cover
Contact Name
Agung Nugroho
Contact Email
agungnugroho@stkippgrisumenep.ac.id
Phone
+6281320024247
Journal Mail Official
agungnugroho@stkippgrisumenep.ac.id
Editorial Address
Jl. Trunojoyo Gedungan Sumenep-Madura
Location
Kab. sumenep,
Jawa timur
INDONESIA
CORNER
ISSN : -     EISSN : 27458679     DOI : https://doi.org/10.36379/corner
Core Subject : Education, Social,
Jurnal corner: the aim of this journal publication is to disseminate the conceptual thought or ideas, literatur review and research results that have been achieved in the area of sport. Corner published twice in one years in May and November
Articles 27 Documents
SURVEI KINERJA GURU PENDIDIKAN JASMANI OLAH RAGA DAN KESEHATAN DI SMK/SMA SEDERAJAT SE-KECAMATAN SUMOBITO KABUPATEN JOMBANG TAHUN 2018 Al Dandy Putra; Risfandi Setyawan
Corner: Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga Vol 1 No 1 (2020): CORNER: Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga
Publisher : STKIP PGRI SUMENEP

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36379/corner.v1i1.56

Abstract

Penelitian ini bertujuan hanya untuk mengetahui tentang Kinerja Guru Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan di SMK Swasta Se-Kecamatan Sumobito Kabupaten Jombang. Penelitian ini akan memaparkan bagaimana Kinerja Guru Pendidikan Jasmani tingkat SMK/SMA sederajat Se-Kecamatan Sumobito Kabupaten Jombang. Sampel dalam penelitian ini ada 7 guru SMA/SMK sedrajad yang ada pada wilayah kecamatan sumobito. Teknik penelitian dalam hal ini menggunakan teknik observasi dengan menggunakan instrument penilaian kinerja guru. Setelah dicermati dari keempat kompetensi ini memiliki perbedaan yang tidak begitu jauh, namun dari keempat kompetensi ini yang mendapatkan nilai total paling rendah adalah kompetensi profesional yang hanya mendapatkan nilai total 69,64. Dimana guru Penjasorkes pada kompetensi tersebut kebanyakan hanya terpenuhi sebagian. Melihat hasil yang diperoleh tersebut, dapat diasumsikan bahwa guru Penjasorkes kurang dalam menggunakan alat bantu mengajar dan audio visual (TIK), guru Penjasorkes juga dinilai masih kurang dalam program pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB). Salah satu faktor yang mempengaruhi kinerja guru adalah professional dalam mendidik dan mencerdaskan bangsa, oleh sebab itu guru dituntut untuk lebih meningkatkan kinerjanya agar kualitas guru dan anak didiknya menjadi lebih baik. Sedangkan untuk nilai total tertinggi adalah kompetensi kepribadian yang mendapatkan nilai total 87,5.
SURVEI ANTROPOMETRI DANKEMAMPUAN MOTORIK SISWA KELAS II SDN LEMPER I PADEMAWU Rizal Firmansyah Putra
Corner: Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga Vol 1 No 1 (2020): CORNER: Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga
Publisher : STKIP PGRI SUMENEP

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36379/corner.v1i1.69

Abstract

This study aims to determine: 1) anthropometric survey of the second grade students at Elementary School of Lemper I Pademawu; 2) the motor ability of the second grade students at Elementary School of Lemper I Pademawu. The sample in this study used a purposive sampling method. Data processing in this study used the Correlation Coefficient analysis with Microsoft Excel. Based on the results of the study showed that 1) anthropometric survey of the second grade students at Elementary School of Lemper I Pademawu based on the results of body mass index (BMI) analysis is average of 18.12 kg/m2 which included in the category of light underweight with details of 21.87% were light underweight, 40.62% were underweight, and 47.5% were in the normal category. 2)The motor ability of the second grade students at Elementary School of Lemper I Pademawu which included a 30 meter sprint test, long jump without prefix, balance, and average agility included in the "Medium" category with a detailed 30 meter sprint test of 62.5%, long jump without the prefix of 31.25%, balance 53.12%, and agility of 37.5%
PENINGKATAN HASIL BELAJAR BOLA VOLI MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN PEER TEACHING arya candra; Mislan Mislan
Corner: Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga Vol 1 No 1 (2020): CORNER: Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga
Publisher : STKIP PGRI SUMENEP

