cover
Contact Name
Annisa Nur Firdausyi
Contact Email
firdausyiannisa@gmail.com
Phone
+628985312178
Journal Mail Official
jurnalthufulah9@gmail.com
Editorial Address
Universitas Muhammadiyah Metro Jl. Ki Hajar Dewantara No.116,Iringmulyo, Kota Metro, Lampung, Sumatera - Indonesia
Location
Kota metro,
Lampung
INDONESIA
Thufulah: Jurnal Ilmiah Mahasiswa
ISSN : 28287843     EISSN : 28287061     DOI : https://doi.org/10.24127
Thufulah: Jurnal Ilmiah Mahasiswa is early childhood study journal, are articles of research results such as research and development, quantitative, qualitative, experiment, literature studies, application of theory, critical analysis studies, and islamic studies of childrens education in PAUD and childrens growth and development such as: Development of moral and religious values, Physical motor development, Emotional social development, Cognitive development, Language development, Artistic and creative development, Parenting, Management institution of early childhood education, Early child development assessment, evaluation of learning in early childhood education Child development psychology, Child empowerment, Learning strategy, Educational tool play, instructional media, Innovation in early childhood education and various fields related to Early Childhood Education. Earlychildhood study journal (Thufulah) is managed by the Islamic Early Childhood Islamic Education Study Program, Muhammadiyah Metro University.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 10 Documents
PERAN ORANG TUA TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK PADA MASA PANDEMI COVID 19 Lati Nurliana Wati Fajzrina; Noormawanti Noormawanti; Garianto Garianto
Thufulah: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Vol 1 No 1 (2022): Februari
Publisher : Thufulah: Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pendidikan Anak Usia Dini adalah pendidikan awal atau madrasah kedua setelah pendidikan dari orang tua. Dalam penerapan pendidikan ke anak usia dini sangat mempengaruhi seluruh aspek perkembangan anak terhadap kehidupan anak dikemudian hari, termasuk peran atau pola asuh yang orang tua terapkan sangat mempengaruhi perkembangan anak usia dini terkhususnya pada aspek perkembangan sosial emoisonal. Dengan demikian, yang menjadi permasalahan pada saat ini adalah tentang bagaimana gaya pengasuhan orang tua terhadap anak pada masa pandemi covid-19 dan apa sajakah faktor yang mempengaruhi peran pengasuhan orang tua terhadap pola perkembangam sosial emosional anak pada masa pandemi covid-19. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gaya pengasuhan atau peran orang tua terhadap perkembangan sosial emosional anak kelas bintang pada masa pandemi covid 19 di Paud Kelompok bermain Starkids Sukanegara, juga untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat yang mempengaruhi peran pengasuhan orang tua terhadap pola perkembangan sosial emosional anak pada masa pandemic covid 19 tersebut. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, dan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi menggunakan analisis deskriptif yang respondennya merupakan orang tua/wali murid anak pada kelas bintang di Paud Kelompok bermain Starkids Sukanegara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran pola asuh orang tua terhadap anak usia dini khususnya pada masa pandemi covid-19 dalam gaya pengasuhan atau pola asuh yang diterapkan masih terdapat banyak kendala yang dihadapi dan membawa dampak, baik positif maupun negatif serta adanya faktor pendukung dan penghambat. Diantaranya interaksi dan komunikasi orang tua dengan anak, ilmu dan pengetahuan yang dimiliki orang tua, serta gadget atau gawai yang mempengaruhi anak usia dini.
STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DIMASA PANDEMI COVID-19 DI TK PERTIWI 2 RAJABASA LAMA Dhea Amelia; Nina Tisnawati; Ahmad Noor Islahudin
Thufulah: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Vol 1 No 1 (2022): Februari
Publisher : Thufulah: Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi pembelajaran pendidikan anak usia dini dimasa pandemi COVID-19 di TK Pertiwi 2 Rajabasa Lama. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan menggambarkan secara objektif keadaan ditempat penelitian dengan menggunakan kata-kata atau kalimat. Alat pengumpulan data yang penulis gunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode wawancara untuk mengetahui sejauh mana guru dalam meningkatkan perkembangan bahasa anak, metode observasi sebagai metode pengamatan atau metode pokok, sedangkan metode dokumentasi sebagai penunjang dalam penelitian. Data analisis dilakukan secara reduksi data, display data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran pendidikan anak usia dini di masa pandemi COVID-19 di TK Pertiwi 2 Rajabasa Lama untuk menambah pengetahuan mengenai strategi pembelajaran anak usia dini dimasa pandemi COVID-19 di TK Pertiwi 2 Rajabasa Lama dan dapat dijadikan informasi yang berguna untuk meningkatkan kualitas pelayanan belajar mengajar yaitu dengan merancang tujuan, bahan, metode, alat, serta evaluasi untuk mencapai tujuan dalam belajar. hal ini dapat dilihat dari hasil survey peneliti bahwa guru telah semaksimal mungkin dalam meningkatkan mutu strategi pembelajaran pendidikan anak usia dini, sehingga perkembangan guru di TK Pertiwi 2 Rajabasa Lama telah menunjukkan hasil yang optimal dengan baik (80%).
PERAN GURU MELATIH KEMANDIRIAN SOSIAL ANAK USIA DINI MELALUI PEMBELAJARAN DARING Beti Septiara; Nina Tisnawati; Garianto Garianto
Thufulah: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Vol 1 No 1 (2022): Februari
Publisher : Thufulah: Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yakni peran guru dalam menumbuhkan kemandirian anak melalui pengajaran yang sering kali dilakukan oleh guru terhadap peserta didik pada masa pandemic dalam pembelajaran daring. dalam upaya membimbing kemampuan jasmani/fisik dan emosionalnya kearah kedewasaan, Kemandirian dalam bersosial dapat membantu anak untuk lebih mudah bergaul dan tidak mengandalkan orang tua. Maka penelitian ini menjelaskan tentang peran guru melatih kemandirian anak usia dini melalui pembelajaran daring. Jenis Penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field research) sebuah penelitian dengan prosedur penelitian yang menggali data dari lapangan untuk kemudian dicermati dan disimpulkan, penggunaan sumber data kualitatif dari sumber primer dan sumber sekunder, metode pengumpulan data yang dipergunakan metode observasi, interview dan dokumentasi. Tekhnik analisis data menggunakan reduksi data penyajian data dan conclusing drawing/verification. Hasil penelitiannya yaitu Peran guru dalam memberikan motivasi kepada anak sangat penting untuk memunculkan inisiatif untuk mampu mengetahui kegiatan yang baik dan tidak baik untuk dilakukan sehingga anak tahu apa yang harus dilakukan dan bagaimana melakukannya dalam mendorong pertumbuhan dan kemandirian untuk melakukan semua tindakan tanpa merasa takut dihantui oleh orang-orang disekitarnya, membantu membuat pilihan yang tepat dan melindungi anak tersebut dari situsi berbahaya secara fisik maupun emosionalnya anak akan mengetahui perilaku apa yang sudah dilakukan dengan benar dan baik. Faktor-faktor yang mendukung adanya sarana dan sumber belajar yang lengkap, Profesionalisme dan semangat guru dalam membimbing, mengarahkan, membina dan mengontrol anak didik. Adapun faktor-faktor yang menjadi penghambat dalam pembentukan kemandiriran sosial anak yang masih malu untuk melakukan sesuatu kurangnya kesadaran guru dan keteladanan faktor lingkungan peranan orang tua anak didik terbatasnya pengawasan pihak kurangnya sarana dan prasarana pengaruh tayangan televisi.
UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA DINI MELALUI PEMBELAJARAN DARING DIMASA PANDEMI COVID-19 Eva Ria Indah Sari; Garianto Garianto; Nina Tisnawati
Thufulah: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Vol 1 No 1 (2022): Februari
Publisher : Thufulah: Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Adapun tujuan penelitian penulis adalah untuk mengetahui upaya guru dalam meningkatkan perkembangan bahasa anak usia dini dimasa pandemi COVID-19 di TK Pertiwi Rajabasa Lama I Lampung Timur dan untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat upaya guru dalam meningkatkan perkembangan bahasa anak usia dini dimasa pandemi COVID-19 di TK Pertiwi Rajabasa Lama I Lampung Timur. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan menggambarkan secara objektif keadaan ditempat penelitian dengan menggunakan kata-kata atau kalimat. Alat pengumpulan data yang penulis gunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya guru dalam meningkatkan perkembangan bahasa anak usia dini dimasa pandemi COVID-19 di TK Pertiwi Rajabasa Lama I Lampung Timur yaitu upaya yang dilakukan guru dalam meningkatkan perkembangan bahasa anak usia dini dimasa pandemi COVID-19 di TK Pertiwi Rajabasa Lama I Lampung Timur adalah dengan melakukan indikator aspek perkembangan bahasa anak yaitu meliputi: merangsang minat anak untuk berbicara, latihan menggabungkan bunyi bahasa, memperkaya perbendaharaan kata, mengenalkan kalimat melalui cerita dan nyanyian, serta mengenalkan lambang tulisan.
PERAN GURU PAUD DALAM MENSTIMULUS PERKEMBANGAN BAHASA ANAK Pratiwi Aulia Nigrum; Nina Tisnawati; Noormawanti Noormawanti
Thufulah: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Vol 1 No 1 (2022): Februari
Publisher : Thufulah: Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Guru merupakan pilar dan juga pondasi suatu pendidikan yang menarik sehingga mampu terjalin timbal blik yang efektif diantara peserta didik dengan pendidik, membuat suasana kelas menjadi kondusif dan menarik tertarik mengikuti pelajaran dengan semangat tanpa merasa jenuh. Mengingat pentingnya anak dalam pendidikan, dan pentingnya anak usia dini dalam perkembangan manusia secara keseluruhan, maka PAUD perlu diberikan melalui berbagai rangsangan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar lebih siap memasuki pendidikan lebih lanjut, pendidik memegang peranan yang sangat penting dan menentukan bagi sejarah perkembangan anak selanjutnya, serta menjadi fondasi perkembangan kepribadiannya. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu bagaimana peran guru paud dalam menstimulus perkembangan bahasa anak dan apa yang menjadi faktor pendukung serta faktor penghambat dalam menstimulus perkembangan bahasa pada anak kelompok usia 4-5 tahun di Kober BKMT Metro Pusat. Jenis Penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field research) sebuah penelitian dengan prosedur penelitian yang menggali data dari lapangan untuk kemudian dicermati dan disimpulkan, penggunaan sumber data kualitatif dari sumber primer dan sumber sekunder, teknik pengumpulan data yang dipergunakan teknik observasi, interview dan dokumentasi. Tekhnik analisis data menggunakan reduksi data penyajian data dan conclusing drawing/verification. Hasil penelitiannya yaitu peran guru dalam menstimulasi perkembangan anak berbagai teknik atau media yang dilakukan di Kober BKMT Kota Metro dengan memberikan contoh mengajar dan mestimulasi perkembangan bahasa agar anak terbiasa untuk berbahasa yang menarik salah satunya menggunakan media mengunakan bahasa dapat meningkatkan kemampuan berbahasa anak merangsang minat anak untuk berbicara, latihan menggabungkan bunyi bahasa, memperkaya perbendaharaan kata, mengenalkan kalimat melalui cerita dan nyanyian, mengenalkan lambang tulisan. Pendukung tersedianya media dan fasilitas lain yang menstimulus perkembangan bahasa anak, memberikan kebebasan ekspresi pada anak, Menumbuhkan keberanian dan percaya diri pada anak, memberikan rasa gembiradan menciptakan suasana yang menyenangkan. Hal ini disebabkan oleh keinginan anak pada usia 4 atau 5 tahun koordinasi perkembangan bahasa anak halus berkembang pesat. Program kegiatan belajar, tetapi juga membangun konsentrasi, agar hasil dari mewarnai dapat rapi dan anak dapat berkreatifitas. Faktor pendukungnya yaitu kematangan, kemampuan anak melakukan perkembangan bahasa anak sangat ditentukan oleh kematangan syaraf yang melakuakan gerakan tersebut.
