2021): SEMNASTEKMU
Publisher : Universitas Sains dan Teknologi Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51903/semnastekmu.v1i1.79

Abstract

Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mengetahui berbagai konflik yang dialami oleh remaja di era digital bers. Pokok permasalahan yang terjadi pada remaja di era digital ialah meningkatnya penggunaan smartphone di kalangan remaja sehingga menimbulkan berbagai konflik yang mempengaruhi psikologi perkembangan afektif remaja serta memberi dampak negatif terhadap lingkungan sekitarnya. Metode yang digunakan dalam tulisan ini adalah metode kualitatif deskriptif. Sumber kajian adalah buku dan artikel jurnal yang terpercaya. Hasil yang ditemukan dalam artikel adanya kecanduan dalam menggunakan internet, game online, terlibat dalam penyebaran berita hoax dan sara, dan adanya perubahan sikap, sehingga hal ini berakibat pada perkembangan psikologi secara afektif kepada anak remaja. Dengan demikian perkembangan psikologi afektif remaja sangat terpengaruh oleh penggunaan smartphone yang tidak tepat, bahkan mental menjadi rusak. Oleh karena itu perhatian dan edukasi dari keluarga sangat penting.
PERAN SOCIAL MEDIA DALAM GUERILLA MARKETING PADA ERA DIGITAL MARKETING Vivi Kumalasari Subroto; Robby Andika Kusumajaya; Irdha Yunianto; Eni Endaryati
Seminar Nasional Teknologi dan Multidisiplin Ilmu (SEMNASTEKMU) Vol 1 No 1 (2021): SEMNASTEKMU
Publisher : Universitas Sains dan Teknologi Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51903/semnastekmu.v1i1.80

Abstract

Guerilla marketing atau pemasaran gerilya diperkenalkan oleh Jay Conrad Levinson. Prinsip pemasaran ini membidik target konsumen semaksimal mungkin dengan biaya seminimal mungkin, dengan melakukan promosi di media sosial yang menjangkau banyak viewer. Agar viewer lebih mudah tertarik, promosi harus dibuat sekreatif mungkin. Dalam perkembangannya, seiring dengan makin tingginya penggunaan internet, prinsip pemasaran ini telah menjalar ke ranah online dan disebut dengan istilah guerilla digital marketing. Tujuan dari konsep pemasaran gerilya ini adalah untuk menciptakan sebuah konsep yang interaktif, komunikatif, unik serta menarik orang untuk berpikir. Semua itu dilakukan untuk menghasilkan buzz, mendorong orang untuk lebih banyak terlibat dan orang-orang tersebut secara intens membicarakan tentang merek dan bisnis kita. Penelitian dengan metode literature review ini akan menjelaskan bagaimana peran media sosial dapat mendukung teknik guerilla marketing pada zaman serba digital ini. Misalnya fitur instastory di Instagram secara tidak langsung mendukung guerilla marketing karena ketika pemilik akun mengunggah foto/video tentang makanan/tempat wisata ke instastory kemudian unggahan tersebut dilihat oleh orang banyak, maka akan timbul rasa penasaran untuk membeli makanan tersebut atau untuk mengunjungi tempat wisata tersebut. Orang akan tergerak untuk membicarakan makanan/tempat wisata tersebut sehingga akhirnya pihak restoran/penjual makanan/tempat wisata tersebut ramai dikunjungi orang. Dalam hal ini, pemilik restoran/penjual makanan/pengelola tempat wisata tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk kegiatan promosinya.
Pengaruh Religiusitas, Pelayanan dan Tarif Premi terhadap Kepuasan Nasabah Asuransi Syariah dengan Minat Berasuransi Syariah di Perusahaan Asuransi Syariah Cabang Surabaya Erwan Aristyanto; Allen Pranata Putra; Riduwan
Seminar Nasional Teknologi dan Multidisiplin Ilmu (SEMNASTEKMU) Vol 1 No 1 (2021): SEMNASTEKMU
Publisher : Universitas Sains dan Teknologi Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51903/semnastekmu.v1i1.81