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36379/corner.v1i1.89

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar bola voli pada siswa kelas V SDN 4 Sumberberas. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (action research) dengan menggunakan 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penentuan responden dengan menggunakan teknik purposive sampling yaitu keseluruhan siswa kelas V b yang berjumlah 12 Siswa. Proses pengumpulan data dengan menggunakan lembar pengamatan saat proses pembelajaran, dan setelah proses pembelajaran. Lembar pengamatan yang di maksud mencakup nilai psikomotor, afektif, dan kognitif siswa mengenai teknik dasar servis dan smash bola voli. Hasil penelitian menunjukkan metode pembelajaran peer teaching yang diterapkanpada siswa kelas V b SDN 4 Sumberberas dapat meningkatkan hasil belajarsiswa dalam mata pelajaran pendidikan jasmani pada materi bola voli yaituteknik dasar smash, servis atas, dan servis bawah. pada setiap siklus telah mengalami perubahan nilai yang dapat dikatan baik (tuntas) dengan masing-masing nilai akhir atau rata-rata pada siklus 2 di teknik dasar smash yaitu 79,62 lalu teknik dasar servis atas yaitu 80,59 dan teknik servis bawah yaitu 81,23.
PENGARUH PEMBELAJARAN MODEL STUDENT TEAMS ACHIVECEMENT DIVISIONS (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR KETERAMPILAN DRIBBLING SEPAKBOLA PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMAN 1 LENTENG TAHUN PELAJARAN 2019/2020 Ainur Ridha Habibi; Taufik Rahman; Abdul Azis
Corner: Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga Vol 1 No 1 (2020): CORNER: Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga
Publisher : STKIP PGRI SUMENEP

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36379/corner.v1i1.90

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pembelajaran Model Student Teams Achievement Divisions (STAD) Terhadap Hasil Belajar Keterampilan Dribling Sepakbola Pada Peserta Didik Kelas X SMAN 1 Lenteng Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan rancangan penelitian menggunakan pretest posttest one group. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 18 dari 67 populasi yang ada. Sampel diperoleh melalui teknik Cluster Random Sampling. Instrumen tes penelitian menggunakan tes ketepatan dribling dari Nurhasan. Untuk menguji hipotesis penelitian, penulis menggunakan rumus analisis uji t. Dari hasil proses penelitian yang telah dilakukan, diperoleh hasil t hitung sebesar 6,131 dari 18 sampel yang ada. Sedangkan t tabel diperoleh nilai sebesar 3,965. Jika dibandingkan maka t hitung > t tabel dengan kesimpulan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar keterampilan Dribling Sepakbola Pada Peserta Didik Kelas X SMAN 1 Lenteng Tahun Pelajaran 2019/2020
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN SEPAK BOLA DENGAN PENDEKATAN PERMAINAN SHOOTING COLOUR PADA SISWA KELAS XII MIPA 2 SMAN 1 AMBUNTEN Nur Khalis
Corner: Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga Vol 1 No 1 (2020): CORNER: Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga
Publisher : STKIP PGRI SUMENEP

