BAKIRA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol 1 No 1 (2020): BAKIRA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

PENYUSUNAN RENCANA PEMBANGUNAN JANGKA MENENGAH DESA DI NEGERI WAKAL KECAMATAN LEIHITU KABUPATEN MALUKU TENGAH

Mike J Rolobessy Penulis J. Rolobessy (Program Studi Ilmu Pemerintahan Juruasan Administrasi Negara Fakultas Ilmu Politik Universitas Pattimura)
Yudi de Fretes (Unknown)
Hatty Suat (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Sep 2020

Abstract

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pemerintah Negeri Wakal tentang tata cara Penggalian dan Pemetaan Potensi Negeri, Penyusunan Gagasan Dusun dan Penyusunan Rencana Pembangunan Jangkah Menengah Desa di Negeri Wakal kecamatan Leihitu Kabupaten Maluku Tengah. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan pengabdian ini adalah melalui penyuluhan, Focus Group Discussion (FGD) dan pelatihan. Penyuluhan diberikan dalam bentuk ceramah, Pengisian Formulir Data Desa Daftar Sumber Daya Alam, Sumber Daya Manusia, Daya Pembangunan dan Formulir Data Desa Daftar Sumber Daya Sosial Budaya, FGD dilakukan dalam bentuk curah pendapat dan pengisian formulir gagasan dusun dalam bentuk sketsa desa dan kalender musim, sedangkan pelatihan diberikan dalam bentuk curah pendapat, pembagian kelompok, diskusi dan pengisian contoh-contoh Berita Acara Penyusunan RPJM Desa, Formulir Rancangan RPJM melalui musrembangdes, dan Formulir Berita Acara tentang Hasil Penyusunan Rancangan Musyawarah Desa. Proses pelaksanaan kegiatan adalah, 1. Pendekatan kepada khalayak sasaran, 2. Identifikasi masalah bersama mitra, 3. Penyusun Instrumen Penyuluhan, FGD dan Pelatihan, 4. Kompilasi data hasil Penyuluhan dan FGD bersama mitra, Pelatihan. Dari kegiatan itu, aparatur Negeri Wakal sudah dapat membuat pemetaan potensi desa, menentukan indikator kemiskinan dan Penyusunan Gagasan Dusun serta dapat menyusun draf RPJM Desa di Negeri Wakal kecamatan Leihitu Kabupaten Maluku Tengah.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

bakira

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Other

Description

Bakira Journal is a journal of Community Service in Pattimura University. In the local language, Bakira means hurrying or appliying the knowledge immediately, so there will be an enhancement of knowledge and skill in the community and be useful. Bakira journal covers all fields of science ...