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh religiusitas, pelayanan, tarif premi terhadap kepuasan nasabah dengan minat berasuransi syariah sebagai variabel intervening di Asuransi XYZ Syariah Cabang Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah yang bergabung di perusahaan asuransi XYZ Syariah Cabang Surabaya. Sampel diambil dengan menggunakan teknik accidental sampling dengan kriteria (1) masyarakat yang sudah menjadi nasabah asuransi syariah , dan (2) berusia 17 – 50 tahun sebanyak 100 responden. Analisis data menggunakan PLS dengan program SmartPLS 3.2.8. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Religiusitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat nasabah berasuransi, (2) Pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat nasabah berasuransi, (3) Tarif premi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat nasabah berasuransi, (4) Religiusitas berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap kepuasan nasabah, (5) Pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah, (6) Tarif Premi berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap kepuasan nasabah, (7) Religiusitas berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap kepuasan nasabah melalui minat berasuransi syariah, (8) Pelayanan berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap kepuasan nasabah melalui minat berasuransi syariah, dan (9) Tarif premi berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap kepuasan nasabah melalui minat berasuransi syariah.
Pendekatan Multimodal untuk Mempelajari Media Sosial sebagai Teknologi Semiotik Sarwo Nugroho; Fa’iqah Salsabil Qadiriyyah
Seminar Nasional Teknologi dan Multidisiplin Ilmu (SEMNASTEKMU) Vol 1 No 1 (2021): SEMNASTEKMU
Publisher : Universitas Sains dan Teknologi Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51903/semnastekmu.v1i1.82

Abstract

Bagaimana untuk dapat mempelajari teknologi media sosial? Sedangkan semiotika sosial menyediakan toolkit yang luas untuk menganalisis teks multimodal dan praktik semiotik, studi tentang media sosial sebagai teknologi semiotik menimbulkan tantangan yang signifikan untuk penelitian dengan metodologi. Dalam penelitian ini, menyajikan semiotika sosial kerangka kerja yang memungkinkan untuk menjelaskan secara rinci analitis potensi makna multimodal yang ditawarkan oleh media sosial digital teknologi dan hubungkan ini dengan pembuatan teks multimodal dan praktik semiotik sambil menggarisbawahi peran teknologi. Pada kerangka kerja diatur sekitar tujuh yang saling terkait dan melekat dimensi informasi: (1) multimodalitas, (2) praktik, (3) sosial, (4) medium, (5) materi, (6) sejarah, dan (7) kritis. Kerangka kerja ini dapat berhubungan dengan sebagian besar jenis teknologi semiotika, hasil penitian ini akan dikembangkan untuk akuntansi sosial teknologi media, dan kelangsungan hidupnya akan diilustrasikan dengan contoh dari instagram. Dengan mengembangkan kerangka kerja ini, penelitian ini bertujuan mengelaborasi dasar teoritis dan alat analisis sosial semiotika, dan dengan demikian berkontribusi untuk memajukan pemahaman tentang bagaimana teknologi media sosial memungkinkan pembuatan, memberlakukan dan mengelola makna.
STRATEGI MENINGKATKAN LITERASI KEUANGAN, PROGRAM PENJAMINAN SIMPANAN DAN KEPUTUSAN MASYARAKAT DARI DAMPAK MENABUNG PASCA PANDEMI COVID 19 Marastika Wicaksono Aji Bawono
Seminar Nasional Teknologi dan Multidisiplin Ilmu (SEMNASTEKMU) Vol 1 No 1 (2021): SEMNASTEKMU
Publisher : Universitas Sains dan Teknologi Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51903/semnastekmu.v1i1.83