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36379/corner.v1i1.91

Abstract

Latar belakang penelitian, karena hasil belajar siswa dalam pembelajaran sepak bola pada siswa Kelas XII MIPA 2 SMAN 1 Ambunten, siswa kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran, siswa lebih suka menunggu bola datang dari pada bergerak mengejar bola. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran sepak bola dengan pendekatan permainan shooting colour pada siswa Kelas XII MIPA 2 SMAN 1 Ambunten. Jenis Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam siklus 2. Subjek penelitian seluruh siswa Kelas XII MIPA 2 yang berjumlah 34 siswa, terdiri dari 12 orang siswa laki-laki dan 22 orang siswa perempuan. Teknik pengumpulan data observasi berupa dokumen dan foto. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran penjasorkes dalam permainan sepak bola dengan pendekatan permainan shooting colour meningkat. Terlihat dari persentase ketuntasan belajar siswa dari semua aspek pada siklus I yaitu sebesar 61,76% meningkat pada siklus II menjadi 76,47%. Ketuntasan hasil belajar siswa pada setiap siklus dirata-rata dari aspek pengetahuan, aspek sikap dan aspek keterampilan. Ketuntasan belajar aspek pengetahuan pada siklus I yaitu sebesar 47,06 %, pada siklus II sebesar 76,47%. Ketuntasan belajar aspek sikap pada siklus I yaitu sebesar 73,53%, siklus II sebesar 82,35%. Ketuntasan belajar aspek keterampilan pada siklus I yaitu sebesar 58,82%, siklus II sebesar 82,35%. Peningkatan hasil belajar tiap aspek pada penelitian ini, aspek pengetahuan 29,41%, aspek sikap 8,82%, aspek keterampilan 23,53%. Berdasarkan hasil penelitian bahwa pembelajaran penjas dalam permainan sepak bola dengan pendekatan permainan shooting colour dapat meningkatkan hasil belajar siswa sebesar 14,71%. Saran yang dapat disampaikan dari penelitian ini diharapkan pembelajaran penjas dengan pendekatan permainan shooting colour dapat dijadikan alternatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam permainan sepak bola.
Pengaruh Latihan Rope Jump Dan Jump To Stairs Dengan Metode Interval Training Terhadap Power Tungkai Bola Voli Di Klub Mutiara Muda Jeketro Novan Rio Kristiawan
Corner: Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga Vol 2 No 1 (2021): CORNER: Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga
Publisher : STKIP PGRI SUMENEP

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36379/corner.v2i1.114

Abstract

Abstrak: Novan Rio Kristiawan. “Pengaruh Latihan Rope Jump Dan Jump To Stairs Dengan Metode Interval Training Terhadap Power Tungkai Bola Voli Di Klub Mutiara Muda Jeketro”. Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi. Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan Universitas PGRI Semarang 2020. Latar belakang penelitian ini adalah pada saat observasi di klub mutiara muda jeketro banyak pemain yang kesulitan dalam melakukan smash karna tidak memiliki vertical jump yang tinggi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan model latihan rope jump danjump to stairs dengan metode interval training agar dapat dijadikan alternatif dalam latihan untuk meningkatkan vertical jump. Desain penelitian ini adalah experiment dengan desain penelitian yang digunakan adalah “two groups pretest-posttest design”. Hasil dari data penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh latihan Rope Jump terhadap vertical jump atlet bola voli putra Mutiara Muda Jeketro usia 14-17 tahun dengan t hitung (-3,073) > t tabel (2,26216), dan nilai signifikansi p (0,013) < dari 0,05, dengan kenaikan presentase sebesar 5,16% atau 1,65 cm. 2.Ada pengaruh latihan Jump to Stairs terhadap vertical jump atlet bola voli putra Mutiara Muda Jeketro usia 14-17 tahun dengan t hitung (-3,674) > t tabel (2,26216), dan nilai p (0,005) < dari 0,05, hasil tersebut menunjukkan bahwa nilai t hitung lebih besar dari pada t tabel. Dengan peningkatan sebesar 1,98% atau 1,2 cm. Berdasarkan hasil analisis data, pengujian hasil penelitian, dan pembahasan, dapat diambil kesimpulan, yaitu: Latihan Rope Jump lebih baik untuk meningkatkan verticaljump atlet bola voli Mutiara Muda Jeketro usia 14-17 tahun, dengan thitung(-3,073) > ttabel (2,26216), dan nilai p (0,013) < dari (0,05). Dengan selisih perbedaan5,16% atau 1,65 cm lebih baik rope jump dibandingkan dengan jump to stairs. Kata kunci:Rope jump, jump to stairs, kemampuan Vertical Jump, Interval Training.
Hubungan Antara Kekuatan Otot Tungkai Kekuatan Otot Lengan dan Keseimbangan Tubuh Terhadap Hasil Ketepatan Lemparan Pointing Jarak 6 Meter Pada Ukm Petanque Upgris erika wahyu hidayah
Corner: Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga Vol 2 No 1 (2021): CORNER: Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga
Publisher : STKIP PGRI SUMENEP