ANALISIS HUBUNGAN METODE BERCERITA TERHADAP KONSENTRASI BELAJAR ANAK USIA DINI Lusi Marlisa; Al Alawiyah; Nina Tisnawati
Thufulah: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Vol 1 No 2 (2022): Agustus
Publisher : Thufulah: Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan metode bercerita terhadap konsentrasi belajar anak usia dini. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 40 siswa. Sampel ditentukan secara sampling random, dengan jumlah sampel 36 siswa TK ABA Semanggi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan melalui angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan dengan bantuan Microsoft excel versi 14(32-bit). Hasil analisa data menggunakan rxy diperoleh nilai 0,895 pada tabel db sebesar 34, maka diperoleh pada taraf signifikasi 5% sebesar 0,339 sedangkan pada taraf signifikasi 1% sebersar 0,436. Dengan demikian diterima dan ditolak yang berarti terdapat hubungan metode bercerita terhadap konsentrasi belajar anak usia dini di TK ABA Semanggi Kecamatan Pubian Kabupaten Lampung Tengah.
PERAN GURU DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI ISLAMI MELALUI METODE BERCERITA PADA ANAK USIA DINI Ani Triani; Noormawanti Noormawanti; Nina Tisnawati; lusi marlisa
Thufulah: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Vol 1 No 2 (2022): Agustus
Publisher : Thufulah: Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Menanamkan nilai-nilai Islami dapat mengajarkan anak dalam menghadapi perkembangan zaman dan teknologi. Metode bercerita sangat baik dan sangat disukai oleh jiwa anak-anak karena manusia memiliki pengaruh yang sangat baik untuk dapat menarik perhatian anak. Pembelajaran dengan metode bercerita menjadi solusi untuk dapat menanamkan nilai-nilai Islami pada diri anak usia dini. Tujuan dari penelitian yaitu untuk mengetahui peran guru dalam menanamkan nilai-nilai Islami metode bercerita pada anak usia dini di TK ABA Kalirejo Lampung Tengah. Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi dalam menanamkan nilai-nilai Islami melalui metode bercerita. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan pendekatan historis. Sampel dalam penelitian ini adalah anak-anak usia dini pada tingkat B di TK ABA Kalirejo. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer berupa hasil wawancara, observasi, dan data sekunder berupa dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan keberhasilan dalam penggunaan metode bercerita dengan mendapatkan hasil pencapaian perkembangan anak berkembang sesuai harapan (BSH). Penggunaan metode bercerita memudahkan guru dalam penyampaikan materi di kelompok B TK ABA Kalirejo. Dilakukan dengan meneladani tentang kisah nabi Ibrahim AS dan nabi Muhammad SAW. Dibalik keberhasilan metode bercerita ada faktor pendukung dan penghambatnya dalam menanamkan nilai-nilai Islami. Penggunaan metode bercerita merupakan pilihan yang tepat agar siswa mudah mengingat, dan bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-sehari sesuai dengan nilai-nilai Islami.
UPAYA GURU MENINGKATKAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN KOLASE MENGGUNAKAN KERTAS WARNA Nila Kurnia Rahayu; Lusi Marlisa; Noormawanti Noormawanti
Thufulah: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Vol 1 No 2 (2022): Agustus
Publisher : Thufulah: Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena perlu adanya perhatian terhadap perkembangan motorik halus anak yang masih kurang berkembang. Hal ini terjadi karena kegiatan pembelajaran dan media yang digunakan dalam pembelajaran masih kurang menarik. Kegiatan kolase menggunakan kertas warna menjadi salah satu cara untuk meningkatkan motorik halus anak. Tujuan penelitian ini yaitu, 1)Untuk mengetahui upaya guru meningkatkan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan kolase menggunakan kertas warna dan 2)Mengetahui hasil perkembangan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan kolase menggunakan kertas warna kelompok B 5-6 Tahun di TK Aisyiyah Sridadi Kalirejo Lampung Tengah. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan. Subyek dalam penelitian ini adalah guru dan 20 siswa TK Aisyiyah Sridadi. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data penelitian ini adalalah sumber data primer dan sekunder. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian, 1) Upaya guru meningkatkan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan kolase menggunakan kertas warna, guru menggunakan metode terbaru dengan cara kertas warna digunting kemudian digulung menggunakan gunting lalu ditempel pada gambar yang disediakan. Jika sebelumnya guru menggunakan cara yang kurang menarik untuk siswa yaitu, kertas warna dirobek menjadi bagian kecil kemudian ditempel. 2) hasil perkembangan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan kolase menggunakan kertas warna kelompok B 5-6 Tahun di TK Aisyiyah Sridadi Kalirejo Lampung Tengah, setelah penulis melakukan penelitian, 10 anak Berkembang Sangat Baik (BSB), 8 anak Berkembang Sesuai Harapan (BSH), 2 anak Mulai Berkembang (MB). dengan indikator pencapaian siswa mampu menggunting kertas sesuai pola, menempel gambar dengan tepat dan memiliki ide kreatif.
