Jurnal Guru Komputer
Vol 1, No 1 (2020): JGrKom: July 2020

Mobile Learning berbasis Augmented Reality untuk Mendukung Pembelajaran Perakitan Komputer

Matlaul Anwar (Universitas Pendidikan Indonesia)
Harsa Wara Prabawa (Universitas Pendidikan Indonesia)
Rosa Ariani Sukamto (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
09 Dec 2020

Abstract

Ketersediaan sarana-prasarana dan infrastruktur pendukung merupakan hal mutlak yang harus terpenuhi dalam pembelajaran di sekolah. Namun, realitanya, sarana-prasarana dan infrastruktur pendukungnya masih menjadi kendala dalam pelaksanaan pembelajaran, terutama di jenjang pendidikan SMK yang lebih menuntut pada penguasaan keterampilan. Kajian ini berusaha mengungkap salah satu potensi yang dapat mengatasi kendala keterbatasan sarana-prasarana dan infrastruktur pendukung pembelajaran di SMK khususnya untuk materi perakitan komputer. Kajian ini berfokus pada pengembangan mobile learning berbasis augmented reality. Berdasarkan pengujian yang dilakukan, dapat dikatakan bahwa mobile learning berbasis augmented reality dapat mendukung pembelajaran perakitan komputer dalam ranah kognitif dan psikomotorik. Hal ini didasarkan pada hasil pengujian yang dilakukan oleh siswa dan didapatkan bahwa seluruh peserta didik dapat melakukan perakitan komputer hingga berhasil dinyalakan tanpa ada kesalahan. Pemahaman siswa terhadap berbagai kombinasi pemasangan peripheral relatif meningkat dan cenderung untuk dapat menginterpretasi potensi kerusakan yang dapat terjadi jika perakitan tetap dilakukan pada situasi peripheral yang tidak saling mendukung. 

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JGrKom

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education

Description

The Computer Teacher Journal (JGrKom) (e-ISSN: 2774-7891) is an open-access and peer-reviewed journal, published by the Universitas Pendidikan Indonesia, which is a medium for disseminating research results from scientists and educational practitioners in various fields of pedagogy and technology ...