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36379/corner.v2i1.115

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahu hubungan antara kekuatan otot tungkai kekuatan otot lengan dan keseimbangan tubuh pada hasil ketepatan lemparan pointing jarak 6 meter dengan teknik posisi jongkok bagi para anggota UKM petanqu UPGRIS. lemparan pointing pada olahraga petanque yaitu suatu upaya seseorang atau tim dalam menghantarkan bola untuk mendekati target. Penelitia ini digunakan untuk mengembangkan olahraga petanque di Ukm petanque UPGRIS. Metode yang digunakan dalam penelitian menggunakan jenis penelitiana kuantitatif dengan teknik korelasional dengan metode pearson Correlation. Metode yang digunakan untuk analisis korelasi menggunakan pearson product moment. Hasil penelitian menujukan Rhitung (0,840) > Rtabel (0,6319) dan nilai Sig. (0,005) < α (0,05) yang berarti terdapat hubungan yang signifikan antara kekuatan otot tungkai dengan hasil ketepatan lemparan pointing. Dimana besarnya nilai Korelasi yaitu 0,805 termasuk dalam kategori korelasi kuat. Diperoleh nilai Rhitung (0,755) > Rtabel (0,6319) dan nilai Sig. (0,012) < α (0,05) berarti terdapat hubungan yang signifikan antara kekuatan otot lengan dengan hasil ketepatan lemparan pointing. Dimana besarnya nilai Korelasi yaitu 0,755 termasuk dalam kategori korelasi kuat. Diperoleh nilai Rhitung (0,755) > Rtabel (0,635) dan nilai Sig. (0,049) < α (0,05) berarti terdapat hubungan yang signifikan antara keseimbangan tubuh dengan hasil ketepatan lemparan pointing. Dimana besarnya nilai Korelasi yaitu 0,635 termasuk dalam kategori korelasi kuat. Maka dapat disimpulkan bahwa kekuatan otot tungkai kekuatan otot lengan dan keseimbangan tubuh mempunyai hubungan yang signifikan yang kuat terhadap hasil ketepatan lemparan pointing jarak 6 meter olahraga petanque Kata kunci: kekuatan otot tungkai, kekuatan otot lengan, keseimbangan tubuh dan ketepatan lemparan pointing jarak 6 meter.
SURVEY MINAT MASYARAKAT UNTUK OLAHRAGA REKREASI BERSEPEDA PADA MASA PANDEMI COVID 19 DI DEMAK Taufik Hidayat
Corner: Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga Vol 1 No 2 (2021): CORNER: Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga
Publisher : STKIP PGRI SUMENEP

