Tujuan dari penelitian ini adalah mencari data empiris tentang pengaruh penerapan media bola Gantung terhadap hasil belajar (psikomotor) smash dalam permainan bolavoli. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas 7 H di MTsN 2 sumenep. Permasalahan yang muncul pada saat kegiatan pembelajaran bolavoli di MTsN 2 Sumenep adalah pada saat mempraktikkan Smash pada tahap awalan,tolakan, melayang, dan mendarat. masih ada banyak siswa yang memiliki kemampuan smash kurang baik dan sebagian siswa lainnya memiliki kemapuan smash yang baik. Sering kali siswa dalam melakukan gerakan smash pada tahap melayang tangan yang seharusnya menjulur keatas tidak dilakukan secara baik dan telapak tangan tidak dibuka secara lebar. Hal tersebut dikarenakan gerakan dalam melakukan smash pada setiap tahapan smash belum dikuasi dengan baik oleh sebagian siswa. Dalam hal ini peneliti menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang akan dilaksanakan pada siswa MTsN 2 Sumenep kelas 7 H. Subjek pada penelitian ini adalah seluruh siswa 7 H MTsN 2 Sumenep berjumlah 31 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang ditunjukkan dengan hasil keterampilan smash bolavoli. Pada siklus I dengan media bola gantung diperoleh hasil siswa yang tuntas terdiri dari 13 siswa atau 41,94% sedangkan siswa yang belum tuntas terdiri dari 18 siswa atau 58.06 %. Sedangkan pada siklus II diketahui bahwa siswa yang tuntas terdiri dari 24 siswa atau 77,42% sedangkan siswa yang belum tuntas terdiri dari 7 siswa atau 22.58 %.
Copyrights © 2022