Abstract

Menabung sejak dini dan berinvestasi merupakan sejumlah cara mempersiapkan keuangan yang dapat dilakukan oleh warga untuk mengantisipasi dampak pandemi Covid-19 yang mengakibatkan banyak orang kehilangan pekerjaan dan penurunan omset berbagai sektor usaha ini menjadi permasalahan perekonomian mengalami resesi. Menabung dan berinvestasi dapat melindungi nilai uang dari inflasi sehingga kemampuan daya beli bisa tetap bertahan di masa depan. Menanamkan budaya menabung sejak dini dapat memberikan banyak manfaat, antara lain mendidik anak-anak untuk belajar disiplin, membentuk pola pikir untuk lebih menghargai uang dan menghindari perilaku konsumtif. Peningatan literasi keuangan penting dilakukan agar bisa memberikan informasi dan pengetahuan mengenai program penjaminan simpanan demi meningkatkan keputusan masyarakat dalam menabung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh data mengenai bagaimana literasi masyarakat sudah dilakukan dalam program penjaminan simpanan dan mengukur dampak yang terlihat pada keputusan masyarakat dalam hal menabung. Penelitian termasuk dalam mix method berupa data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pemilihan sample dalam penelitian ini menggunakan teknik probability sampling sebanyak 201 responden. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis path dengan bantuan program partial least square – structural equestion model (PLS-SEM). Hasil penelitian menunjukan bahwa ada strategi untuk bertahan hidup dalam resesi perekonomian krisis moneter atas antisipasi dampak COVID-19, maka itu pentingnya pemilihan topik penelitian ini meningkatkan literasi keuangan masyarakat terhadap program penjamin simpanan dan dampak pasca pandemi terhadap keputusan masyarakat dalam menabung
MEDIA EDUKASI INTERAKTIF BERBASIS MOBILE LEARNING UNTUK ANAK USIA DINI Teguh Setiadi; Laksmana Rajendra Haidar
Seminar Nasional Teknologi dan Multidisiplin Ilmu (SEMNASTEKMU) Vol 1 No 1 (2021): SEMNASTEKMU
Publisher : Universitas Sains dan Teknologi Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51903/semnastekmu.v1i1.84

Abstract

Media yang tergolong dalam media sosial ini memiliki fungsi untuk mendukung interaksi sosial penggunanya. Seiring dengan perkembangan yang kian pesat di bidang teknologi dan informasi tersebut perkembangan jiwa anakpun mengalami perubahan yang perlu diperhatikan. Tk Setia Budi Kaliungu Selatan Kendal yang beralamat di Ds. Protomulyo RT. 05 / RW. 01 Kec. Kaliungu Selatan Kab. Kendal merupakan salah Pendidikan Anak Usia Dini yang masih menggunakan metode belajar konvensional. Konvensional disini metode pembelajaran yang masih mengandalkan media seperti buku-buku anak, papan tulis, tulisan, angka dan gambar yang ditempel di dinding ruang kelas. Metode pengenalan seperti ini masih menimbulkan banyak kendala/kekurangan, karena setiap kali guru menerangkan pelajaran peserta didik tidak mendengarkan dengan baik dan mereka lebih senang bermain dengan teman-temanya sehingga peserta didik kurang mengerti apabila guru mulai bertanya kepadanya. Untuk mengatasi permasalahan metode pembelajaran perlu adanya suatu metode pengenalan baru yang lebih interaktif dan menarik dalam menyampaikan materi pembelajaran bagi anak. Dan salah satu metode pengenalan yang dapat memberikan materi/informasi dengan simpel dan menarik adalah dengan menggunakan sebuah media edukasi mengunakan berbasis mobile elerning dengan menggunakan smartphone. Metode pembelajaran interaktif bagi anak-anak usia dini dan bisa menumbuh kembangkan daya kreatifitas serta kemampuan berpikir anak serta membantu guru dalam mengajar anak didiknya.
PERAN MASJID SEBAGAI PENGGERAK SISTEM UMKM UNTUK MEMPERKUAT EKONOMI UMAT (STUDI KASUS MASJID AL-AKBAR SURABAYA Aditya Surya Nanda; Fitryani
Seminar Nasional Teknologi dan Multidisiplin Ilmu (SEMNASTEKMU) Vol 1 No 1 (2021): SEMNASTEKMU
Publisher : Universitas Sains dan Teknologi Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51903/semnastekmu.v1i1.85