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36379/corner.v1i2.117

Abstract

Jawa Tengah merupakan salah satu daerah yang ada di Indonesia yang terdampak oleh virus covid 19. Oleh sebab itu pemerintah Jawa Tengah juga melakukan instruksi yang diberikan oleh pemerintah pusat untuk mencegah persebaran dari virus covid 19. Pemerintah memberlakukan social distancing dan juga Work From Home. Namun yang terjadi masyarakat diwilayah Jawa Tengah justru mencari aktifitas diluar rumah dengan bersepeda. Hal tersebut juga dialami oleh masyarakat dilingkungan kabupaten Demak. Permasalahan yang diambil dalam penelitian ini adalah bagaimana minat masyarakat untuk olahraga rekreasi bersepeda pada masa pandemi covid 19 di Demak. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif kuantitatif dengan metode survey yang dilakukan secara online dengan menyebar angket melalui google form.Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna sepeda diwilayah Demak dengan jumlah sampel 100 orang. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa indikator yang paling dominan adalah indikator perhatian dengan perolehan skor persentase 78% masuk pada kategori tinggi. Untuk hasil keseluruhan dalam penelitian ini adalah 75 % masuk pada kategori tinggi. Hal tersebut menunjukkan bahwa minat masyarakat untuk olahraga rekreasi pada masa pandemi covid 19 masuk dalam kategori tinggi. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah minat masyarakat untuk olahraga rekreasi bersepeda pada masa pandemi covid 19 masuk dalam kategori tinggi dengan pensentase 75% dengan perolehan skor rata-rata 282. Masyarakat dengan kriteria sangat tinggi sebanyak 24 orang, kriteria tinggi sebanyak 73 orang, dan kriteria cukup sebanyak 3 orang. Masyarakat berpendapat bahwa bersepeda merupakan olahraga yang cocok yang dilakukan pada masa pandemi, pada masa pandemi kesehatan merupakan hal yang harus paling kita jaga karena tubuh rentan terkena virus. Dengan bersepeda kita masih bisa menjaga protokol kesehatan yang telah diterapkan dimasa pandemi ini.
ANALISIS PEMBELAJARAN DARING SELAMA PANDEMI COVID-19 PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN DI SMANEGERI SE-KECAMATAN PATI Zahroni Muharram Prasetya
Corner: Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga Vol 1 No 2 (2021): CORNER: Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga
Publisher : STKIP PGRI SUMENEP

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36379/corner.v1i2.118

Abstract

ABSTRAK Zahroni Muharram Prasetya “Analisis pembelajaran daring pada mata pelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan selama pandemi COVID-19 di SMA Negeri Se-Kecamatan Pati”. Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan. Universitas PGRI Semarang. 2020. Husnul Hadi, S.Pd, M.Pd dan Yulia Ratimiasih, S.Pd, M.Pd. Di awal kemunculan virus ini di Indonesia sekolah-sekolah yang ada di daerah yang banyak terjadi kasus persebaran virus corona diliburkan selama beberapa minggu. Lalu dilakukan percobaan untuk belajar dari rumah selama pandemi COVID-19. Namun pandemi belum berakhir pemerintah dituntut untuk mencari solusi permasalahan dalam dunia pendidikan ini. Tujuan dari penelitian ini yaitu ntuk mendeskripsikan dan memperoleh informasi secara objektif mengenai pembelajaran daring selama pandemi COVID-19 pada mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di SMA Negeri Se-Kecamatan Pati. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan metode survey yang dilakukan secara online dengan menyebar angket melalui google form. Populasi dalam penelitian ini siswa SMA Negeri Se-Kecamatan Pati, yaitu SMA Negeri 1 Pati, SMA Negeri 2 Pati, dan SMA Negeri 3 Pati dengan jumlah sampel 362 siswa. Untuk teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif persentase. Penelitian yang dilakukan memperoleh hasil sebagai berikut: Aspek distribusi asal sekolah SMA Negeri 1 Pati 30,2%, SMA Negeri 2 Pati 32,2%, SMA Negeri 3 Pati 37,6%. Aspek aplikasi yang digunakan adalah Microsoft Teams 56,6%, Whatsapp 40,8%, Google Classroom 2,4% dan aplikasi Zoom 0,2%. Durasi waktu pembelajaran daring kurang dari 30 menit 6,9%, 30-45 menit 36,7%, 45-60 menit 42,5% dan lebih dari 60 menit 13,8%. Kendala siswa dalam pembelajaran daring yaitu kuota internet terbatas 27,6%, jaringan lambat 51,2%, tidak ada media 1,1% dan waktu 20,1%. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah pembelajaran daring PJOK di SMA Negeri Se-Kecamatan Pati berlangsung dengan baik. Hal ini ditunjukkan dengan kesiapan sekolah untuk melaksanakan pembelajaran daring Namun ada beberapa kendala yang dialami oleh siswa dalam melakukan proses pembelajaran daring, diantaranya yaitu: kuota internet terbatas, jaringan/koneksi internet yang kurang stabil dan persoalan waktu ketika proses pembelajaran daring. Saran yang dapat diberikan dari penelitian ini adalah agar dapat meningkatkan sistem pembelajaran daring menjadi lebih baik, agar diberikan bantuan seperti fasilitas maupun anggaran dari pihak pemerintah ataupun pihak sekolah kepada siswa, peneliti yang ingin meneliti seperti penelitian ini bisa mereplikasi model penelitian ini dengan menambah ataupun mengembangkan variabel. Kata kunci: pembelajaran penjas, pembelajaran daring, covid-19
PENGARUH SQUAT THRUST DAN PLYOMETRICS JUMP BOX TERHADAP HASIL SMASH BOLA VOLI DI KLUB PROVOS SEWAKA Uki Pratama
Corner: Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga Vol 1 No 2 (2021): CORNER: Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga
Publisher : STKIP PGRI SUMENEP

