Thufulah: Jurnal Ilmiah Mahasiswa
Vol 1 No 2 (2022): Agustus

PERAN GURU DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI ISLAMI MELALUI METODE BERCERITA PADA ANAK USIA DINI

Ani Triani (Universitas Muhammadiyah Metro)
Noormawanti Noormawanti (Universitas Muhammadiyah Metro)
Nina Tisnawati (Universitas Muhammadiyah Metro)
lusi marlisa (universitas muhammadiyah metro)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2022

Abstract

Menanamkan nilai-nilai Islami dapat mengajarkan anak dalam menghadapi perkembangan zaman dan teknologi. Metode bercerita sangat baik dan sangat disukai oleh jiwa anak-anak karena manusia memiliki pengaruh yang sangat baik untuk dapat menarik perhatian anak. Pembelajaran dengan metode bercerita menjadi solusi untuk dapat menanamkan nilai-nilai Islami pada diri anak usia dini. Tujuan dari penelitian yaitu untuk mengetahui peran guru dalam menanamkan nilai-nilai Islami metode bercerita pada anak usia dini di TK ABA Kalirejo Lampung Tengah. Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi dalam menanamkan nilai-nilai Islami melalui metode bercerita. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan pendekatan historis. Sampel dalam penelitian ini adalah anak-anak usia dini pada tingkat B di TK ABA Kalirejo. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer berupa hasil wawancara, observasi, dan data sekunder berupa dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan keberhasilan dalam penggunaan metode bercerita dengan mendapatkan hasil pencapaian perkembangan anak berkembang sesuai harapan (BSH). Penggunaan metode bercerita memudahkan guru dalam penyampaikan materi di kelompok B TK ABA Kalirejo. Dilakukan dengan meneladani tentang kisah nabi Ibrahim AS dan nabi Muhammad SAW. Dibalik keberhasilan metode bercerita ada faktor pendukung dan penghambatnya dalam menanamkan nilai-nilai Islami. Penggunaan metode bercerita merupakan pilihan yang tepat agar siswa mudah mengingat, dan bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-sehari sesuai dengan nilai-nilai Islami.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

thufulah

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Education Other

Description

Thufulah: Jurnal Ilmiah Mahasiswa is early childhood study journal, are articles of research results such as research and development, quantitative, qualitative, experiment, literature studies, application of theory, critical analysis studies, and islamic studies of childrens education in PAUD and ...