Thufulah: Jurnal Ilmiah Mahasiswa
Vol 1 No 2 (2022): Agustus

PENGGUNAAN GERAK DAN LAGU UNTUK MENGHAFAL ASMAUL HUSNA ANAK USIA DINI

Yeni Retnowati (Universitas Muhammadiyah Metro)
Noormawanti Noormawanti (Universitas Muhammadiyah Metro)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2022

Abstract

Islam merupakan agama yang menuntut para pemeluknya mampu merealisasikan berbagai ajaran Islam dalam bentuk amal nyata yaitu berupa amal shaleh yang diridhai Allah SWT. Penggunaan metode gerak dan lagu untuk menghafal Asmaul Husna dipilih sebagai sarana untuk membantu dalam penyampaian materi dan meningkatkan kemampuan anak dalam mengingat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan gerak dan lagu untuk menghafal Asmaul Husna pada anak usia dini di TK Budi Utomo serta untuk mengetahui kendala yang dihadapi guru dalam penggunaan gerak dan lagu untuk menghafal Asmaul Husna di TK Budi Utomo. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Subyek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa TK Budi Utomo. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan keberhasilan dalam penggunaan metode gerak dan lagu dengan mendapatkan hasil pencapaian perkembangan anak Berkembang Sesuai Harapan (BSH). Penggunaan metode gerak dan lagu untuk menghafal Asmaul Husna memudahkan guru dalam penyampaian materi. Dilakukan secara bertahap, dan secara konsisten. Penggunaan metode gerak dan lagu untuk menghafal Asmaul Husna yang diterapkan di TK Budi Utomo dan dapat meningkatkan kemampuan menghafal pada anak.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

thufulah

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Education Other

Description

Thufulah: Jurnal Ilmiah Mahasiswa is early childhood study journal, are articles of research results such as research and development, quantitative, qualitative, experiment, literature studies, application of theory, critical analysis studies, and islamic studies of childrens education in PAUD and ...