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36379/corner.v1i2.119

Abstract

ABSTRAK Uki Pratama. “ Pengaruh Squat Thrustdan Plyometrics Jump Boxterhadap Hasil Smash Bola Voli di Klub Provos Sewaka” Jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Pendidikan Ilmu Sosial dan Keolahragaan Universitas PGRI Semarang, 2020. Penelitian ini dilatarbelakangi masih banyak peserta yang melakukan smash masih kurang atau bola belum masuk di area lapangan bola voli sehingga penulis ingin membuat program latihan squat thrust dan plyometrics jump box agar mendapatkan hasil dari latihan lebih bagus dan lebih maksimal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh squat thrust dan plyometrics jump box terhadap hasil smash bola voli di Klub Provos Sewaka. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Populasi yang diambil dalam penelitian ini adalah seluruh peserta bola voli di Klub Provos Sewaka dengan jumlah 16 orang. Sampel penelitian ini seluruh peserta bola voli di Klub Provos Sewaka dengan jumlah peserta 16 yang di bagi 8 peserta plyometrics jump box dan 8 peserta squat thrust. Dengan teknik total sampling. Teknik pengumpulan data dengan tes smash. Teknik analisis data menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Ada pengaruh pelatihan squat thrust terhadap kemampuan smash bola voli di Klub Provos Sewaka. Hal ini dapat dibuktikan dari thitung kelompok kontrol 7,099 dengan signifikansi sebesar 0,000(0,000 < 0,05); 2) Ada pengaruh pelatihan plyometrics jump box terhadap kemampuan smash bola voli di Klub Provos Sewaka. Hal ini dapat dibuktikan dari thitung kelompok eksperimen 9,744 dengan signifikansi sebesar 0,000(0,000 < 0,05); 3) Ada pengaruh pelatihan squat thrust dan plyometrics jump box terhadap hasil smash bola voli di Klub Provos Sewaka. Hasil dapat dibuktikan dari t hitung kelompok eksperimen sebesar 9,583 sedangkan kelompok kontrol t hitung sebesar 7,445. Kesimpulan penelitian bahwa pelatihan plyometrics jump box lebh baik dibandingkan pelatihan squat thrust dalam meningkatkan kemampuan smash pada peserta bola voli di Klub Provos Sewaka. Kata Kunci : Squat Thrust,Plyometrics Jump Box, Bola Voli.

Page 1 of 3 | Total Record : 27