Seminar Nasional Teknologi dan Multidisiplin Ilmu
Vol 2 No 1 (2022): SEMNASTEKMU

STRATEGI PENINGKATAN MINAT MASYARAKAT MENJADI NASABAH PADA BANK SYARIAH DI SURABAYA

Agus Sarwo Edi (Universitas Wijaya Putra Surabaya)
Erwan Aristyanto (Universitas Wijaya Putra Surabaya)
Fachrudy Asj’ari (Universitas PGRI Adi Buana Surabaya)



Article Info

Publish Date
17 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan analisis faktor-faktor yang mempengaruhiminat masyarakat menjadi nasabah pada bank syariah. Responden analisis dalam penelitian ini adalah warga padaKecamatan Gubeng Kota Surabaya sebanyak 100 orang. Sampel diambil dengan menggunakan teknik Insidentalsamplingyang menggunakan sampel berdasarkan kebetulan bertemu dengan peneliti bila dipandang orang yang cocoksebagai sumber data. Analisis data dilakukan dengan menggunakan statistik dengan alat bantu SPSSversi 20.Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan uji t diketahui bahwa secara parsial variabel pengetahuanberpengaruh positif dan signifikan terhadap minat masyarakat. Variabel lokasi tidak berpengaruh positif dan tidaksignifikan terhadap minat masyarakat. Variabel promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minatmasyarakat. Hasil secara simultan pengetahuan, lokasi, dan promosi berpengaruh signifikan terhadap minatmasyarakat menjadi nasabah pada bank syariah. Terdapat pengaruh yang dominanterhadap minat masyarakat menjadinasabah pada bank syariah ditunjukkan oleh variabel promosi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

SEMNASTEKMU

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Arts Humanities Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

Berkaitan Bidang Teknik/MIPA: Teknik Mesin, Teknik Informatika, Ilmu Komputer dan Teknik Sipil Berkaitan Bidang Pertanian: Agroteknologi, Budidaya Perairan Berkaitan Bidang Sosial Humaniora Berkaitan Bidang Seni: Ilmu Seni, Arsitek Berkaitan Bidang Ekonomi : Manajemen, Akuntansi dan Ekonomi ...