JATIKOM: Jurnal Aplikasi dan Teori Ilmu Komputer
Vol 6, No 1 (2023)

Perancangan Webiste Pembelajaran Pemrograman menggunakan Google Blockly dengan Metode Pembelajaran Creative Learning Cycle

Ani Anisyah (Universitas Pendidikan Indonesia)
Willdan Aprizal Arifin (Universitas Pendidikan Indonesia)
Fernaldy Akbar Faudzan (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
19 May 2023

Abstract

Keterampilan menulis program menjadi keterampilan yang penting pada abad ke-21. Dalam upaya peningkatan keterampilan abad ke-21 terutama dalam keterampilan computational thinking untuk pemrograman diperlukan metode pembelajaran yang selaras dan teknologi yang mendukung. Pemrograman berbasis blok (Block-based Programming) merupakan konsep pembelajaran pemrograman bebasis virtual yang digunakan untuk pemula dalam memahami konsep pemrogramn. Metode pembelajaran creative learning cycle merupakan pembelajaran yang mendorong seseorang untuk berpikir kreatif dan problem solving yang telah teruji menjadi pembealajaran yang dapat mendukung keahlian abad ke-21. Berdasarkan hal tersebut perlu adanya teknologi pembelajaran yang mendukung kebutuhan tersebut. Pembelajaran berbasis web ini dirancang dengan menggunakan tahapan waterfall yang terdiri dari tahapan analisis, desain, pengkodean, verifikasi/testing, dan deployment. Hasil analisis respon pengguna terhadap web yang dibangun mendapatkan nilai sebesar 79,5% yang dikategorikan sebagai nilai yang sangat baik. Kebelanjutan dari penelitian ini diharapkan penggembang dapat lebih memperkaya fitur block program pada blocky sehingga fitur lebih lengkap.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JATIKOM

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Decision Sciences, Operations Research & Management Electrical & Electronics Engineering Engineering

Description

JATIKOM adalah jurnal nasional yang ditujukan sebagai media publikasi hasil-hasil penelitian tentang aplikasi dan teori di rumpun bidang ilmu komputer seperti kecerdasan buatan, rekayasa perangkat lunak, basis data, sistem informasi, jaringan komputer, teknologi informasi, simulasi dan pemodelan, ...