Jurnal Staika: Jurnal Penelitian dan Pendidikan
Vol 4 No 2 (2021): STAIKA (Jurnal Penelitian dan Pendidikan Agama Islam)

Konsep Pendidikan Islam Dalam Membentuk Kecerdasan Spiritual Anak Di TAPAS (Taman Pembinaan Anak Sholeh Darul Qalam) Sedayulawas Brondong Lamongan.

yusuf wibisono (STAI MuhammadiyahPaciran)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui bahwa pengajaran pendidikan Islam kepada anak didik sangatlah penting dalam membentuk karakter anak. Pengajaran pendidikan Islam, yaitu pengajaran nilai-nilai ajaran Islam, kepada anak didik tidak hanya dapat membentuk ahklaq baik mereka tapi juga meningkatkan kecerdasan spiritual mereka. Kecerdasan spiritual dibutuhkan untuk menjadi penyeimbang kecerdasan intelektual, dengan kedua kecerdasan tersebut anak didik akan menjadi pribadi yang unggul. Peneletian ini merupakan penelitian lapangan (field reseach) yang berbentuk kualitatif phenomenologik dengan menempuh metode Grounded, yakni bermaksud menemukan teori baru berdasarkan data-data yang dijumpai di lapangan, atau mengembangkan rumusan teori / mengembangkan konseptualisasi teorotik berdasarkan data-data tersebut. Metode dalam pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1). Pendidikan Islam mampu meningkatkan kecerdasan spiritual anak didik yang ditunjukkan dengan perubahan prilaku baik mereka. (2). Pendidikan Islam yang diberikan adalah dengan mengajarkan anak didik: a. Pengetahuan tentang Allah dan Rasul (ma’rifatullah wa ma’rifatur rasul); tauhid uluhiyah dan rububiyah, asma’ dan sifat, kalimat-kalimat thoyibah, mengenalkan nama-nama nabi dan rasul dan menceritakan sejarah, keutamaan kepribadaian dan mukjizat mereka, b. Syariah; ibadah wajib (mahdhoh), sholat berjamaah, membaca alQur’an dan do’a sehari-hari, c. Ahklaq; mengucapkan salam, berjabat tangan, berkata jujur, menepati janji dan taat kepada orang tua dan guru.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

staika

Publisher

Subject

Religion Education Other

Description

Jurnal Staika, Jurnal Penelitian dan Pendidikan with ISSN 2798-1266 is the journal of the Muhammadiyah Paciran Islamic Higher Education, published periodically every year as a scholarly academic platform for the study of Islamic education. The editorial board invites experts and academics to ...