Salah satu penyebab timbulnya masalah kesehatan gigi dan mulut pada siswa adalah kurangnya pengetahuan mengenai pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut. Rata-rata pengetahuan siswa kelas IV di MIN 25 Aceh Besar mengenai pemeliharaan kesehatan gigi dan mulut dalam kategori kurang baik. Untuk meningkatkan pengetahuan perlu diberikan suatu pendidikan, salah satunya dengan penyuluhan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas edukasi menyikat gigi anak menggunakan media video interaktif untuk meningkatkan pengetahuan siswa di MIN 25 Aceh Besar. Jenis penelitian ini adalah experiment menggunakan rancangan penelitian pretest and posttest group design pada siswa kelas IV di MIN 25 Aceh Besar. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampling jenuh. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV MIN 25 Aceh Besar dengan jumlah sampel 38 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Adapun teknik analisis data menggunakan uji paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh edukasi tentang menyikat gigi anak menggunakan media video interaktif terhadap pengetahuan siswa. Kesimpulan bahwa ada pengaruh edukasi tentang menyikat gigi anak menggunakan media video interaktif terhadap pengetahuan siswa di MIN 25 Aceh Besar. Terjadi peningkatan pengetahuan siswa setelah diberikan edukasi tentang menyikat gigi anak menggunakan media video interaktif.
Copyrights © 2023