Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bangun Cipta, Rasa, & Karsa (Jurnal PKM BATASA)
Vol 1, No 4 (2022): Jurnal PKM Batasa

PELATIHAN PENINGKATAN PENDAPATAN MASYARAKAT MELALUI BADAN USAHA MILIK DESA (DI DESA PARAKANJAYA, KECAMATAN KEMANG, KABUPATEN BOGOR)

Bakti Toni Endaryono (Institut Agama Islam Nasional Laa Roiba Bogor)
Tjipto Djuhartono (Universitas Indraprasta PGRI Jakarta)
R. Agus Putrono (Institut Agama Islam Nasional laa Roiba Bogor)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2022

Abstract

Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk memberikan pelatihan dan peningkatan kapasitas kepada Badan Usaha Milik Desa di Desa Parakanjaya Kecamatan Kemang Kabupaten Bogor dengan meningkatkan pendapatan BUMDesa untuk kesejahteraan masyarakat Desa Parakanjaya secara khusus melalui produk asli Desa sebagai icon Desa Parakanjaya dengan membuat produk kois pedagang kaki lima dengan berbentuk buah strawbery . Teknik kegiatan PkM ini dengan observasi langsung ke Desa Parakanjaya dan wawancara secara langsung kepada pengurus BUMDesa dan Kepala Desa Parakanjaya . Dengan pendekatan metode PAR (Participatory Action Research) yang dilaksanakan secara partisipatif di antara anggota pengurus BUMDesa dan masyarakat  Hasil kegiatan PKM adalah 1) Dapat mengetahui strategi peningkatan pendapatan BUMDesa  dengan membuat produk unggulan Desa sebagai icon Desa yaitu Kios Pedagang kaki lima dengan berbentuk strawbery, pendampingan pedagang kaki lima dan bantuan sosial masyarakat, pemberdayaan masyarakat melalui program desa wisata, Hak Cipta produk 2) Memahami bagaimana cara membuat produk icon Desa Parakanjaya dimana produk ini dibuat dari bahan yang berkualitas, fleksibel dan mudah untuk di bongkar pasang. 3) mengusulkan Produk Icon Desa mendapatkan HAKI.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

batasa

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Education Social Sciences

Description

Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bangun Cipta, Rasa, & Karsa (Jurnal PKM BATASA) merupakan jurnal yang menerbitkan hasil dan karya di bidang C yaitu bidang Pengabdian Kepada Masyarakat. semua hasil karya orisinil akan di review dan dipublikasikan di Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bangun ...