PENGGUNAAN GERAK DAN LAGU UNTUK MENGHAFAL ASMAUL HUSNA ANAK USIA DINI Yeni Retnowati; Noormawanti Noormawanti
Thufulah: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Vol 1 No 2 (2022): Agustus
Publisher : Thufulah: Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Islam merupakan agama yang menuntut para pemeluknya mampu merealisasikan berbagai ajaran Islam dalam bentuk amal nyata yaitu berupa amal shaleh yang diridhai Allah SWT. Penggunaan metode gerak dan lagu untuk menghafal Asmaul Husna dipilih sebagai sarana untuk membantu dalam penyampaian materi dan meningkatkan kemampuan anak dalam mengingat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan gerak dan lagu untuk menghafal Asmaul Husna pada anak usia dini di TK Budi Utomo serta untuk mengetahui kendala yang dihadapi guru dalam penggunaan gerak dan lagu untuk menghafal Asmaul Husna di TK Budi Utomo. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Subyek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa TK Budi Utomo. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan keberhasilan dalam penggunaan metode gerak dan lagu dengan mendapatkan hasil pencapaian perkembangan anak Berkembang Sesuai Harapan (BSH). Penggunaan metode gerak dan lagu untuk menghafal Asmaul Husna memudahkan guru dalam penyampaian materi. Dilakukan secara bertahap, dan secara konsisten. Penggunaan metode gerak dan lagu untuk menghafal Asmaul Husna yang diterapkan di TK Budi Utomo dan dapat meningkatkan kemampuan menghafal pada anak.
UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KECEDASAN MUSIKAL ANAK USIA DINI MENGGUNAKAN PERMAIANAN TRADISIONAL KENTONGAN Zulfa Rahmayanti; Lusi Marlisa; Nina Tisnawati
Thufulah: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Vol 1 No 2 (2022): Agustus
Publisher : Thufulah: Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kecerdasan Musikal adalah kemampuan yang dimiliki seseorang untuk mengingat rangkaian nada dan irama serta mengekspresikannya melalui aktivitas musik. Penelitian ini dilatar belakangi karena perlu adanya perhatian terhadap perkembangan kecerdasan musikal anak yang masih kurang berkembang. Hal ini terjadi karena kegiatan pembelajaran dan media yang digunakan terbatas dan kurang menarik. Jenis penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan subyek penelitian adalah guru dan siswa di TK Al Wustho Kaliwungu. Alat pengumpul data yang digunakan dalam bentuk wawancara, observasi dan dokumentasi mengenai masalah yang diteliti yang terjadi di lapangan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya guru meningkatkan kecerdasan musikal anak usia dini. 1)Guru tidak hanya menggunakan permainan tradisional kentongan saja akan tetapi guru dapat menggabungkan permainan kentongan tersebut dengan alat musik perkusi yang lain, seperti panci, kentongan, sendok sehingga akan membentuk suatu kesatuan irama dan nada 2)Guru lebih kreatif dan inovatif sehingga anak tidak merasa bosan dan anak akan berminat untuk memainkan alat musik, guru menggunakan tema alat komunikasi tradisional yang sudah diterapkan dalam sekolah tersebut. 3)Guru mengenalakan media yang digunakan serta bagaimana cara memainkannya, kemudian guru memilih lagu dan menyanyikannya secara bersama-sama, lalu guru mencontohkan kepada anak cara memaninkan alat musik dan di iringi dengan irama lagu. 4)Dalam pelaksanakan kegiatan tersebut dilakukan dua kali dalam satu minggu yaitu pada hari jum’at dan sabtu, kemudian kegiatan tersebut memiliki dampak positif bagi TK Al Wustho Kaliwungu.

Page 1 of 1 | Total Record : 10