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola perilaku masyarakat yang notabene adalah konsumen Keberadaan masjid diharapkan ammpu mendorong kehidupan umat, menciptakan kemampuan dibidang ekonomi dan menguatkan iklim usaha masyakat menjadi salah satu cara untuk meningkatkan peran masjid dalam mendorong ekonomi umat, Masjid dari yang dulunya hanya digunakan untuk Ibadah semata, saat ini harus mampu untuk bertransformasi guna menjadi kan masjid sebagai daerah yang bermanfaat besar dalam ekonomi umat. Tujuan penelitian untuk mengetahui Peran Masjid dalam menggerakkan ekonomi UMKM pad Masjid AL-Akbar Surabaya. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif, data diperoleh dari observasi dan wawancara dengan informan. hasil penelitan menunjukkan Masjid Al-Akbar Surabaya berperan secara aktif dalam menjamin keberlangsungan usaha dan aktivitas ekonomi UMKM yang terjadi di sekitar masjid Al-Akbar Surabaya, izin yang diberikan pihak manajemen masjid Al-Akbar Surabaya menjadi lebih bermakna dimana fungsi masjid tidak hanya sebagai tempat untuk Ibadah namun juga menjadi tempat untuk meningkatkan ekonomi Umat
PERAN IMPULSIVE BUYING SAAT LIVE STREAMING PADA MASA COVID-19 DALAM MENDORONG MINAT BELANJA MASYARAKAT SIDOARJO Fitryani; Aditya Surya Nanda
Seminar Nasional Teknologi dan Multidisiplin Ilmu (SEMNASTEKMU) Vol 1 No 1 (2021): SEMNASTEKMU
Publisher : Universitas Sains dan Teknologi Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51903/semnastekmu.v1i1.86

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola perilaku masyarakat yang notabene adalah konsumen ecommerce merupakan penggna barang atau jasa. Aktivitas belanja masyarakat di dukung oleh meningkatnya jenis volume produk yang di butuhkan masyarakat saat pandemi Covid-19 yang menuntut masyarakat untuk dirumah saja seingga mendorong terjadinya perilaku impulsive buying terutama untuk mengatasi kebosanan. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Informan dalam penelitian ini adalah pengguna aplikasi shopee yang menggunakan fitur live streaming dan penjual yang melakukan live streaming. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif Deskriptif, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran Impulsive Buying saat Live streaming pada masa pandemi Covid-19 dan untuk mengetahui perilaku impulsive buying dalam mendorong minat belanja masyarakat Sidoarjo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku impulsive buying terjadi saat pengguna melakukan live streaming sehingga berdampak pada Kecenderungan konsumen membeli karena mengingat apa yang pernah dipikirkan, dan biasanya berupa sugesti ingin membeli atau akan direncanakan untuk melakukan pembelian, pembelian yang tidak berdasarkan kebutuhan melainkan lebih pada bersifat keinginan, yang tentunya akan berdampak pada konsumen itu sendiri baik jangka pendek, maupun jangkapanjang impulsive buyer membuat pemebeli menjadi lebih boros terutama dalam membeli barang, walaupunkenyataanya produk tersebut tidak dibutuhkan oleh konsumen, membelanjakan uang untuk kepentingan sesaat dan mencari kesenangan dalam berbelanja menjadi alasan kenapa konsumen sampai melakukan pembelian impulsive

Page 1 of 13 | Total Record : 126